Majalah Sunday

Jurusan Kuliah Berbau IPA Selain Kedokteran

Penulis : Agis Manjal – Politeknik Negeri Media Kreatif
Editor   : Siti Nurfathonah – Universitas Negeri Yogyakarta

Jurusan kuliah IPA.
Ilustrasi IPA.

Hallo Sunners! Memilih jurusan kuliah IPA yang tepat kadang memang menjadi hal sulit bagi yang baru lulus SMA. Nah, supaya kamu nggak salah pilih jurusan, berikut ini ada beberapa pilihan jurusan kuliah, plus prospek kerja yang akan kamu dapatkan darinya, yuk ikutin! 

1. Jurusan Kuliah IPA Pertama yaitu Teknik Sipil

Jurusan kuliah ini banyak pesaingnya karena memang jurusan ini banyak dicari di lapangan kerja. Jika kamu masuk jurusan ini kamu akan menjadi ahli dalam merancang, membangun, dan memelihara infrastruktur fisik, sistem air dan pemeliharaan infrastruktur, pemulihan bencana alam, dan pengembangan proyek berkelanjutan. Jurusan ini menawarkan prospek karir yang cerah dan beragam di berbagai sektor.

2. Jurusan Kuliah IPA Selanutnya yaitu Teknik Elektro

Jurusan Teknik Elektro menawarkan prospek karir yang sangat menjanjikan, terutama dalam bidang telekomunikasi yang diprediksi akan terus berkembang dalam 10 tahun mendatang. Ilmunya yang dapat diterapkan dalam berbagai industri membuat permintaan akan ahli Teknik Elektro terus meningkat di pasar kerja global. Jurusan ini menjadi pilihan yang menarik bagi sunners yang tertarik pada bidang teknologi.

3. Jurusan Kuliah IPA Ketiga yaitu Pertanian

Jurusan kuliah IPA ini mulai banyak dilirik oleh para siswa SMA karena prospeknya kedepnnya yang bagus. Pertanian merupakan salah satu sektor yang vital dalam perekonomian suatu negara, karena memasok kebutuhan pangan bagi penduduknya. Dengan populasi dunia yang terus bertambah, permintaan akan produksi pangan juga meningkat, sehingga prospek karir di bidang pertanian menjadi sangat menjanjikan. Sunners jika kamu tertarik ampus yang terkenal soal pertanian sudah pasti adalah IPB.

4. Yang Terakhir yaitu Farmasi

Jurusan Farmasi menawarkan prospek karir yang menarik karena berkesempatan untuk bekerja di berbagai sektor, termasuk industri farmasi, rumah sakit, laboratorium, dan penelitian ilmiah. Lulusannya dapat berperan dalam pengembangan obat baru, pemantauan penggunaan obat, konseling pasien, dan penelitian terkait kesehatan. Dengan peran yang semakin penting dalam industri kesehatan jurusan Farmasi menjanjikan peluang karir yang stabil. Jurusan ini cocok buat kalian yang senang dengan kesehatan.

Jadi, bagi kalian yang mencari jurusan kuliah IPA, beberapa pilihan jurusan seperti Teknik Sipil, Teknik Elektro, Pertanian, dan Farmasi menawarkan prospek kerja yang menjanjikan di masa depan. Pertimbangan yang baik sesuai minat dan bakat kamu ya, Sunners!

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 1,790
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?