WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

International Pertamina SPACE UP 3.0 Webinar

Jakarta, 21 Januari 2021

Universitas Pertamina mengadakan webinar Pertamina SPACE UP 3.0 dengan skala internasional untuk pertama kalinya, dengan tema “Living with Covid-19 in New Normal Era”. Pada acara ini, peserta yang hadir mencapai 1700 orang yang berasal dari para finalis kompetisi, mahasiswa di Indonesia hingga di kawasan ASEAN, dan seluruh panitia dari Pertamina SPACE UP 3.0.

Acara ini dipandu oleh Owen Jeremia sebagai pembawa acara dan diawali dengan menyanyikan Lagu Nasional Indonesia Raya. Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan dari Prof. Akhmaloka Ph.D selaku Rektor Universitas Pertamina. Sambutan selanjutnya diisi oleh Ibu Fajriah selaku Wakil Presiden corporate communication di PT. PERTAMINA (PERSERO).

Acara selanjutnya adalah sesi foto bersama, yang kemudian dilanjutkan dengan memasuki acara inti yang dipandu oleh Ibu Dr. Dina Nurul Fitria, S.E, M.T selaku Pembina UKM Penalaran Heuri Cosmos Universitas Pertamina. Acara pertama yaitu penyampaian materi oleh Bapak Nufransa Wira Sakti selaku Expert Staff of the Minister of Finance for Tax Monitoring. Bapak Nufransa menyampaikan materi terkait kebijakan fiskal selama pandemi baik dalam sisi permintaan dan penawaran, dan fasilitas pajak penghasilan dalam upaya pencegahan Covid-19, serta bagaimana meraih pemulihan dengan mengekspansi kebijakan fiskal yang diperkuat di tahun 2021.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Bapak Agus Mashud S. Asngari selaku Presiden Direksi dari Pertamina Foundation (PF). Bapak Agus Mashud S. menjelaskan terkait program-program yang dimiliki Pertamina Foundation salah satunya adalah PF Muda dimana program ini memberikan tantangan bagi para pemimpin muda yang berani memunculkan ide-ide untuk menjawab permasalahan sosial dan lingkungan dalam bentuk proyek sosial, beliau juga menjelaskan terkait model-model proyek sosial dan strategi utama dalam membangun proyek sosial yang berkelanjutan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi dari Bapak Siwage Dharma Negara selaku  Lecture of ISEAS di Yusof Ishak Institute Singapore. Beliau menggambarkan keadaan Covid-19 di Singapura terutama dalam sektor pendidikan. Ia juga menjelaskan bagaimana cara hidup di era new normal dalam sisi kehidupan sosial. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Bapak Budi Soetjipto selaku Wakil Rektor bagian Penelitian, Pengembangan, dan Kemitraan di Universitas Pertamina. Beliau menjelaskan terkait bagaimana cara menjadi “HERO” sebagai strategi untuk menghadapi keadaan Covid-19. Dalam penjelasan beliau, HERO dijabarkan menjadi Hope, Efficacy, Resilience, Optimism.

Setelah penyampaian materi webinar oleh keempat narasumber, acara dilanjutkan dengan penampilan UKM Paduan Suara dan UKM Kesenian Daerah Universitas Pertamina.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Para peserta yang mengikuti webinar tersebut nampak sangat antusias dan aktif dalam bertanya kepada para narasumber. Pertanyaannya juga beragam dan sangat kritis. Hal ini dapat menunjukkan semangat para peserta dalam menyimak materi yang telah disajikan keempat narasumber. Berikut merupakan beberapa kesan dari para peserta acara Pertamina SPACE UP 3.0.

The knowledge provided in the Pertamina Space Up 3.0 Webinar is very useful and understandable!” – Della, Universitas Garut.

All of the speakers are so good and presented informative materials” – Arfilda, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Kemudian para peserta memasuki sesi games yaitu sesi terakhir yang dimana peserta dipersilahkan untuk mengisi kuis yang berisi tentang pertanyaan-pertanyaan terkait Covid-19. Webinar tersebut berjalan dengan sangat lancar dan diharapkan para peserta mendapatkan ilmu baru terkait strategi dan tips menghadapi dalam menghadapi New Normal Era.

Oleh Aulia Rachman & Feby Veronica, Universitas Tarumanagara

Leave A Comment