Majalah Sunday

Lagi Musim Cantengan?
Yuk Basmi Dengan Cara Berikut!

Penulis: Floristika Apraluya Flagracia – Universitas Kristen Indonesia 

Mungkin kamu pernah atau sedang mengalami rasa gak enak di kaki tapi tidak tahu apa namanya. Hal tersebut mungkin adalah cantengan, yaitu salah satu masalah kulit yang disebabkan karena infeksi. Paling sering terjadi di kuku kaki dan biasanya ditandai dengan nyeri, bengkak, dan kemerahan di area kuku yang terkena. Masalah kulit ini menjadi kondisi yang cukup sering terjadi dan umumnya tidak membahayakan. Meski begitu, tak menutup kemungkinan bahwa kondisi ini dapat menimbulkan komplikasi jika tidak ditangani secara tepat. Yuk kita simak penjelasan selengkapnya tentang penyebab dan cara mengatasi masalah kulit yang satu ini!

Teks terkait gambar, pict by canva.com

Penyebab Cantengan

1. Memotong kuku kaki dan tangan secara tidak benar

Penyebab  paling umum dari kuku kaki tumbuh ke dalam adalah kesalahan memotong kuku yang terlalu pendek. Hal ini akan menyebabkan kulit di sekitarnya menutupi sudut kuku, menyebabkan kuku tumbuh ke dalam kulit dan menyebabkan kuku kaki tumbuh ke dalam.

2. Memakai alas kaki yang terlalu ketat

Mengenakan alas kaki yang  ketat dapat memberikan tekanan pada kulit di sekitar kuku dan menyebabkan kuku tumbuh ke arah yang salah, seperti menusuk ke dalam daging sehingga menyebabkan kuku kaki tumbuh ke dalam. Hal ini juga berlaku pada penggunaan kaos kaki atau stocking yang terlalu ketat. Selain menyebabkan cantengan memakai alas kaki  yang terlalu ketat akan menghambat aliran darah karena pembuluh darah tertekan oleh jaringan di sekitarnya. Akibat dari terhambatnya aliran darah dapat membuat kaki menjadi terasa tidak nyaman dan menimbulkan nyeri karena oksigen dalam aliran darah tidak dapat sampai ke jaringan.

3. Cedera kuku

Kuku jari tangan dan kaki bisa rusak karena cedera. Bahkan cedera kecil pada jari tangan atau kaki dapat menyebabkan perubahan  kuku. Kerusakan parah pada dasar kuku (jaringan lunak di bawah lempeng kuku yang menempelkan kuku ke jari), terutama akibat trauma benda tumpul, sering kali mengakibatkan kelainan bentuk kuku permanen. Untuk mengurangi risiko kuku berubah bentuk secara permanen, luka harus segera diperbaiki, dan dalam hal ini kuku harus dicabut. Trauma pada kuku, seperti tertimpa pintu atau terbentur benda berat, juga bisa menyebabkan kuku kaki tumbuh ke dalam. Hal ini akan menyebabkan kuku menjadi hitam, patah dan akhirnya menjadi berdaging.

cantengan

Cantengan jempol kaki, pict by canva.com

Cara Mengobati Cantengan

Bisakah kuku kaki yang tumbuh ke dalam sembuh dengan sendirinya? Pada dasarnya, kuku kaki yang tumbuh ke dalam akan sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu, meski tanpa pengobatan khusus. Meski demikian, kuku kaki yang tumbuh ke dalam tetap memerlukan pengobatan yang tepat untuk mengurangi rasa sakit, bengkak, dan  mencegah  komplikasi. Untuk kuku kaki yang tumbuh ke dalam yang ringan, sunners bisa mengobatinya sendiri di rumah dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Rendam kaki Anda dalam air hangat selama 15 hingga 20 menit.
  • Oleskan salep antibiotik pada area yang nyeri. Kenakan sepatu yang sesuai dengan ukuran tubuh Anda, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.
  • Pangkas kuku secukupnya saja, hindari memotong sepanjang lekukan kuku.
  • Minum obat pereda nyeri sesuai anjuran dokter.

Namun, pada kasus kuku kaki yang tumbuh ke dalam yang parah, dokter kulit akan merekomendasikan pasien untuk menjalani operasi kuku. Cobalah mengobatinya di rumah selama beberapa hari hingga beberapa minggu. Jika nyeri semakin parah atau sunners kesulitan berjalan atau melakukan aktivitas lain karena kuku kaki, akn baik jika  temui dokter dan melakukan konsultasi.

obat cantengan jempol kaki

Obat cantengan jempol kaki alami, cek pilihannya di sini

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan artikel lainnya dari Majalah Sunday.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 128
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?