WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Kuliah atau Kerja, Kamu Pilih Mana?

“Bingung, mau kuliah tapi enggak ada biaya, mau kerja tapi takut enggak banyak yang menerima lulusam SMA sederajat, mau kuliah sambil kerja nanti kecapean enggak ya?”

Apakah sunners sedang berada di fase seperti itu? Setelah menyelesaikan ujian nasional bagi kamu anak SMA, SMK, atau MA akan mengalami dilema berat untuk memutuskan masa depan yang mau kamu rencanakan. Pilihan itu adalah antara kerja atau kuliah ketika sudah lulus sekolah menengah atas.

Memilih bekerja langsung atau memulai kuliah dulu tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Contohnya seperti apabila kamu memilih bekerja maka kamu akan mendapatkan penghasilan sendiri, sedangkan jika memilih kuliah kamu masih menjadi tanggungan orang tua. Selain itu orang yang memilih kuliah dulu memiliki peluang pekerjaan yang beragam, sementara bagi yang memilih langsung bekerja setelah lulus SMA/SMK/MA jenis pekerjaannya terbatas. 

Nah, sebelum kamu memilih untuk melanjutkan kuliah atau kerja coba pertimbangkan beberapa pertanyaan ini pada diri sendiri agar keputusan yang kamu ambil tidak salah.

Apa tujuan dan motivasi kamu?

Successful business man holding a trophy Free Vector

Setiap orang memiliki tujuannya masing-masing dan untuk mencapai tujuan itu membutuhkan motivasi yang kuat untuk mencapainya. Sebelum kamu memilih kuliah atau bekerja tanyakan dulu pada diri sendiri apa tujuan besar yang ingin kamu raih di masa mendatang? Meskipun harus menempuh jalan yang panjang untuk sekadar mengetahui tujuan itu, dengan menggunakan waktu yang ada cobalah untuk memanfaatkannya sebaik mungkin dengan dipikirkan secara matang. Kuliah atau bekerja, keduanya akan memberikan pengalaman yang luar biasa yang dapat kamu rasakan. 

Mengetahui passion diri sendiri 

Organic flat design about me concept Free Vector

Untuk menentukan kamu harus memilih kuliah atau bekerja atau sekaligus kuliah sambil bekerja kamu harus mengetahui apa passion yang kamu miliki. Contohnya, jika kamu adalah orang yang senang mengajar maka kamu perlu mengambil kuliah jurusan pendidikan, jika kamu adalah orang yang senang menggambar dan ingin mendalaminya kamu bisa ambil kuliah jurusan seni rupa. Tidak hanya itu, ada orang-orang yang gila kerja atau senang bekerja dan mereka akan langsung bekerja karena telah mengetahui kemampuan dirinya, jika kamu adalah orang seperti itu kamu boleh mengambil keputusan untuk langsung bekerja. Tidak sedikit juga yang berani menentukan kuliah sambil bekerja, hal itu boleh kamu lakukan karena yang mengetahui kemampuan dan passion dirimu adalah kamu sendiri. 

Rasa senang menjalani kehidupan 

Woman relaxing at home. girl drinking hot tea, reading book in armchair flat vector illustration. leisure, evening, literature Free Vector

Memilih kerja atau kuliah, keduanya akan memberikan sensasi yang berbeda untuk kesenangan menjalani kehidupan. Memilih kuliah itu artinya kamu harus siap dengan kebebasan waktu belajar pada sebuah instansi, meluangkan waktu untuk mempelajari hal-hal baru, bereksplorasi sebanyak mungkin dan mengakhiri kuliah secara tepat waktu. Memilih bekerja berarti kamu siap menghabiskan waktu di tempat kerja dan menggunakan penghasilan sendiri untuk kesenangan diri. Kendati demikian, kuliah maupun kerja, keduanya akan menarik kamu untuk sampai pada titik jenuh dan malas untuk menjalaninya. Untuk itu, kamu harus menentukan pilihanmu sebaik mungkin dan memikirkan risiko-risiko apa saja yang kemungkinan akan datang karena pilihanmu.

Bagaimana dengan uang dan waktu?

Time is money balance on scale icon. concept of time management, economy and investment. comparison work and value, financial profit. vector flat illustration of coins, cash and watch on seesaw. Free Vector

Ada banyak orang memilih bekerja karena tidak memiliki uang untuk biaya kuliah, padahal dalam hati kecilnya ingin sekali bisa merasakan duduk di bangku kuliah. Sementara ada juga yang sedang kuliah namun ingin cepat-cepat merasakan dunia kerja. Memilih kuliah artinya kamu memiliki banyak waktu namun tidak memiliki banyak uang, sebaliknya jika bekerja memiliki banyak uang namun tidak punya banyak waktu. Bisa saja jika kamu adalah orang yang pandai mengatur manajemen waktu dapat mengambil dua langkah sekaligus, yaitu kuliah sambil kerja. Pada situasi ini kamu dihadapkan untuk dapat mengatur waktu dengan baik. Pilihlah yang sekiranya baik dan mampu dijalani untuk diri kamu sendiri. 

Itu dia sunners, beberapa pertimbangan yang harus kamu pikirkan matang-matang. Perlu diingat, pilihan kamu itu sangat berharga. Kamu mau memilih kerja atau kuliah atau kuliah sambil kerja, pilihan kamu itulah yang akan membawa kepada kehidupan yang kamu cita-citakan. So, selamat memilih sunners. 

Melani Wulandari – Universitas Negeri Jakarta 

 

Leave A Comment