Majalah Sunday

Karakter Sosiopat Dalam Drama Korea

Penulis: Nurul Azizah – UNJ
Editor: Afindi Ranika Dewi – UNJ

Hai, Sunners, di masa karantina ini, ada yang sering isi waktu dengan menonton drama Korea atau nggak? Kalau iya, kebetulan banget, nih, Majalah Sunday akan membahas tentang gangguan kepribadian yang beberapa kali dimasukkan dalam karakter di drama Korea, yaitu sosiopat. Tapi, sebelum kita melangkah lebih jauh, yuk kita cari tahu sebenarnya apa sih sosiopat itu?

Sosiopat termasuk dalam gangguan antisosial, Sunners, di mana penderita tidak memiliki rasa empati dan cenderung melakukan pelanggaran. Dilansir dari pijarpsikologi.org, orang dengan gangguan kepribadian sosiopat memiliki karakter interpersonal yang manipulatif, di mana ia bisa sangat peduli dan ramah kepada orang lain karena menginginkan sesuatu dari orang itu. Selain itu, mereka juga licik, tidak jujur, dan sering kali menipu orang lain dengan sikap manipulatif mereka.

Berkaitan dengan emosi dan perasaan, mereka tidak memiliki empati, sehingga sering kali bersikap tak acuh dan tidak mempedulikan perasaan orang lain. Hal ini pula yang membuat mereka menjadi egois dan tidak merasakan penyesalan terhadap kesalahan yang dilakukan, mereka cenderung melanggar peraturan dan tidak peduli dengan keselamatan dirinya atau keselamatan orang lain. Selain itu, mereka juga sangat impulsif dan tidak dapat diandalkan.

Hmm, makin penasaran kan, kira-kira siapa aja sih karakter-karakter di drama Korea yang memiliki gangguan kepribadian sosiopat?

1. Ko Moon-Young ─ It's Okay To Not Be Okay (2020)

Ko Moon-Young, Karakter Sosiopat dalam Drama Korea

Ko Moon-Young, pict by imdb.com

Karakter Ko Moon-Young yang diperankan oleh aktris cantik Seo Ye-Ji mendapatkan perhatian khusus dari para penggemar drama Korea pada tahun 2020 ini. Selain memiliki paras yang cantik dan penampilan yang eksentrik, sikap Ko Moon-Young yang tidak biasa membuat banyak penonton terpukau.

Ko Moon-Young diketahui memiliki gangguan kepribadian antisosial, ia cenderung bersikap manipulatif, impulsif dan tidak memiliki empati. Kalau kalian sudah menonton drama ini, mungkin kalian masih ingat dengan adegan ketika Ko Moon-Young kecil merobek sayap kupu-kupu di taman. Serem ya, Sunners.

2. Jo Yi-Seo ─ Itaewon Class (2020)

Jo Yi-Seo, Karakter Sosiopat dalam Drama Korea

Jo Yi-Seo, pict by imdb.com

Adakah yang sudah menonton drama Itaewon Class? Drama yang mencuri perhatian publik di paruh awal tahun 2020 ini memiliki banyak hal menarik lho. Selain kehadiran Park Seo-Jun sebagai pemeran utama pria, kemunculan Kim Da-Mi sebagai Jo Yi-Seo juga banyak menuai perbincangan di media sosial.

Jo Yi-Seo digambarkan sebagai perempuan muda yang memiliki karakter manipulatif, ia juga cenderung bersifat narsistik dan tidak memiliki empati. Walaupun sikapnya nyeleneh, ada kalanya Jo Yi-Seo memanfaatkan gangguan kepribadian ini untuk menolong Park Saeroyi, orang yang ia cintai. Tetep ada maunya, ya si Yi-Seo ini!

3. Baek In-Ha ─ Cheese In The Trap (2016)

Baek In-Ha, Karakter Sosiopat dalam Drama Korea

Baek In-Ha, pict by dreamers.id

Karakter Baek In-Ha dalam drama Cheese In The Trap (2016) merupakan karakter pendukung yang mendapat banyak perhatian dari para penggemar drama Korea. Diperankan oleh Lee Sung-Kyung, Baek In-Ha mendapat banyak perhatian dikarenakan sikapnya yang sangat menyebalkan di sepanjang drama.

Memiliki karakter impulsif, Baek In-Ha sering kali tidak bisa mengontrol dirinya dalam berbelanja. Ia juga cenderung manipulatif dan sering memanfaatkan masa lalunya yang menyedihkan untuk mendapat belas kasihan orang lain dan memperoleh apa yang ia inginkan. Selain itu, ia juga tidak mempedulikan orang lain dan bersikap sesukanya saja. Beberapa kali, ia juga menempatkan orang lain dalam bahaya.

Terkadang karakter sosiopat di drama Korea bisa sangat menarik ya, Sunners. Tapi perlu diingat bahwa sosiopat adalah gangguan kepribadian yang harus segera ditangani, jadi karakter ini bukan untuk ditiru! Jangan lupa untuk tetap bijak dalam menyikapi suatu hal dan mengambil poin positifnya saja. Semoga harimu menyenangkan!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 1,617
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?