Majalah Sunday

Information Overload:
Apa Itu dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Penulis: Rafi Al-Hakim – Universitas Negeri Jakarta

Sunners, kamu pasti merasakan kan kalau di era sekarang ini semuanya sudah serba terdigitalisasi, semua orang sudah sangat mudah mencari informasi melalui berbagai platform. Namun, kamu berisiko mengalami banjir informasi atau information overload yang berdampak buruk jika tidak dikelola. Hal tersebut bisa terjadi saat kamu melakukan beragam kerja sekaligus (multitasking), percakapan, atau memakai internet. Nah, Sunners. Dalam artikel ini, mimin mau berbagi informasi nih mengenai Information Overload: apa itu dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak!

Information Overload: Apa Itu dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Apa Itu Information Overload?

Menurut Indeed.com, banjir informasi atau information overload merupakan kondisi di mana seseorang mencerna terlalu banyak informasi dalam satu waktu.

Hal yang termasuk dalam informasi pun beragam, misalnya pesan, berita, artikel, konten di media sosial, maupun video. Akibatnya, kamu harus memerhatikan dan memproses banyak hal dengan bersamaan yang menyebabkan kapasitasmu bekerja secara efektif jadi menurun. Lebih lanjut, hal ini nantinya akan membuatmu jadi susah membuat keputusan. Apabila dibiarkan, bahkan kamu rentan terkena burnout. Sayangnya, di zaman yang serba digital, risiko mengalami information overload semakin tinggi dan sukar dihindari.

Contohnya, saat sedang membaca artikel di satu website, akan ada efek di mana kamu sulit memahami isi dari artikel tersebut. Pasalnya, ada beragam informasi yang dijejalkan, dari format foto, video, tulisan, data, dan lainnya. Karena itulah, memahami bagaimana cara mencegah dan tanggap terhadap information overload akan sangat membantumu dalam mengonsumsi informasi yang kamu butuhkan.

Information Overload: Apa Itu dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Apakah Penting dalam Menghindari Information Overload?

Seperti yang dikatakan sebelumnya, banjir informasi bisa menyulitkan kamu dalam memutuskan dan susah untuk bekerja secara efektif. Namun, tidak cuma alasan itu saja untuk menghindari information overload. Berikut beberapa manfaat yang lainnya:

  1. Dapat meningkatkan rasa yakin ketika mengambil keputusan
  2. Meningkatkan fokus
  3. Meningkatkan kinerja pada diri sendiri
Information Overload: Apa Itu dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Nah, sekarang bagaimana nih cara mengatasi agar tidak terkena information overload? Yuk simak tips-tips berikut:

  1. Membuat batasan dalam menerima informasi
  2. Memfilter aplikasi browser kamu
  3. Nonaktifkan notifikasi browser
  4. Cobalah untuk beristirahat
  5. Melakukan aktivitas yang menurutmu bisa menyegarkan pikiran
  6. Teliti dalam membaca sumber berita yang kamu baca

Nah, Sunners. Itu dia beberapa informasi mengenai information overload yang bisa mimin jelaskan, semoga membantu ya!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 106
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?