Majalah Sunday

LDR karena Pandemi?
Inilah Tips Agar Hubungan Tetap Lancar!

Penulis: Dionisius Arya – Universitas Kristen Satya Wacana
Editor: Imani – UNJ

Setelah sempat membahas rumitnya pacaran beda agama, ada lagi nih masalah yang biasa dialami di hubungan percintaan. Sunners pasti tidak asing dengan LDR, kan?

Yap, Long Distance Relationship atau biasa kita kenal LDR adalah keadaan hubungan yang terpisah karena jarak. Memang tak ada ketentuan sejauh apa jarak memisahkan hingga sebuah hubungan disebut LDR, namun keadaan inilah yang menghalangi kamu untuk bertemu langsung dengan pasangan.

LDR
Galau karena LDR itu wajar kok! Pict by canva.com

Bukan karena tempat tinggal jauh dan alasan pasangan yang pindah untuk kuliah, bekerja, atau dinas militer; LDR ini terjadi karena situasi saat ini. Ya, pandemi Covid-19. Pandemi yang saat ini terjadi mengharuskan kita melakukan physical distancing dan self-quarantine di rumah.

Keadaan ini memaksa kamu dan pasangan mengganti interaksi bertemu langsung dengan interaksi secara daring atau online. Kamu yang belum pernah merasakan LDR dan selalu bertemu pasangan, mau tidak mau harus beradaptasi untuk melakukan ini dalam beberapa waktu ke depan.

Sunners, tak perlu bersedih! Sunday akan berikan kamu tips yang bisa dilakukan agar LDR karena pandemi kalian tetap lancar! Apa saja? Simak yuk!

1. Tetap hubungi pasangan

LDR
Bisa tetap menghubungi pasangan dengan telepon agar komunikasi terjaga, pict by canva.com

Menjaga komunikasi itu penting. Di saat LDR karena pandemi, kalian tetap harus saling memberi perhatian yang bisa dilakukan dengan chat, telepon, atau voice note. Kalian juga bisa mencoba video call sebagai pengganti interaksi tatap muka yang mungkin dulu sering dilakukan. Tentunya jika melihat wajah dan ekspresi pasangan bisa mengurangi rasa kangen, kan Sunners? Haha.

2. Hindari overthinking

LDR
Overthinking adalah ketika seseorang mengkhawatirkan sesuatu secara berlebihan, pict by canva.com

Kalau yang satu ini lagi rame nih Sunners. Overthinking adalah keadaan di mana seseorang cenderung mengkhawatirkan hal-hal yang tidak pasti, seperti mengkhawatirkan pasangan atau hubungan dengan pasangannya. Overthingking yang berlarut dapat menimbulkan keadaan emosional yang tidak baik dengan ditandai gejala depresi dan kecemasan. Hmm… Patut dihindari Sunners!

3. Percaya pada pasangan

LDR
Tetap percaya pada pasangan adalah kunci hubungan awet, pict by canva.com

Kunci hubungan yang awet adalah kepercayaan. LDR karena pandemi memang menguji hubungan kamu dengan pasangan. Karena lama tidak bertemu, sangat wajar jika muncul perasaan suntuk, bosan, jenuh, bahkan curiga. Sunners harus hindari rasa curiga dan tetap percaya pada pasangan ya, agar hubunganmu awet dan selalu lancar jaya!

4. Anggap ini tak akan lama

LDR
Menghitung waktu kapan berakhir malah akan membuat LDR terasa lama, pict by canva.com

Tak seperti terhalang jarak antar kota yang jauh, LDR karena pandemi ini memang beda. Sambil menunggu keadaan yang kondusif, kamu dan pasangan harus tetap berpikir positif dan menganggap ini tak akan lama. Hal terpenting untukmu adalah harus sabar dan menjalaninya dengan enjoy.

5. Lakukan aktivitas seru bareng pasangan

LDR
Melakukan aktivitas jarak jauh dengan pasangan seperti video call, pict by canva.com

Sambil bersabar menunggu waktu bertemu pasangan, aktivitas seru bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa bosan LDR waktu pandemi. Kamu dan pasangan bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti mendengarkan musik, bermain game yang bisa dimainkan dua orang, menonton film bareng lewat aplikasi, dan membuat rencana berlibur seusai pandemi.

Nah, itu dia 5 tips dari Sunday, semoga bisa meningkatkan mood kamu dan pasangan yang harus LDR karena pandemi, ya. Tetap bersabar Sunners, sampai kondisi aman dan kondusif untuk kalian bertemu kembali!

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 757
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?