Majalah Sunday

Kenalan Yuk, ke Salah Satu Sekolah Kompleks Arek Suroboyo: SMAN 6 Surabaya

Penulis: Nur Rokhmatul Aziza

Hai Sunners! Kalian tahu SMAN 6 Surabaya? 

Yapp! Sekolah arek Suroboyo yang letaknya 1 kompleks dengan Stasiun Gubeng. Bisa disebut sebagai SMA Kompleks bersama-sama dengan SMA Negeri 7 Surabaya dan SMA Negeri 9 Surabaya.

Letaknya sendiri ada di Provinsi Jawa Timur bersebelahan dengan Gedung Negara Grahadi dan Balai Pemuda Surabaya.  Tepatnya di Jl. Gubernur Suryo 11, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya. 

Mengenal SMAN 6 Surabaya

Sekolah Menengah Atas Negeri yang berdiri pada 7 Januari 1958 ini seperti pada umumnya SMA di Indonesia yang ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari kelas X sampai kelas XII dan memiliki 2 jurusan yaitu IPA serta IPS. 

Mimin kasih tau nih, bangunan sekolah ini masih satu komplek dengan SMTA (Sekolah Menengah Tingkat Atas) yang terletak di jalan Wijaya Kusuma Surabaya. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri pada 17 September 1957,  SMAN 6 Surabaya ini didirikan dengan nama SMA Negeri VI-C Surabaya dan kepala sekolahnya Bapak R. Muljono Soerjopranoto.

Kamu siswa SMP daerah Jatim dan kepingin lanjut sekolah di surabaya? Kenalan yok sama SMAN 6 Surabaya, sekolah dengan kegiatan yang asik!

Para siswa menjadi petugas upacara yang diadakan di kantor Jawa Timur. Sumber: instagram

Apa aja sih fasilitas yang ada di SMAN 6 Surabaya?

Seluruh ruangan kelas ber-AC, perpustakaan, berbagai laboratorium, ruang multimedia, area wi-fi, UKS, koperasi, kantin, musholla, lapangan olahraga, aula dan sebagainya.

Sekolah ini juga punya banyak ekstrakurikuler yang bisa kalian ikutin lho! Misalnya palang merah remaja (PMR), gerakan pramuka, teater Kedok, tim olimpiade, karya ilmiah remaja, sie kerohanian, pecinta alam, paskibraka, majalah kreasi siswa, perisai diri, sepak bola, bola basket, bola voli, bahasa jepang, paduan suara, broadcasting and announcer, band, mading, sixers dace one blood dan lain sebagainya. 

Sejarah SMAN 6 Surabaya

Tahukah sunners, ternyata SMAN 6 Surabaya ini dulunya merupakan bekas bangunan gedung Belanda lho!

Ceritanya, sekolah ini ini dulu digunakan oleh bangsa Eropa untuk sekolah setingkat TK dan SD yang disebut SSV (Surabaia Scholl Vereneging). Namun pada 1957 terjadi aksi pengembalian Irian Jaya kepada Bangsa Indonesia giat dilakukan. Apapun kepemilikan Belanda di Indonesia yang meliputi perusahaan, bangunan, properti dan sebagainya menjadi kepemilikan umum. Begitu pula SSV tak luput dari aksi tersebut.

Berdasarkan Keputusan KMKB Surabaya, SMA Negeri VI-C Surabaya dapat menempati gedung SSV tersebut sampai dengan sekarang ini. Tidak hanya itu, selepas kemerdekaan Indonesia, Sixers (julukan SMAN 6 Surabaya) ini digunakan sebagai sekolah swasta.

Kegiatan Lain di SMAN 6 Surabaya

Eits, ternyata tidak hanya ekstrakurikuler aja nih yang ada di sekolah ini. Ada juga kegiatan tengah semester yang diadakan sekitar bulan Oktober sampai November.  Kegiatannya bisa diadakan di Markas TNI Angkatan Udara (AU), rumah para pengrajin batik, gerabah, kipas, dan lain sebagainya yang ada di Jogja.

Kegiatan yang dilakukan disana juga beragam. Semacam study tour yang dilakukan selama 3 hari di Markas TNI AU misalnya. Di sana siswa SMAN 6 Surabaya bisa melakukan seminar, caraka malam, latihan baris- berbaris, lari, latihan panjat tebing, dan masih banyak lagi. Mereka pun bisa belajar sekaligus merasakan kegiatan yang ada di sana secara langsung lho. Selain mendapat pengalaman, skill mereka juga dapat terlatih.

Perkunjungan siswa belajar ekonomi di kantor OJK. Sumber: instagram

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 125
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?