Majalah Sunday

Kenapa Sih Seseorang Bisa Kekurangan Tidur?

Penulis: Pelangi Adelia Primadiani – Universitas Kristen Indonesia

Sunners, tidur itu penting banget loh buat kita semua, tapi sayangnya, masih ada banyak orang yang tidurnya nggak cukup. Padahal selain bikin badan kita jadi segar, tidur juga bisa nambah tenaga, dan bikin tubuh kita jadi lebih tahan banting. Makanya, penting banget buat kita tau apa-apa aja sih yang bisa bikin kita jadi kekurangan tidur, dan berapa jam tidur yang sebenernya kita butuhkan.

kekurangan tidur

Banyak kelompok orang yang rentan mengalami kekurangan tidur, pict by canva.com

Masalah Kekurangan Tidur

Kekurangan tidur adalah masalah umum yang bisa mempengaruhi berbagai kalangan masyarakat. Dari orang-orang kerja yang sibuk, sampai ke remaja yang tiap hari kerjanya ngerjain tugas sekolah, dari orangtua yang merawat anak-anaknya sampai ke mereka yang punya kecenderungan tidur malam yang kurang baik karena ketagihan bermain gadget, yang pada akhirnya nanti bisa ngasih dampak yang buruk buat kesehatan fisik dan mental mereka.

Secara umum, waktu yang ideal untuk orang dewasa, tidur sekitar 7 sampai 9 jam per malam, itu pun udah cukup buat mereka menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Sedangkan anak-anak dan remaja biasanya butuh waktu tidur lebih lama. Meskipun begitu, untuk remaja sendiri, mereka memiliki waktu tidur yang berbeda-beda. Hal ini biasanya tergantung dari hal seperti seberapa aktif fisik mereka, tingkat stres yang mereka alami, atau bagaimana perkembangan tubuh mereka. Ada yang merasa cukup fit dengan tidur 8 jam, tapi ada juga yang membutuhkan tidur lebih lama, mungkin sekitar 9 atau 10 jam.

Kenapa Seseorang Bisa Kekurangan Tidur?

Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kekurangan tidur seseorang. Salah satunya adalah gaya hidup yang super sibuk dan rutinitas yang padat. Ada juga beberapa masalah tidur seperti insomnia, sleep apnea, atau restless leg syndrome yang semakin mempersulit tidur seseorang. Gangguan tidur tersebut bisa mengganggu pola tidur seseorang dan membuat mereka jadi merasa kurang segar saat bangun tidur. Penggunaan teknologi seperti ponsel, komputer, dan televisi sebelum tidur juga bisa mengganggu pola tidur mereka.

Kekurangan tidur bisa memberikan dampak serius pada kesehatan seseorang. Hal ini dapat mengganggu kemampuan konsentrasi, daya ingat, dan kemampuan berpikir seseorang. Selain itu juga dapat meningkatkan risiko munculnya penyakit seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Makanya, sangat penting bagi setiap orang untuk mencari tau penyebab dari kekurangan tidur mereka dan mencari solusinya, karena dengan mendapatkan tidur yang cukup, seseorang dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraannya secara keseluruhan.

Tanda-tanda Seseorang Kekurangan Tidur

Ada beberapa tanda-tanda yang bisa kita lihat.

Mata Bengkak dan Lingkaran Hitam

Biasanya, akibat kekurangan tidur, kita juga akan melihat perubahan fisik pada wajah kita. Di sekitar mata, akan terlihat seperti bengkak dengan adanya lingkaran gelap yang menyerupai mata panda. Fenomena ini terjadi karena peredaran darah yang menjadi kurang lancar di sekitar mata, yang pada gilirannya mengakibatkan penumpukan cairan dan pembengkakan jaringan di daerah tersebut. 

Cemas dan Susah Fokus

Ketika kita mengalami kekurangan tidur, sistem saraf kita jadi terganggu, sehingga mempengaruhi kemampuan kita untuk mengatur emosi dan konsentrasi. Kondisi ini dapat mengakibatkan kita merasa cemas dan mudah tersinggung, sehingga sulit untuk menjaga ketenangan pikiran kita. Selain itu, daya ingat kita juga bisa terpengaruh sehingga tugas-tugas yang biasanya kita tangani dengan baik jadi sulit buat diselesaiin.

Gampang Lelah

Selain itu, gampang lelah juga bisa jadi temen sehari-hari kita. Ketika kita nggak dapet tidur yang cukup, tubuh kita jadi nggak punya waktu buat istirahat. Akibatnya, kita bisa merasa gampang lelah sepanjang hari. Aktivitas yang biasanya kita hadapi dengan semangat jadi terasa berat, dan kita jadi terus-terusan merasa ngantuk.

kekurangan tidur

Apa kalian pernah mengalami tanda-tanda seperti diatas?, pict by canva.com

Tidur itu penting banget buat kesehatan dan kita perlu banget cari cara buat menjaga kualitas tidur kita. Mungkin bisa dengan mengatur jadwal tidur yang konsisten, menjauhi teknologi sebelum tidur, atau mencoba teknik yang bisa mengatasi rasa stres kita. Dengan tidur yang cukup dan berkualitas, kita jadi bisa lebih segar dan siap buat menghadapi segala aktivitas di keesokan harinya.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 195
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?