Majalah Sunday

Kenalan dengan Sekolah Tinggi Bahasa Asing-Jepang Inggris Amerika

Penulis: Savira J. Manorek – STBA JIA
Editor: Afindi Ranika Dewi – UNJ

Hai Sunners, gimana nih kamu yang sudah lulus SMA dan sedang mencari-cari kampus, apakah sudah dapat yang cocok? Nah kalau belum, pas banget nih Sunday mau Review Kampus lagi, yeay! Ada kampus yang recommended lho buat kamu yang tinggal di daerah Bekasi dan tertarik banget untuk belajar bahasa asing, Sekolah Tinggi Bahasa Asing-Jepang Inggris Amerika namanya! Pasti penasaran kan? Well let’s take a look.

Logo Sekolah Tinggi Bahasa Asing-JIA

Sekolah Tinggi Bahasa Asing-Jepang Inggris Amerika (STB JIA), pict by stba-jia.ac.id

STBA JIA merupakan kampus swasta di Bekasi yang berdiri sejak tahun 2000 (SK Mendiknas : 90/D/O/2000) yang telah meluluskan banyak sarjana dan diploma berkualitas dari jurusan Bahasa dan Sastra Jepang maupun Inggris. Kampus ini telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dengan peringkat Sangat Baik untuk semua prodi.

Selain itu, STBA JIA menyediakan program beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi. Ada beberapa program beasiswa yang disediakan, yaitu Beasiswa Yayasan Pendidikan JIA, Beasiswa Bidikmisi (KIP Kuliah), dan Peningkatan Prestasi Akademik (PPA).

Apa aja jurusan dan fasilitasnya?

Tersedia pilihan Program Studi Strata Satu dan Diploma Tiga, yaitu:

  • S1 Sastra Inggris
  • S1 Sastra Jepang
  • D3 Bahasa Inggris 
  • D3 Bahasa Jepang

STBA JIA memiliki fasilitas yang lengkap, dari lokasi yang strategis (dekat Terminal Bekasi), kantin, free Wi-Fi, kelas nyaman ber-AC, dan masih banyak lagi. Dari dosen-dosennya pun berkualitas dan kompeten, STBA JIA juga didukung oleh dosen dari luar negeri di mana kamu akan diajarkan langsung oleh mereka (native speaker).

Untuk jam kuliahnya ada tiga pilihan,

  • Kelas Pagi (08.30 s/d 11.30 WIB)
  • Kelas Malam (18.30 s/d 21.30 WIB)
  • Kelas Shift/Karyawan (dapat memilih kelas pagi/malam sesuai shift kerja)

Jadi, bagi kamu yang ingin kerja atau magang sambil kuliah, ini pas banget, ya kan?

Jurusan di Sekolah tinggi bahasa asing

Jurusan dan fasilitas di STBA JIA cukup lengkap, lho, pict by canva.com

Prospek kerjanya gimana?

Prospek kerja lulusan STBA JIA ini lumayan banyak bidangnya, asal kamu menguasai bahasa asing, memahami budaya asing, memahami karakteristik industri negara asing dan keahlian kewilayahan negara. Dengan begitu, saat lulus dari JIA nanti kamu dapat menentukan bidang atau pekerjaan mana yang sesuai dengan kemampuan berbahasamu. Beberapa bidangnya antara lain:

  • Bisnis → Sekretaris, manajer, marketing, wirausaha, Export-Import, banker, resepsionis, perhotelan, konsultan, pelayaran, pariwisata, Public Relation, interpreter.
  • Media → Wartawan, event organizer, penyiar radio dan televisi, Youtuber, content creator, pembawa berita, pembawa acara.
  • Seni dan Budaya → Guru/dosen bidang seni dan budaya, pembicara/narasumber serta penulis seni dan budaya.
  • Pengajaran → Dosen, guru, instruktur, pengajar kursus, peneliti, pengarang buku, editor.
  • Pemerintahan → Diplomat, pejabat negara, Pegawai Negeri Sipil (PNS).
  • Penerjemah → Penerjemah profesional, penerjemah komik, novel, buku asing, film, dokumen penting.
Prospek kerja sekolah tinggi bahasa asing

Prospek kerja STBA JIA juga sangat luas, pict by canva.com

Oke, that’s all guys review singkat dari kampus STBA JIA. Untuk Sunners yang tertarik dan mau bertanya-tanya dulu tentang kampus ini, bisa banget kepoin official website-nya STBA JIA di https://stba-jia.ac.id. Akan ada informasi lengkap beserta dengan kontak yang bisa kamu hubungi.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 1,068
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?