WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Lapisan Ozon Perlahan Menutup, Tanda Bumi Mulai Pulih

Beberapa peneliti melaporkan bahwa Lapisan Ozon yang berada di atas benua Antartika mengalami pemulihan.

Haiii Sunners, Mimin bawa info penting lagi nih. Kali ini Mimin akan membahas seputar Lapisan Ozon yang kabarnya mulai membaik, artinya bumi kita mulai sehat lagi ya Sunners.

Menurut laporan dari seorang peneliti di Universitas Colorado Boulder bernama Antara Banerjee. Ia menjelaskan jika lapisan ozon mengalami pemulihan.

Hal ini diketahui berdasarkan data dari pengamatan satelit dan simulasi iklim, terkait temperatur atmosfer, cuaca dan tingkat curah hujan. Kondisi ini terjadi karena berkurangnya penggunaan zat kimia “Chlorofluorocarbon (CFC)” secara global atau besar-besaran, terlebih tak adanya aktivitas industri selama pandemi.

Banerjee menyebutkan bahwa pemulihan ozon sebagian besar terjadi berkat Protokol Montreal (sebuah perjanjian) yang disepakati secara internasional pada tahun 1987, dengan melarang produksi zat perusak ozon yaitu CFC, dimana zat ini telah menyebabkan lapisan ozon rusak di masa lalu.

Mengutip dari Science Alert, lapisan ozon kian menipis sejak beberapa dekade terakhir. Hal ini tentunya berdampak pada perubahan cuaca yang berlangsung secara tidak biasa sejak lubang ozon pertama ditemukan pada tahun 1982.

Banerjee memperkirakan kembalinya kondisi ozon seperti tahun 1980-an baru bisa terjadi sekitar 2030 untuk belahan bumi utara, 2050 untuk belahan bumi bagian selatan, dan untuk Antartika baru bisa pulih pada akhir 2060-an.

Hal tersebut bergantung pada segala kegiatan yang dilakukan oleh penduduk bumi sendiri. Semakin sadar, semakin cepat pulih juga lapisan ozon di bumi.

Tanggal 16 September diperingati sebagai Hari Lapisan Ozon Sedunia. Untuk mendukung Protokol Montreal dibeberapa negara mulai mengembangkan kegiatan bahkan inovasi tersendiri demi mendukung pemulihan lapisan ozon.

Di Indonesia sendiri untuk memperingati Hari Lapisan Ozon Sedunia tahun 2020 ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengembangkan aplikasi MontiR-AC.

Aplikasi ini bertujuan untuk menciptakan teknisi AC yang berkompeten dalam melakukan servis peralatan Refrigerasi dan AC (RAC), sehingga dapat menghindari terlepasnya zat-zat refrigeran ke udara dan mengurangi penipisan lapisan ozon.

Teknisi yang dapat mengambil pekerjaan dalam aplikasi MontiR-AC adalah teknisi yang sudah tersertifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Naahh untuk para Sunners yang penasaran boleh banget nih dicoba aplikasi yang sudah dikembangkan oleh KLHK. Kalian bisa mengunduh secara gratis melalui Google Playstore atau diakses melalui Website www.montirac.com.

 

Reni Purwati
Universitas Negeri Jakarta

 

 

 

Leave A Comment