Majalah Sunday

Harus Berani Nolak!
Jaga Batasmu Tanpa Menyakiti Orang Lain

Editor: Arya Prasetya Salam – UPN Veteran Jakarta

Hai, Sunners! Gimana kabarnya hari ini? Kita semua tahu dong, masa remaja itu penuh tantangan. Banyak hal baru yang kita temui dan kita harus membuat banyak keputusan. Salah satu keputusan yang paling penting adalah berani nolak atau mengatakan ‘Tidak’

Kenapa Harus Berani Nolak?

Ilustrasi Berani Nolak
Ilustrasi Berani Nolak (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mungkin kamu bertanya-tanya, “Kenapa sih aku harus berani nolak? Bukannya lebih gampang ya kalau selalu bilang ‘Iya’?” Eits, ternyata nggak selalu gitu, Sunners. Ada kalanya kita harus berani bilang ‘Tidak’ untuk melindungi diri kita sendiri.

Misalnya nih, temanmu menawarkan rokok padamu. Kamu tahu kan bahwa merokok itu nggak baik buat kesehatanmu. Jadi, apa yang harus kamu lakukan? Kamu harus berani bilang ‘Tidak’.

Gimana Caranya Berani Nolak?

Nah, berikut ini beberapa tips buat kamu supaya berani bilang ‘Tidak’:

  1. Yakin dengan Keputusanmu: Sebelum kamu bilang ‘Tidak’, kamu harus yakin dulu dengan keputusanmu. Jangan ragu-ragu, ya!
  2. Komunikasikan dengan Jelas: Kalau kamu udah memutuskan untuk bilang ‘Tidak’, komunikasikan keputusanmu dengan jelas. Jangan biarkan orang lain meragukan keputusanmu.
  3. Tetap Teguh pada Keputusanmu: Setelah kamu bilang ‘Tidak’, tetaplah teguh pada keputusanmu. Jangan biarkan tekanan dari orang lain mengubah keputusanmu.

Sekarang, kamu udah tahu kan kenapa kamu harus berani bilang ‘Tidak’ dan gimana caranya. Jadi, yuk berani bilang ‘Tidak’! Ingat, keputusanmu bisa menentukan masa depanmu.

Untuk lebih lanjut, yuk dengerin Podcast Bangku Remaja kita di Spotify tentang. Pada podcast ini kita belajar agar bisa berani menolak tanpa harus merasa tidak enak, bersama narasumber yang berpengalaman dalam hal ini!

Klik di bawah untuk mendengarkannya. Sampai jumpa di sana, Sunners!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 478
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?