Majalah Sunday

Hati-Hati, Ini Bahaya Mengunduh Aplikasi Beauty Camera

Penulis: Syifa Lisniawati – Universitas Kristen Indonesia
Editor: Delia Putri Amanda – Universitas Negeri Jakarta

Bagi kalian pengguna Android, hati-hati ya jika ingin mengunduh aplikasi beauty camera, sebab sudah banyak data pengguna yang dicuri dan iklan-iklan penipuan bertebaran.

Seringkali beauty camera menjadi primadona bagi pengguna Android karena kameranya yang bisa mempercantik wajah kita, walaupun kita habis bangun tidur, baru selesai olahraga atau aktivitas lainnya. Beauty camera sangat membantu foto kita dalam keadaan apapun, bahkan kita juga bisa mencoba berbagai jenis filter, stiker, atau frame lucu dari aplikasi tersebut. Tapi, tahukah kalian bahayanya mengunduh aplikasi tersebut? Banyak data pengguna bisa disalahgunakan dan banyak situs web yang tidak dikenal. Makanya tak heran setiap kali kita mengunduh aplikasi beauty camera, ponsel kita jadi sering muncul iklan-iklan yang tidak jelas.

Aplikasi yang biasa menampilkan atau mengunduh iklan secara langsung ini disebut Adware.

Beberapa aplikasi beauty camera bahkan sudah dihapus dari Google Play Store demi keamanan penggunanya. Banyak situs web yang ingin mendapatkan uang tapi dengan cara ilegal. Meskipun Google Play Store adalah platform resmi, tapi masih saja ada yang curang untuk memanfaatkannya demi kepentingan pribadi. Padahal, ini tentu sangat merugikan pengguna Android.

Beauty camera sangat membantu kita untuk menghasilkan foto yang lebih baik. Tapi, tahukah kalian bahayanya mengunduh aplikasi tersebut?

Phising, salah satu kejahatan pencurian data di era digital, pict by freepik.com

Ada beberapa aplikasi yang mencurigakan, seperti:

  1.  Aplikasi yang tidak dikenal (aplikasi gratis);
  2.  Aplikasi yang meminta izin data yang mungkin mereka tidak butuhkan;
  3.  Aplikasi yang memiliki iklan tidak etis/kurang bermanfaat.

Ada beberapa cara untuk mencegah Adware, yaitu:

  • Jangan mengklik sembarangan iklan yang tidak dikenal di ponsel kalian;
  • Selalu memperbarui perangkat lunak ponsel kalian;
  • Download antivirus di ponsel kalian dan selalu perbarui antivirus tersebut.

Sebisa mungkin jangan mengunduh aplikasi sembarangan ya, Sunners! Jika memang ingin ‘mendandani’ foto yang sudah ada, sebaiknya gunakan aplikasi yang dapat menjamin keamanan data penggunanya seperti misalnya Instagram dan Snapchat. Lagipula, aplikasi beauty camera juga sangat menguras baterai ponsel kita, loh! Semakin banyak aplikasi yang kita unduh, semakin berkurang baterai ponsel kalian.

Berikut sejumlah aplikasi beauty camera yang sebaiknya dihindari:

  1. Kamera Yoroko
  2. Kamera Solu
  3. Perguruan tinggi kecantikan lite
  4. Kamera Selfie Kecantikan
  5. Foto kecantikan perguruan tinggi
  6. Kamera kecantikan dan editor Foto
  7. Kamera Kecantikan Seni
  8. KameraKecantikan Selfie
  9. Kamera Kecantikan Selfie Pro
  10. Kamera kecantikan selfie dan filter lucu

Selain itu, masih banyak lagi beauty camera yang tidak terkenal dan kurang lebih ada 30 aplikasi yang statusnya “unknown“. Bahayanya aplikasi yang sudah diinstal mencapai 500 ribu kali berdasarkan penelitian terhadap 30 hasil pencarian kamera kecantikan, ditemukan aplikasi tersebut bila ditotalkan yang sudah diunduh sampai 1,39 juta kali.

Lebih aman memang memakai filter foto yang sudah ada dalam aplikasi media sosial seperti Instagram. Selain tidak kalah keren dengan aplikasi beauty camera lainnya, di Instagram kita juga bisa main tebak gambar, stiker yang dikeluarkan Instagram juga lucu-lucu, serta bisa foto juga pakai frame langsung jepret. Lebih aman kan daripada risiko data kalian dicuri orang, dimanfaatkan, dan disalahgunakan? Hati-hati ya dalam menggunakan aplikasi yang tidak jelas asal-usulnya dan jangan langsung memberikan izin akses ke data kalian dengan mudahnya.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 779
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?