Majalah Sunday

Kegiatan Agar Lebih Produktif sebagai Pelajar di Rumah

Penulis: Hanan Afifah – UNJ
Editor: Afifah Putri Utami – UNJ

Hai, Sunners! Kalian ngapain aja nih selama di rumah? Meskipun masih di rumah aja, semoga hari kalian menyenangkan, ya! Ada nggak sih kegiatan agar lebih produktif yang biasa kalian lakukan sebagai pelajar? Karena, seharian di rumah membuat kita merasa jenuh dan terkadang lebih cepat lelah.

Kegiatan Agar Lebih Produktif sebagai Pelajar

Mimin punya tips nih agar kamu lebih produktif, khususnya untukmu para pelajar yang masih belajar online di rumah. Simak baik-baik, ya!

1. Bangun Pagi dan Rapikan Tempat Tidur

Hayo, siapa di antara Sunners yang masih suka bangun siang? Mulai sekarang ubah kebiasaannya, yuk! Bangun pagi memberikan banyak manfaat yang baik bagi tubuh, bahkan menghindari risiko terkena penyakit jantung, diabetes, dan lain-lain. Selain menyehatkan, bangun lebih awal membuat kita merasa lebih rileks dan tidak tergesa-gesa ketika menyelesaikan aktivitas.

Cobalah untuk tidur lebih awal saat malam hari, sehingga kamu akan merasa lebih mudah bangun pagi. Untuk kamu yang masih sering begadang, ubahlah jadwal tidur menjadi di bawah jam 10 malam. Kemudian, kamu bisa bangun jam 5 atau paling lambat jam 6 pagi. Eits, setelah bangun jangan lupa untuk merapikan tempat tidur. Merapikan tempat tidur selama 3 menit akan membuat tubuh bergerak, sehingga tubuh tidak kaku sebelum melakukan aktivitas yang lain.

kegiatan agar lebih produktif adalah bangun pagi dan rapikan tempat tidur

Bangun pagi agar tubuhmu lebih rileks dan siap beraktivitas, pict by canva.com

2. Membuat Menu Sarapan

Setelah bangun dan merapikan tempat tidur pastinya kita merasa lapar, dong. Jangan lupa minum segelas air putih dulu, ya! Kamu bisa membuat menu sarapan kesukaanmu atau menu yang lebih spesial seperti yang ada di internet. Jika kamu kehabisan bahan makanan, boleh kok sarapan dengan menu yang sederhana yang terpenting tetap isi perut dulu ya, Sunners!

3. Membuat To-Do List

Sekarang ini istilah to-do list pasti sudah terdengar akrab di telinga. Kita sering melihat para vloggers membuat to-do list mereka dalam daily vlog-nya. Nah, kamu bisa mencontoh hal yang dilakukan para vloggers tersebut.

Ambil jurnal harianmu atau selembar kertas kosong, kemudian tuliskan kegiatan-kegiatan yang ingin kamu lakukan hari ini. Utamakan kegiatan yang paling penting dulu, ya. Selain itu, jadwalkan tugas yang perlu kamu selesaikan mulai dari deadline yang terdekat. Setelah selesai melakukan kegiatan, jangan lupa memberi tanda centang pada kolomnya agar tidak ada satu pun kegiatan yang terlewatkan.

buat to do list sebagai kegiatan agar lebih produktif

Biasakan membuat to-do list agar kegiatanmu berjalan dengan baik sesuai jadwal, pict by canva.com

4. Menonton Acara yang Disukai

Nah, ini bagian yang paling menyenangkan untuk dilakukan. Yap, menonton acara favorit dapat membantu meningkatkan good mood setelah lelah beraktivitas. Kamu bisa menonton film, series, atau variety show kesukaanmu. Ingat ya menghibur diri itu penting dan baik bagi kesehatan, lho. Karena itu, ketika semua aktivitas belajar sudah selesai, kamu boleh kok melakukan aktivitas yang kamu suka. Pastikan aktivitas tersebut memiliki manfaat yang baik, ya!

5. Meditasi Sebelum Tidur

Biasanya kita merasa kesulitan untuk tidur karena mencemaskan sesuatu. Misalnya, kamu mungkin sering bergumam, “Tugasku masih ada yang kurang ga, ya? Besok materi pelajarannya kalau susah gimana, nih?” dan sebagainya.

Mencemaskan sesuatu memang wajar, tapi sebaiknya dikurangi. Meditasi merupakan solusi yang tepat untuk membantu mengelola pikiran agar tidak timbul rasa cemas. Lakukan meditasi yang paling mudah saja, seperti duduk sambil memejamkan mata dan mengatur pernapasan selama 2 menit. Kemudian, tidurlah tanpa memikirkan hal yang telah terjadi maupun belum terjadi.

Meditasi baik dilakukan sebagai cara mengendalikan rasa cemas dan emosi yang dirasa selama seharian, pict by canva.com

Itulah lima kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengisi harimu agar lebih produktif sebagai pelajar di rumah. Yuk, mulai lebih banyak gerak dan kurangi rebahan. Selamat beraktivitas, Sunners!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 521
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?