WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Ini Dia, 5 Tips Untuk Membangun Rasa Percaya Diri

“Kok dia bisa ya seperti itu ya, kira-kira aku bisa ga ya?”

Hayo, siapa yang tiba-tiba suka berpikiran seperti itu? Ini adalah salah satu bentuk dari ketidakpercayaan diri seseorang. Ketika seseorang tidak percaya diri, dia akan membandingkan dirinya dengan orang lain sehingga menyebabkan rasa kepercayaan dirinya memudar. 

 

 

Timbulnya rasa tidak percaya diri dapat dilihat dari beberapa faktor. Penelitian mengenai memahami membangun rasa percaya diri mengungkapkan bahwa ada beberapa faktor terbentuknya rasa ketidakpercayaan diri, yaitu membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Faktor yang pertama ini berpengaruh besar dalam pembentukan rasa tidak percaya diri. Selanjutnya adanya pandangan atau penilaian negatif dari orang lain mengenai diri kita, penilaian negatif dari orang lain mengenai kita cenderung membuat kita memikirkan omongan mereka yang akhirnya kita mengakui kekurangan kita dan tidak menyadari bahwa seseorang juga memiliki kelebihan. 

 

Untuk itu ada beberapa tips untuk kamu agar bisa lebih percaya diri untuk menutupi kekurangan yang kamu miliki, yuk simak !

  • Berhenti Membandingkan Dengan Orang Lain

Ketika kamu membandingkan dirimu dengan yang lain, kamu akan dibuat melihat kekurangan yang kamu miliki. Untuk itu upaya yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari hal tersebut adalah berhenti dalam membandingkan diri kamu dengan orang lain, ya! 

Karena ketika kamu melihat kelebihan orang lain akan timbul adanya rasa iri sehingga menyebabkan rasa tidak percaya diri kamu semakin besar, maka dari itu kamu juga harus ingat bahwa setiap manusia pasti memiliki kelebihannya masing-masing.

  • Berpikir Positif

Buat pikiranmu positif setiap harinya, karena dengan berpikiran positif akan membuatmu merasa lebih baik dalam melakukan aktivitas apapun. Berpikiran positif juga bisa terhindar dari pikiran-pikiran negatif yang bisa membuatmu stress. 

Maka dari itu, mari setiap harinya kita berpikir positif, ya!

  • Perbanyak kegiatan

Memperbanyak kegiatanmu bisa melatih rasa percaya diri, loh! Karena semakin banyak kegiatanmu, keberanian yang terdapat dalam dirimu akan muncul dengan sendirinya. Hal ini sangat bagus bagi kamu untuk menambah skill kamu agar bisa menambah kepercayaan diri meningkat.

  • Mengembangkan skill yang kamu punya

Mulailah menerima kekurangan yang kamu miliki, karena dimulai dengan mencintai diri sendiri merupakan salah satu bentuk upaya dalam meningkatkan rasa kepercayaan diri. Dimulai dari kenali dirimu agar terhindar dari rasa insecure, upgrade kemampuan yang terdapat dalam diri kamu. Karena hanya kamu yang tahu apa saja kelebihan dan kekuranganmu, untuk itu terus mencari dan menggali kelebihanmu, ya!

  • Circle pertemanan yang positif

Carilah lingkup pertemanan yang positif, di mana kamu bisa mendapatkan dukungan dari mereka dengan apa yang saat ini kamu lakukan. Pertemanan yang positif akan membuatmu nyaman dalam melakukan segala hal, karena mereka akan selalu mensupportmu serta memberitahu kesalahanmu dengan baik dan benar. Untuk itu pertemanan juga salah satu faktor pendorong kamu agar lebih percaya diri.

(Halidah Sarah Pratiwi – Universitas Negeri Jakarta)

Leave A Comment