WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Jurusan Pariwisata? Bakal Belajar Apa Aja, sih?

Siapa yang suka pergi berwisata atau berekreasi di dalam negeri atau bahkan ke luar negeri? Jika iya, jurusan pariwisata cocok dengan kalian yang ingin bekerja sambil melakukan perjalanan wisata. Tidak hanya belajar teori saja, di jurusan ini kalian akan melaksanakan praktik langsung di lapangan. Misalnya, ketika kalian melakukan observasi di suatu tempat rekreasi maka kalian akan mempelajari bagaimana sejarah tempat rekreasi tersebut. Kalian harus mengetahui jumlah wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke tempat rekreasi. Bahkan, hukum perlu dipelajari karena tempat rekreasi biasanya ada campur tangan pemerintah.

Jurusan pariwisata termasuk sektor penyumbang devisa terbesar negara. Apalagi, Indonesia memiliki keberagaman destinasi wisata yang menarik banyak wisatawan. Pariwisata menjadi produk unggulan sebagai ekonomi nasional karena mengalami pertumbuhan positif dari jangka pendek hingga jangka panjang. Pendapatan dari sektor pariwisata dapat meningkatkan kontribusi industri pariwisata

Kira-kira di jurusan pariwisata akan belajar apa aja, sih?

Tentunya, di jurusan pariwisata kalian akan diajarkan pengembangan diri seperti cara beretika, sopan satun, menggunakan tata cara bahasa yang baik, cara berpakaian, dan lainnya. Jurusan pariwisata menawarkan produk jasa sehingga akan bertatap langsung dengan wisatawan nantinya. Karena itulah materi pengembangan diri diperlukan dalam berkomunikasi dengan wisatawan.  Selain itu, public speaking atau berbicara di depan khalayak umum menjadi salah satu kemampuan yang harus kalian miliki di dalam dunia pariwisata.

  1. Bahasa Asing

Bahasa asing menjadi hal terpenting untuk dipelajari di sektor pariwisata karena digunakan sebagai bentuk peningkatan promosi dan kualitas wisata itu sendiri. Dengan bahasa asing, salah satunya bahasa Inggris, dapat menarik wisatawan asing untuk berkunjung ke tempat wisata. Selain bahasa Inggris, bahasa asing yang digunakan di jurusan pariwisata bisa seperti bahasa Mandarin, Jepang, Jerman, dan lainnya.

  1. Statistika Pariwisata

Statistika pariwisata melihat informasi data terbaru  terkait industri pariwisata. Misal, terjadi penurunan signifikan jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia karena adanya Covid-19.

  1. Ekowisata

Dengan ekowisata, pemberdayaan masyarakat akan semakin terjaga dimulai dari kelestarian lingkungan, kesejahteraan masyarakat lokal, dan apresiasi terhadap budaya dapat ditingkatkan. Ekowisata biasanya didukung oleh hutan, taman wisata, keberagaman flora dan fauna di Indonesia. Ekowisata memiliki keunggulan yaitu meningkatkan partisipasi dan pendapatan masyarakat lokal.

  1. Hukum Pariwisata

Hukum pariwisata sebagai salah satu pembelajaran bagaimana pariwisata diatur oleh hukum. Pariwisata tidak hanya sekadar jalan-jalan atau berkunjung ke suatu tempat tetapi memiliki cakupan yang kompleks. Pariwisata sendiri telah diatur dalam hukum Indonesia yaitu tercantum di Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 tentang kepariwisataan.

 

Penulis: Riva Destira Ramadhani

Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment