Majalah Sunday

Jus Antioksidan
Sumber Penambah Stamina untuk Beraktivitas

Penulis: Desiana Yuniarti – Polimedia Jakarta

Jus merupakan minuman yang terbuat dari sayuran ataupun buah. Minuman ini kaya akan nutrisi, vitamin, dan mineral yang baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh manusia. Bahkan, minuman ini banyak diminati oleh semua kalangan masyarakat baik dari anak-anak sampai orang dewasa. Namun, setelah tahun 2000-an munculah istilah baru dalam dunia jus yakni “Jus antioksidan”. 

Perbedaan Jus Biasa dengan Jus Antioksidan

Sebagian dari kita tentu sudah tidak asing dengan jus antioksidan dikarenakan minuman ini ramai diperbincangkan di berbagai platform sosial media. Jus antioksidan ini memiliki manfaat yang tak kalah bagus dari jus biasa. Namun, yang menjadi pembeda dari keduanya terletak pada kandungan nutrisi yang dihasilkan. 

Jus antioksidan pada umumnya kaya akan senyawa antioksidan. Biasanya jus ini terbuat dari buah dan sayuran, seperti blueberry, raspberry, jeruk, wortel, dan lainnya. Selain itu, cara mengkonsumsi jus ini selain menggunakan satu jenis buah dapat juga digabung dengan buah jenis lainnya.  Tentunya hal ini sangat berbanding terbalik dengan jus biasa yang tidak memiliki senyawa antioksidan dan teknik pengolahan yang berbeda. 

Mengkonsumsi jus antioksidan secara teratur dapat membantu Sunners loh dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan stamina dalam beraktivitas baik di sekolah maupun di luar. Hmm…Kira-kira apa saja ya jenis-jenis jus antioksidan yang Sunners wajib coba untuk dikonsumsi? Berikut ini adalah rekomendasi jenis jus buah ataupun sayur yang tinggi akan kandungan antioksidan.

4 Jenis Jus Antioksidan yang Dapat Meningkatkan Stamina

Mangga

Sunners, siapa nih yang menyukai buah mangga? Ternyata buah ini termasuk kedalam buah yang mengandung antioksidan seperti vitamin C, beta-karoten, dan senyawa polifenol. Buah ini ternyata memiliki manfaat yang lumayan banyak lho, Sunners. 

Manfaat yang dapat sunners rasakan di antaranya:

  1. Meningkatkan sistem imun tubuh. Sehingga, sunners dapat beraktivitas  dan belajar dengan nyaman dan leluasa di sekolah. 
  2. Menjaga kesehatan mata 
  3. Melindungi kulit dari sinar uv. Sehingga, sunners dapat beraktivitas dengan leluasa ketika berada di luar ruangan.

Apel

Buah apel juga kerap untuk dijadikan jus loh sunners. Selain itu buah apel ini memiliki kandungan antioksidan yang memiliki manfaat yang cukup beragam bagi tubuh. Manfaat yang dapat kalian rasakan, yakni: 

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh sehingga sunners terlindung dari segala infeksi dan virus yang berada di lingkungan sekitar.  Dengan begitu sunners dapat belajar dengan fokus dan nyaman. 
  2. Mencegah penuaan dini akibat sinar UV dan menjaga kesehatan kulit. 
  3. Mencegah penyakit jantung

Tomat

Tidak hanya buah mangga dan apel saja, tomat juga kerap dijadikan jus oleh banyak orang. Selain memiliki cita rasa yang manis, Tomat memiliki senyawa antioksidan dan kandungan nutrisi yang melimpah dan baik bagi tubuh. Manfaat yang dapat sunners rasakan di antaranya, yakni:

  1. Menjaga kesehatan mata. Mengkonsumsi jus tomat adalah pilihan yang tepat untuk sunners yang ingin menjaga kesehatan mata agar tidak terpapar oleh sinar radiasi. 
  2. Menjaga kesehatan kulit dari paparan sinar UV.

Wortel

Selain berada di sayur, wortel kerap diolah menjadi jus antioksidan. Wortel memiliki banyak sekali kandungan nutrisi dan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh. Wortel memiliki manfaat yang dapat Sunners rasakan diantaranya, yakni:

  1. Menjaga kesehatan mata. Bagi Sunners yang tidak menyukai jus tomat dapat mengkonsumsi jus wortel untuk menjaga kesehatan mata dan menghindari radiasi mata dari sinar UV
  2. Mencegah perkembangan sel kanker. 
  3. Menjaga kesehatan jantung.
Minum jus antioksidan sekarang agar tetap semangat dalam beraktivitas

Yuk mulai hidup sehat dengan mengkonsumsi jus antioksidan pict by canva.com

Sunners, perlu ingat bahwa untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari berbagai jus antioksidan sebaiknya buah ataupun sayuran dalam bentuk mentah atau diolah dengan cara yang sehat dan selain itu tanpa menggunakan tambahan gula. 

Setelah mengetahui jenis-jenis jus antioksidan dan beserta manfaatnya. Jadi gimana nih, sunners apakah kalian siap untuk mencoba meminum salah satu jus antioksidan tersebut dan merasakan manfaatnya secara langsung?

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 279
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?