WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Hindari Bullying dengan Meningkatkan Kepercayaan Diri

Sunners, pernahkah kalian merasa takut di-bully? Atau bahkan kalian pernah mengalaminya?

Tindakan bullying atau perundungan memang seringkali menjadi momok menakutkan bagi setiap orang. Bullying merupakan kasus serius yang dapat terjadi di mana pun, entah di lingkungan rumah, sekolah, ataupun lingkungan pekerjaan. Pelaku tindak bullying biasanya mengincar korban yang memiliki karakteristik tersendiri, seperti penampilan fisik yang berbeda dari kebanyakan orang, memiliki kemampuan atau bakat yang istimewa, serta memiliki kepribadian yang pencemas, mudah gugup, dan tingkat percaya diri rendah.

Di lingkungan remaja, tindak bullying sebagian besar terjadi di lingkup sekolah. Paling sering terdengar yaitu bullying yang dilakukan oleh senior kepada juniornya. Lantas, perlukah kita cemas akan kehidupan sekolah yang diwarnai bullying? Tentu saja tidak! Cemas berlebih hanya akan menjadikan kalian mangsa empuk bagi para bullies di luar sana, Sunners. Meskipun sulit menghapus tindak bullying, tapi kalian tetap bisa menghindarinya, kok. Beberapa cara di antaranya yakni berteman dan bersosialisasi dengan banyak orang, memiliki rasa percaya diri, berani bersikap tegas, serta mampu mengomunikasikan segala yang kalian alami pada orang terdekat.

Bicara mengenai rasa percaya diri, tentu tidak semua orang memiliki tingkat self-confidence yang tinggi, terutama bagi mereka yang bersifat tertutup ataupun seorang introvert. Tapi tenang saja, Sunners, rasa percaya diri pun bisa kalian tingkatkan sehingga dapat berguna dalam menghindari bullying. ‘Gimana caranya?

Pertama, berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Setiap orang unik dan istimewa dengan caranya masing-masing, sehingga membandingkan diri dengan orang lain hanya akan memperburuk kesehatan mental kalian. Satu langkah yang utama dalam meningkatkan self-confidence yakni percaya pada kekuatan, kemampuan, serta keberhasilan diri sendiri. Hidup bukanlah sebuah kompetisi, jadi berusaha menyamai diri dengan orang lain bukanlah hal yang sehat.

Kedua, berbuat baik kepada diri sendiri. Jika kalian merasa telah gagal dalam melakukan sesuatu atau merasa sudah melakukan suatu kesalahan, cobalah berusaha memaafkan diri sendiri. Sebagai manusia, wajar saja melakukan sebuah kesalahan atau kegagalan. Hal tersebut memacu kita untuk tetap semangat dan berjuang. Selain itu, kalian juga dapat melakukan sedikit self-reward sebagai balasan atas apa pun yang berhasil kalian lakukan atau lewati.

Ketiga, hadapi ketakutanmu. Takut bicara di depan banyak orang atau takut menyatakan perasaan pada gebetan? Berhenti sekarang juga. Cara paling baik dalam membangun dan meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan menghadapi rasa takut tersebut. Awalnya mungkin akan terasa seperti mempermalukan diri sendiri, tapi teruslah mencoba hingga kalian percaya diri dalam melakukan hal yang kalian takutkan.

Keempat, berada dalam lingkungan orang-orang yang positif. Setiap orang yang berada di sisi kalian akan memengaruhi pikiran dan perasaan kalian. Jika mereka cenderung menghakimi apa pun yang kalian lakukan atau apa pun yang dilakukan orang lain, maka say goodbye dengan orang-orang tersebut adalah pilihan utama. Positive people akan memberikan positive vibes yang baik untuk kepercayaan diri kalian.

Nah, Sunners, itulah beberapa cara untuk meningkatkan kepercayaan diri kalian. Selain membangun self-confidence untuk menghindari bullying, percaya diri yang tinggi juga akan berguna dalam setiap aspek kehidupan. Oh ya, jangan takut untuk melawan bullying ya, Sunners, karena semakin korbannya takut, para pembully malah akan makin senang melakukannya.

 

Deni Adilla Safitri – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment