Majalah Sunday

Kuliah Terhalang Restu Orang Tua: Aku Harus Bagaimana?

Penulis: Mutia Azura Hersta – Politeknik Negeri Media Kreatif

Semua orang pasti pernah memiliki mimpi yang tinggi, termasuk kamu. Pasti akan terasa indah jika mimpi itu bisa kita jalanin sesuai dengan keinginan kita. Apalagi. kalau urusannya sudah menentukan pilihan jurusan kuliah. Namun banyak di antara kita yang dirundung keraguan karena restu orang tua yang bertolak belakang dengan keinginan kita. Ada pertimbangan yang tidak luput menjadi pikiran orang tua ketika berurusan dengan pendidikan anaknya. Terlepas dari masalah biaya, orang tua juga memiliki harapan besar untuk menjadi seperti apa anaknya kelak. 

Berbeda pendapat dengan orang tua itu hal yang wajar kok, jangan sampai pikirin kamu dipenuhi emosi. Semua orang tua pasti ingin memberikan tempat terbaik untuk anaknya. Meskipun terkadang pilihannya tidak cocok dengan tujuan kita.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk meyakinkan orang tua demi pilihan jurusan bisa tercapai? Kunci dari segala kunci, komunikasi. Ajaklah orang tuamu berdiskusi bersama, setelah itu jelaskan secara perlahan, baik-baik, agar mereka mau mengerti dengan keinginanmu. Bagaimana memulainya? 

Kuliah Terhalang Restu Orang Tua: Aku Harus Bagaimana?

Kuliah terhalang restu, pict by canva.com

Lakukan riset

jurusan kuliah adalah hal yang harus kamu pikirkan matang-matang. Ini menjadi awalan bagi kamu untuk menata masa depan. Jadi jangan sampai pilihan yang sudah kamu tetapkan membuat kamu menyesal dan berakhir berhenti di tengah jalan. Riset sebanyak mungkin informasi tentang jurusan yang akan kamu ambil, sesuai tidak dengan minat dan keinginan kamu, apa yang dipelajari, apa manfaat yang bisa kamu dapat, hingga urusan beasiswa. 

Carilah waktu yang tepat

pastikan kamu menciptakan suasana yang rileks, sehingga orang tua kamu bisa mengerti dan dengan mudah memberi restu dengan ikhlas apa yang menjadi pilihan kamu.

Mau mendengarkan segala masukan orang tua

segala masukan yang diucapkan pasti ada maksud dan tujuan, bagaimanapun mereka pasti ingin yang terbaik untuk kamu. Tidak ada orang tua yang menginginkan anaknya salah langkah yang berujung penyesalan. Jadi jangan pernah hiraukan alasan orang tuamu ya Sunners, coba pahami apa yang menjadi pandangan mereka.

Konsekuensi itu ada

setelah mendengar pendapat dari orang tua. Setelahnya kamu akan melihat bahwa terdapat sisi positif dan negatif yang akan kamu hadapi jika memilih jurusan yang kamu inginkan. Sudahkah kamu siap? Bagaimana cara kamu mengatasinya? Buat plan-plan untuk mengantisipasi hal-hal yang bisa saja terjadi saat kamu menempuh di jurusan yang kamu pilih. 

Tanggung jawab

tunjukkan rasa tanggung jawabmu, buktikan kalau kamu mampu menghadapi segala konsekuensi dengan pilihan yang sudah kamu pilih. Kamu bisa buktikan melalui prestasi hasil kerja kerasmu sendiri. Buat orang tuamu bangga!

Segala sesuatu yang memang berawal dengan niat baik, pasti jalannya akan baik juga. Jangan lupa buat selalu percaya diri, karena itu juga yang akan menjadi modal kalian di dunia yang baru. Semangat buat kalian yang akan masuk ke dunia baru, Happy Monday Sunners!

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 937
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?