WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Kamu Tau Gak Sih Perbedaan MOS dan MPLS?

Hai Sunners, terutama untuk kalian yang baru kelas 10!

Di tahun ajaran baru ini kalian udah enggak ada MOS, tapi diganti menjadi MPLS. Sebenarnya MPLS sudah ada pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 18 Tahun 2016. Namun baru diselenggarakan tahun ini, karena kondisi yang tidak memungkinkan di masa pandemi.

Perbedaannya apa? MOS (Masa Orientasi Siswa) biasanya dilakukan oleh OSIS, untuk memperkenalkan sekolah contohnya seperti ekstrakurikuler, fasilitas sekolah, peraturan-peraturan sekolah dan untuk mencairkan suasana agar lebih dekat dengan OSIS atau teman baru, OSIS membuat kelompok untuk membuat yel-yel. Namun MOS sering kali disalahgunakan oleh OSIS yang senioritas agar anak didik baru merasa takut, dan juga timbul bullying. Menggunakan seragam yang serba aneh, mengandung unsur pelecehan, kekerasan, peloncoan. Dan juga kerap kali meminta memberikan sesuatu kepada senior, seperti cokelat, uang, dll. 

Questions, Answers, Question Mark, Response, Help

Untuk Perbedaan MPLS itu sendiri, Sunner udah tau belum? Hampir sama dengan MOS, namun untuk perbedaanya hanya tidak ada lagi senioritas oleh kakak kelas, karena MPLS dilakukan oleh guru. Di masa pandemi ini MPLS dilakukan secara online bisa melalui Zoom atau Gmeet.

MPLS dilakukan bertujuan untuk memutus peloncoan, kekerasan, pelecehan. Dan juga Mengingat masih tingginya angka penularan Covid-19,dilakukan dengan daring karena belum memungkinkan dilakukan tatap muka di dalam kelas.

Kaya apa rasanya MPLS tahun ini? Hasya dari SMA Muhammadiyah 12 memberikan tanggapannya: 

  1. MPLS dilaksanakan berapa hari? Jamnya itu kaya gimana?
    MPLSnya 5 hari Senin-Jumat, acaranya: Jam 6.45-7.00 tadarus, 7.00-9.30 materi, 9.30-9.00 istirahat, 9.00-10.00 materi, jam 10 kelar.
  2. Kegiatan apa saja yang dilakukan saat MPLS?
    Join Zoom aja, terus dengerin guru yang ngasih materi, biasanya siangnya dikasih fun quiz dari IPM-nya; yang paling banyak benernya, gratis SPP sebulan!
  3. Kesan dan pesan saat MPLS gimana?
    Senang bisa mengenal banyak teman yang lucu, pintar, dan berwawasan luas, bisa berinteraksi dengan mereka walaupun hanya via online.
  4. Menurut kamu lebih enakan MOS atau MPLS?
    Lebih enakan MPLS si, kalo MOS itu banyak peloncoan yang nggak disukai sebenarnya, masalah di perlakuannya aja sih.

 

Itu dia tanggapan dari teman kita, menurut kalian gimana? Sama juga gak nih lebih suka MPLS dari pada MOS? 

Penulis : Lia Kurnianingsih – Universitas Tama Jagakarsa

Leave A Comment