WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Hard Skill dan Soft Skill, Apa Bedanya?

Ketika Sunners memasuki dunia kerja, pasti akan mendengar tentang Hard Skill dan Soft Skill. Begitu juga saat kalian mau melamar pekerjaan, biasanya kita akan disuruh menunjukkan apa saja Hard Skill dan Soft Skill yang kita miliki. Kedua hal ini sangat dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan kalian nanti. Hard Skill dan Soft Skill merupakan aspek mendasar yang tak hanya harus diketahui, namun juga harus dimiliki. Sebelum Sunners mengetahui apa perbedaan Hard Skill dan Soft Skill. kita perlu mengetahui pengertian masing-masing dari Hard Skill dan Soft Skill. Berikut pengertian dan perbedaannya.

Pengertian Hard Skill

Hard Skill adalah keahlian utama yang dibutuhkan untuk sebuah pekerjaan berdasarkan segi kemampuan spesifik. Biasanya berhubungan dengan bidang pekerjaan tertentu. Perusahaan yang membuka lowongan kerja biasanya mencantumkan persyaratan hard skill. Hard Skill terdiri atas pengetahuan dan keahlian spesifik yang dapat dipelajari dan diperoleh dari perkuliahan dan berbagai program pelatihan seperti pengalaman magang.

Contoh dari Hard Skill antara lain desain web, programming, akuntansi, menulis dan masih banyak lainnya yang mengarah pada kemampuan spesifik.

Pengertian Soft Skill

Soft Skill adalah kemampuan yang berkaitan dengan diri seseorang. Soft Skill mengukur bagaimana kemampuan interaksi dan berpikir kritis dengan lingkungan kerja kalian. Soft Skill ini sangat penting adanya, apalagi dalam sebuah pekerjaan. Mengapa penting? Karena Soft Skill berpengaruh dalam kinerja tim.

Contoh dari Soft Skill antara lain kemampuan berkomunikasi, berpikir secara kritis, perilaku yang baik, dedikasi kerja, kerja tim, kemampuan memimpin sesuatu.

Perbedaan Hard Skill dan Soft Skill

Pada dasarnya Hard Skill dan Soft Skill sangat penting dan sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Ketika seseorang memiliki keduanya dengan baik, maka ia pasti dapat bekerja dengan sangat baik. Namun, Hard Skill dan Soft Skill juga memiliki perbedaan. Hard Skill sifatnya lebih objektif sedangkan Soft Skill bersifat lebih subjektif. Hard Skill seseorang dapat kita lihat buktinya, seperti IQ dan nilai IPK. Sedangkan Soft Skill tak dapat diukur. Soft Skill dapat kita lihat dari cara seseorang berkomunikasi dan dedikasinya dalam hal apapun.

Nah Sunners, setelah kalian tahu perbedaan antara Hard Skill dan Soft Skill, tentu ada motivasi untuk meningkatkan skill kalian kan? Yuk semangat meningkatkan kemampuanmu untuk masa depanmu ya!

Fais Fadhila – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment