Majalah Sunday

Kamu Sering Cemas? Yuk, Berlatih Mindfulness di Rumah!

Penulis: Hanan Afifah – UNJ
Editor: Afindi Ranika Dewi – UNJ

Hai Sunners, pernahkah kamu merasa cemas? Setiap orang pasti pernah merasa cemas karena berbagai alasan. Bahkan, ada beberapa kecemasan yang terkadang muncul tanpa penyebab yang jelas.

Umumnya, kecemasan timbul karena kita sedang menghadapi suatu hal yang membuat kita nervous, misalnya presentasi kelompok, ujian tulis, dan sebagainya. Hal-hal seperti itu bisa diatasi dengan sedikit meditasi pernapasan dan minum segelas air mineral sebelum mulai beraktivitas. Hm, tapi gimana ya kalau rasa cemas sering kali muncul tanpa alasan yang jelas? Itu tandanya kamu perlu melakukan meditasi yang disebut mindfulness.

Apa itu mindfulness?

Mindfulness

Sudahkah kamu tahu tentang mindfulness? pict by canva.com

Mindfulness merupakan jenis meditasi yang berguna untuk melatih konsentrasi sehingga lebih fokus dan peka terhadap keadaan sekitar. Selain itu, meditasi ini juga mendorong seseorang untuk merasakan emosi dan menerimanya secara sadar.

Meditasi mindfulness memiliki banyak sekali manfaat, khususnya untuk Sunners yang masih pelajar. Misalnya, dapat membuat kita lebih fokus ketika beraktivitas, lebih rileks dan enjoy dalam menjalani kehidupan, serta mengurangi tingkat stres dan cemas karena beban tugas.

Apa melakukan mindfulness memerlukan tempat tertentu?

Mindfulness bisa dilakukan di mana saja kok, termasuk di rumah. Bagaimana caranya? Dilansir dariĀ kompas.com, seorang psikolog bernama Susan Peacock membagikan tips untuk berlatih mindfulness di rumah sebagai berikut.

  1. Pusatkan perhatian ke pernapasan ketika bangun di pagi hari sebelum beranjak dari tempat tidur.
  2. Perhatikan postur tubuh. Rasakan perubahan postur ketika bangun dari posisi duduk atau hendak duduk kembali.
  3. Fokus ketika sedang makan atau minum sambil merasakan tekstur, rasa, dan sesekali mencium aroma makanan agar lebih nikmat.
  4. Perhatikan gerakan tubuh saat sedang berjalan atau berdiri. Rasakan udara di wajah, lengan, atau kaki saat berjalan dengan perlahan.
  5. Rasakan kembali apakah pikiran dan jiwa hadir untuk melakukan aktivitas selanjutnya.

Bagaimana tipsnya, Sunners? Mudah, kan? Meskipun terlihat mudah kamu perlu sungguh-sungguh ketika melakukan meditasi mindfulness tersebut agar pikiranmu lebih fokus dan emosi yang dirasakan nyata.

Jika kamu masih mengalami kesulitan untuk melakukan meditasi mindfulness, kamu bisa berkonsultasi dengan psikolog. Pastikan dulu psikolognya terpercaya, ya! Jangan lupa untuk meminta izin orang tua sebelum konsultasi dengan psikolog.

mindfulness

Bahkan bisa dilakukan sedari bangun tidur, lho, pict by canva.com

Bagi kamu yang masih sering merasa cemas, kenali penyebab kecemasanmu. Mungkin ada sesuatu yang mengganggu pikiranmu perihal masa lalu atau kamu terlalu mengkhawatirkan masa depan. Ikhlaskan saja kejadian-kejadian yang sudah terjadi karena ada beberapa hal yang tidak bisa kamu ubah. Dan jangan terlalu mengkhawatirkan masa depan, ya. Enjoy your day, Sunners!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 567
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?