Majalah Sunday

Kuliah di Luar Negeri tapi Lulusan
SMK, Bisa Nggak Ya?

Penulis: Halidah Sarah Pratiwi – UNJ
Editor: Imani – UNJ

“Aku lulusan SMK, kira-kira bisa nggak ya kuliah di luar negeri?”

Hai, Sunners! Pertanyaan ini kerap kali muncul pada diri seseorang yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya yang lebih tinggi. Namun seperti yang kita ketahui, kuliah di luar negeri kebanyakan hanya untuk lulusan SMA saja. Lantas, bagaimana untuk lulusan SMK yang mau kuliah di luar negeri?

Tips buat anak SMK yang mau kuliah di luar negeri

Riset pilihan negara dan persyaratan

kuliah luar negeri smk
Mencari informasi seputar kuliah di luar negeri melalui Google, pict by canva.com

Untuk kamu yang baru lulus SMK tapi ingin melanjutkan kuliah di luar negeri, bisa banget daftar ke kampus-kampus di negara yang kamu inginkan, loh! Seperti Australia, Singapura, Malaysia, Amerika, dan masih banyak lagi. Sebenarnya mudah saja untuk mendaftar kuliah di luar negeri, selama kita percaya diri dan niat yang kuat pasti bisa. Biasanya, hambatan seseorang untuk kuliah di luar negeri adalah kurikulum dan bahasanya.

Walaupun begitu, kamu yang lulusan SMK tetap bisa mendaftar kuliah di luar negeri. Langkah awalnya adalah mencari informasi seputar kuliah di luar negeri, terlebih di negara dan kampus impian kamu. Kamu juga bisa bertanya ke orang lain yang pernah kuliah di luar negeri agar kamu bisa mendapatkan gambarannya. Kamu bisa menanyakan seputar lingkungan negaranya, kampus, dan jurusan.

Melengkapi persyaratan

kuliah luar negeri smk
Memastikan persyaratan sudah dilengkapi, pict by canva.com

Setelah mencari-cari informasi seputar negara, kampus, dan jurusan yang kamu inginkan beserta persyaratannya, kamu bisa lanjutkan ke langkah selanjutnya. Yap, kamu harus memastikan kamu sudah memenuhi persyaratan yang diminta oleh kampus tujuan kamu. Biasanya, berkas atau persyaratan yang diminta ialah ijazah dan transkrip nilai yang telah diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah dan dilegalisir, begitupula dengan berkas atau dokumen dasar lainnya.

Tidak lupa, kamu juga harus mempersiapkan TOEFL, surat motivasi (motivation letter), esai, CV, dan penghargaan-penghargaan yang kamu miliki. Namun, berkas-berkas yang kamu siapkan adalah berkas-berkas yang sesuai dengan persyaratan kampus tujuan kamu, ya!

Beasiswa kuliah di luar negeri

Beasiswa kuliah di luar negeri

kuliah luar negeri smk
Beasiswa sangat membantu keuangan kamu ketika kuliah di luar negeri, pict by canva.com

Sunners, pasti kamu tidak asing kan dengan beasiswa kuliah luar negeri? Yap, ada beberapa lembaga yayasan dan kedutaan besar yang membuka beasiswa untuk kamu yang mau kuliah di negara mereka. Kamu juga bisa cari informasi seputar beasiswa ini agar lebih menghemat ongkos kuliah kamu nanti.

Biasanya, kedutaan besar membuka pendaftaran beasiswa jika kamu mau melanjutkan kuliah di negara mereka. Kamu juga bisa memilih beasiswa di yayasan beasiswa terpercaya, loh! Pokoknya, kamu harus rajin-rajin mencari informasi beasiswa di akun media sosial mereka.

Sekarang ini, sudah ada beberapa kampus luar negeri yang menerima mahasiswa berdasarkan nilai rapor dan ijazah, apalagi kalau nilai kamu sudah melebihi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang mereka tentukan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi selama kalian memiliki niat yang kuat dan usaha yang sungguh-sungguh. Tetap semangat, Sunners!

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 937
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?