Majalah Sunday

Kuliah Mengikuti Keinginanmu atau Keinginan Orang Tua?

Penulis: Tomi – Universitas Kristen Indonesia
Editor: Husna Raharjo – Universitas Kristen Indonesia

Bila ditanya, apa yang bakal kamu pilih? Kuliah Mengikuti Keinginanmu atau Keinginan Orang Tua?. Biasanya kita akan memilih pilihan sendiri karena beranggapan bahwa pilihan kita adalah yang terbaik. Orang tua tidak mengerti kamu, mereka hanya banyak menasihatimu, tidak paham dengan apa yang kamu inginkan. Mungkin itu yang kamu rasakan. Nah di artikel ini, kamu akan diajak untuk mempertimbangkannya. Yuk check this out!

Kuliah Mengikuti Keinginanmu atau Orang Tua?

Kuliah mengikuti keinginanmu atau orang tua mu

Pict by Unsplash.com

Resiko Kuliah Mengikuti Keinginanmu

Misalkan kita ingin berkuliah di swasta, sedangkan orang tua ingin kita berkuliah di negeri. Kita bersikeras untuk masuk kuliah di swasta, maka risiko yang akan kita tanggung; seperti tidak diberi uang ketika kuliah dan dianggap anak pembangkang. Akan tetapi tidak semua orang tua seperti itu. Ada juga orang tua yang mengerti untuk memberikan kebebasan pada anaknya, namun tetap saja hati orang tua akan merasa sedikit kecewa karena tidak menuruti keinginannya.

Kuliah mengikuti keinginanmu atau orang tua mu

Pict by Pexels.com

Resiko Kuliah Mengikuti Keinginan Orang Tua

Resikonya sudah pasti hasrat kita tidak terpenuhi, galau, murung, menyalahkan orang tua, sehingga saat berkuliah tidak memiliki semangat untuk sedikit berjuang. Apa saja yang dilakukan tidak sepenuh hati, semua dilakukan karena keterpaksaan. Pada akhirnya sakit hati dan dapat mengalami stress yang berkelanjutan.

Kuliah mengikuti keinginanmu atau orang tua mu

Pict by Pexels.com

Ketika kamu memutuskan untuk kuliah Mengikuti Keinginanmu atau Keinginan Orang Tua, Setelah melihat kedua risiko diatas, maka kamu dapat membandingkan, mana yang lebih penting untuk kamu pilih.  Untuk mengetahui lebih dalam, perlu untuk menulis sebanyak mungkin risiko yang akan terjadi dari kedua pilihan tersebut. Dengan begitu akan semakin mudah untuk mengambil suatu keputusan. Sikap konsisten dan rasa tanggung jawab sudah pasti ada di genggamanmu, sehingga setiap pilihan yang kamu ambil tidak mengecewakan. Jadi tidak perlu takut dan bimbang oleh kedua pilihan, karena keduanya sama-sama akan memproses hidup kita untuk menuju masa depan yang lebih baik.

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 459
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?