Majalah Sunday

Join Organisasi Masih Bingung Bagi Waktunya? Simak Tipsnya!

Penulis: Atika Salsabila – Universitas Padjadjaran

Organisasi merupakan suatu wadah yang berguna dalam pengembangan diri seorang remaja. Bergabung dalam suatu organisasi yang sesuai dengan minat dan bakat akan memudahkan diri mendapat benefit tertentu selama menjalankannya. Tapi, pernahkah Sunners merasa kesulitan membagi waktu antara organisasi dan kegiatan akademik dalam waktu yang bersamaan? Nah, ada beberapa tips yang bisa Sunners coba dalam menjalankan keduanya nih. Simak penjelasannya!

 
tips bagi waktu organisasi join mahasiswa pelajar

Ilustrasi Organisasi, pict by freepik.com

Kenali Manfaatnya!

Bergabung dalam suatu organisasi memang suatu hal yang harus dicoba oleh seorang remaja. Organisasi merupakan suatu wadah pengembangan diri yang dapat dicoba oleh semua kalangan. Mulai dari tingkatan sekolah hingga perkuliahan. Pernahkah kalian mendengar organisasi seperti OSIS, Hima, atau BEM? Itu merupakan contoh organisasi yang cukup dikalangan pelajar atau mahasiswa.

Berbagai manfaat dapat dicapai melalui organisasi. Salah satunya adalah koneksi atau relasi baik internal maupun eksternal. Selain itu, time management yang kita miliki juga akan diasah ketika join organisasi. Bagaimana cara kita membagi waktu antara kegiatan akademik, beristirahat, dan melakukan kegiatan lainnya dalam keseharian.

Organisasi yang diikuti bisa juga berdasarkan hobi atau minat bakat kalian loh, misalnya organisasi Pecinta Alam bahkan hingga organisasi seperti Kaang Taruna yang berada di wilayah sekitar rumah. Tujuan berorganisasi juga melatih kita untuk belajar mengungkapkan aspirasi atau pendapat di depan umum. Hal ini akan menjadi bekal yang baik untuk kita ketika sudah dewasa nanti dan berada di dunia profesional.

 

Mulai Belajar Membagi Waktu Organisasi

Nah, beberapa orang masih kesulitan dalam membagi waktu ketika bergabung dalam suatu organisasi. Time management yang kacau dapat menjadikan rencana-rencana yang telah kita susun bisa menjadi berantakan dan tidak tercapai sesuai dengan tujuannya. Beberapa cara dibawah ini bisa Sunners coba terapkan ketika minat untuk bergabung dalam suatu organisasi.

1. Susun Jadwal Kegiatan

Pastikan Sunners memiliki jadwal yang urut mengenai kegiatan yang harus dilakukan dalam satu hari. Ketika sudah terbiasa membuat jadwal kegiatan sehari-hari, Sunners akan merasa lebih mudah dalam beraktifitas dan tidak akan meninggalkan kewajiban yang dimiliki. Selain itu, penyusunan jadwal yang terperinci akan memudahkan Sunners untuk menyesuaikan waktu dalam setiap kegiatan yang akan dilakukan.

2. Buat Skala Prioritas

Penyusunan jadwal yang dilakukan juga harus mempertimbangkan skala prioritas. Skala ini berisi tingkat urgensi suatu kegiatan yang akan dilakukan oleh Sunners. Kegiatan yang cukup mendesak dan perlu diutamakan harus dikerjakan terlebih dahulu, sedangkan kegiatan yang kurang penting bisa dilakukan setelahnya. Kegiatan atau pekerjaan yang ditaruh dalam prioritas terakhir bukan berarti diabaikan, tetati akan dikerjakan ketika yang lainnya telah terselesaikan dahulu.

3. Jangan Suka Menunda!

Setelah melakukan penyusunan jadwal yang terperinci dan menyesuaikan prioritas pekerjaan, langkah yang wajih dilakukan adalah mematuhi jadwal tersebut. Jadwal yang sudah disusun rapi tidak akan berguna jika dalam pengerjaannya selalu ditunda dan tidak disegerakan. Hal ini yang sering terjadi bagi sebagian orang, menunda pekerjaan dengan dalih mencari waktu yang pas justru akan memperlambat pekerjaan yang akn dikerjakan dan tidak akan selesai dengan tepat waktu. Hayo, apa Sunners masih sering menunda pekerjaan? Lebih baik ubah kebiasaan buruk itu agar kamu bisa lebih produktik ya!

4. Terapkan Sikap Disiplin

Tentunya semakin beranjak dewasa hanya kita sendiri yang dapat mengatur keseharian kita. Tidak lagi selamanya bergantung kepada orangtua maupun orang-roang disekitar. Menerapkan sikap disiplin terhadap pekerjaan menjadikan kita pribadi yang lebih baik lagi. Kebiasaan buruk seperti suka menunda pekerjaan, sering malas, dan tidak produktif bisa teratasi dengan mendisiplinkan diri kita sendiri untuk terus berada di jalur yang seuai dengan planning kita di awal. Sikap disiplin yang dimiliki oleh sesesorang juga akan membawa orang tersebut menuju kesuksesan karena hasil jerih payahnya selama menjalani kehidupan.

gaya kepemimpinan organisasi

Ilustrasi Kerja Sama, pict by canva.com

IWah, setelah dibaca lebih lanjut ternyata sangat memungkinkan bukan untuk bergabung bersama suatu organisasi tanpa meninggalkan kewajiban sebagai seorang pelajar? Tentunya hal ini bisa dilakukan secara beriringan jika kita mendisiplinkan diri kita sendiri terhadap waktu yang ada ya Sunners. Nah, semoga beberapa tips tadi dapat membantu Sunners untuk mencoba ber organisasi baik itu tingkat sekolah maupun perkuliahan. Tetap semangat dan jadikan dirimu sebagai kekuatanmu sendiri!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 42
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?