Majalah Sunday

Kisah Kapal Hantu SS Ourang Medan,
Saat Ini Masih Jadi Misteri

Penulis: Angelia – Universitas Bunda Mulia
Editor: Nur Amalina Husna – Universitas Kebangsaan 

Sunners, ada yang pernah dengar kisah kapal hantu SS Ourang Medan? Kisah ini merupakan kisah misteri laut yang terkenal dalam sejarah pelayaran. Seperti yang kita ketahui, Indonesia sebagai negara maritim memiliki wilayah laut dan perairan yang luas. Namun, dengan begitu, lautan Indonesia juga banyak menyimpan banyak kisah misteri, bahkan beberapa belum dapat terpecahkan hingga hari ini. Salah satunya, misteri kisah kapal SS Ourang Medan. 

Meskipun terdapat beberapa versi cerita kapal hantu SS Ourang Medan ini, namun cerita umumnya mengacu pada sebuah kapal kargo bernama SS Ourang Medan. Penasaran? Simak ceritanya. 

Apa Kapal Hantu SS Ourang Medan?

Berdasarkan beberapa cerita, kapal SS Ourang Medan merupakan sebuah kapal kargo milik Belanda yang berlayar sekitar tahun 1940-an dan  tidak memiliki catatan atau riwayat sejarah. Dari namanya, “Ourang Medan” berarti orang yang berasal dari Medan. Hal yang aneh dari kapal SS Ourang Medan adalah kapal ini tidak terdaftar di list maritim manapun. Bahkan, pihak Belanda dan pihak Indonesia sama-sama tidak mengaku memiliki kapal ini.

Tragedi Kapal Hantu SS Ourang Medan

Kisah misteri ini bermula dari sebuah pesan darurat (SOS) yang berasal dari Kapal SS Ourang Medan. Saat itu, terdeteksi oleh kapal-kapal milik Belanda dan Inggris yang sedang berlayar. Dari kode morse yang dilaporkan, tertulis bahwa “Semua petugas termasuk kapten tewas di ruang navigasi dan kemudi. Kemungkinan semua awak kapal sudah tewas”. Pesan tersebut diikuti oleh kode morse yang kurang jelas, sebelum masuk ke pesan terakhir dari operator radio yang berbunyi “Saya mati”.

Pesan SOS tersebut kemudian ditanggapi oleh dua kapal Amerika Serikat yang sedang berada di Selat Malaka, yakni Kapal City of Baltimore dan Kapal Silver Star. Kapal yang kebetulan berada di titik tidak jauh dari lokasi sumber sinyal SOS memutuskan untuk menghampiri dan melihat apa yang terjadi pada kapal SS Ourang Medan. Sambil menuju ke lokasi, mereka mencoba mengirim kode morse kembali untuk menanggapi permintaan tolong dari kapal SS Ourang Medan, namun sudah tidak ada respon. 

Setelah kapal SS Ourang Medan terlihat, kru kapal Silver Star segera turun ke geladak kapal tersebut untuk menyelamatkan para awak kapal. Namun, mereka justru melihat pemandangan yang sangat mengerikan. Kapal tersebut dipenuhi oleh jasad para awak kapal dalam posisi yang sangat aneh. Semua jasad ditemukan dalam kondisi mata melotot, mulut terbuka, dan tangan seakan sedang menangkis sesuatu. Hal yang sama juga terjadi pada anjing kapal yang mati dengan posisi seakan-akan sedang menggonggong. Terlihat sedikit berbeda hanya sang operator radio yang terlihat baru saja meninggal setelah mengirimkan pesan SOS dari kapal mereka. 

Keanehan Kapal Hantu SS Ourang Medan

Dari penelusurannya di kapal tersebut, kru kapal Silver Star mencatat beberapa poin dianggap aneh, yakni tidak ada satu pun awak kapal SS Ourang Medan yang terlihat mengalami luka atau tanda-tanda kekerasan. Jasad-jasad yang ada di kapal tersebut terlihat membusuk lebih cepat dibanding jasad pada umumnya.  

Keanehan lain juga terjadi ketika kru kapal Silver Star masuk ke ruang bahan bakar. Mereka menemukan tungku api yang masih menyala dengan suhu 43 derajat celcius. Namun, mereka justru merasakan hawa yang sangat dingin. Ketika kru Silver Star mencoba untuk menelusuri lebih lanjut mengenai kapal SS Ourang Medan. Tiba-tiba kepulan asap muncul dari lambung kapal tersebut, kru Silver Star pun panik dan bergegas untuk keluar dari kapal. Tidak lama setelah itu, kapal SS Ourang Medan meledak dengan kekuatan luar biasa dan tenggelam tanpa jejak di kedalaman Selat Malaka.

Kapal hantu SS Ourang Medan yang Kisahnya Masih Menjadi Misteri Hingga Saar Ini

Kisah kapal hantu SS Ourang Medan hingga kini belum bisa terpecahkan, pict by canva.com

Wah, ternyata kisah misteri kapal hantu SS Ourang Medan ini cukup bikin merinding, ya, Sunners! Banyak mitos dan spekulasi yang masih bermunculan mengenai kapal ini. Namun, sampai saat ini kisah kapal SS Ourang Medan masih menjadi misteri yang belum terpecahkan.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Hati-hati, kisah yang kamu baca mungkin benar, berwaspadalah! Dapatkan cerita misteri lainnya dari Majalah Sunday.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 1,085
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?