WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Jurusan Multimedia Bisa Jadi Apa Aja Sih? Ini Peluang Kerjanya!

 

Apa yang pertama kali mampir di benakmu ketika mendengar kata “Multimedia”? Multimedia loh yaa, bukan multiverse yang ada di dunia Marvel hehe. Kalau kamu lagi baca artikel ini, atau lagi scrolling Instagram dan Twitter, nah itu bagian dari Multimedia loh! Jadi Multimedia itu apa ya?

Apa itu multimedia adalah kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (Mc. Comick:1996). Jadi sesuai dengan namanya, multimedia ialah penggunaan beberapa media yang berbeda dan dipadukan untuk menghasilkan produk multimedia seperti musik, game, animasi, grafik dan lain sebagainya.

Seiring berkembangnya jaman yang semakin serba digital, tentunya beberapa sekolah kejuruan yang menyediakan jurusan multimedia semakin banyak. Tapi, masih banyak yang bertanya-tanya kalau sudah lulus, mau jadi apa ya? Ada gak pekerjaan yang sesuai dengan jurusan Multimedia? Prospek karirnya nanti bagaimana ya? Eits, jangan salah loh. Dari jurusan multimedia kamu bisa menjadi apa saja yang berhubungan dengan media dan teknologi. Mau tau kan? Yuk kita kenali beberapa peluang karir yang berasal dari Multimedia!

  1. Graphic Designer

Sunners di sini yang suka gambar atau membuat tipografi mana suaranya? Kalau kamu suka merancang grafis atau menciptakan ilustrasi pasti sudah tidak asing dengan “Graphic Designer”. Posisi ini biasanya bertanggung jawab untuk menciptakan sebuah desain yang diminta oleh klien melalui brief yang telah disepakati. Desainnya pun bermacam-macam bisa poster, postingan feeds Instagram, microblog, infografis dan berbagai desain lainnya yang membutuhkan tangan ajaib Sang Perancang Grafis. Kamu yang berminat menjadi Graphic Designer harus mampu melahirkan ide-ide baru, berpikir kreatif juga cekatan dengan waktu deadline yang memusingkan.

  1. Video EditorYoutube website screengrab

Kalau kamu suka edit video sinematik atau video aesthetic yang gayanya sudah setara video klip atau MV, boleh banget nih kamu coba berkarir di posisi Video Editor. Jadi Video Editor tuh kerjanya cuma edit-edit video ya? Enggak dong, justru jadi video editor banyak sekali tanggung jawabnya. Memilih dan memilah rekaman, mengkombinasikan beberapa rekaman, membangun alur cerita dan suasana, mengolah suara juga memberikan keterangan teks (subtitle) jika dibutuhkan. Maka dari itu kemampuan visualisasi yang tinggi dan kepekaan terhadap suara sangat dibutuhkan di profesi ini.

  1. Web Designerblack computer keyboard

Kalian merasa website yang ada di sekitar kalian gitu-gitu aja? Ini saatnya kamu menjadi Web Designer dan membuat perubahan! Kalau membangun sebuah website disebut Web Developer, maka untuk pekerjaan mendesain web merupakan tanggung jawab seorang Web Designer. Kedengarannya sih simple ya, paling cuma kasih hiasan agar websitenya menarik, beri beberapa animasi dan tipografi yang mengundang mata. EIts, tidak semudah itu. Web Designer tentunya bertanggung jawab untuk membuat sketsa website (wireframe), merancang desain awal hingga menjadi desain berbasis bahasa pemograman. Maka dari itu dibutuhkan skill design dan web programming seperti HTML, JavaScript, CSS dan lainnya.

  1. Game Artist

Buat Sunners yang ahli dalam membuat animasi 2 dimensi maupun 3 dimensi, apalagi gemar bermain game tiap hari sampai lupa waktu, profesi ini cocok sekali buat kamu. Coba deh Sunners, jelasin kenapa kalau main game itu sampai lupa waktu? Apa karena gamenya seru? Atau memang visualisasi gamenya yang menarik sehingga bisa membuat kamu seolah-olah berada di arena game yang kamu mainkan? Nah yang berperan menciptakan visualisasi yang hebat inilah dinamakan “Game Artist”. Kalau Game Designer berperan untuk merancang alur, konsep dan grafis game tersebut nah Game Artist ini lebih dari itu loh! Dalam Game Artist yang Sunday ketahui terbagi lagi menjadi Concept Artist, 2D Artist, 3D Modeller dan UI designer, jadi nantinya semuanya akan bekerja sama untuk menciptakan visualisasi dalam game agar gamenya semakin menarik.

Selain keempat profesi di atas sekarang sudah banyak kok profesi yang berhubungan multimedia. Sunners bisa pilih tuh mau jadi 3D Artist, Animator, Visual Jockey, Illustrator, Digital Painter, Social Media Specialist, Fotografer dan masih banyak yang lainnya. Tinggal Sunners sesuaikan saja dengan skill dan bakat yang Sunners miliki. Semangat mengasah skill yang Sunners miliki ya! Tetap jaga kesehatan di tengah pandemi begini  🙂

Penulis: Beninda Dhiyaa | Politeknik Negeri Media Kreatif

Leave A Comment