Majalah Sunday

Hal yang Sering Diabaikan Perempuan
Saat Memilih Bra

Bra itu banyak modelnya, dari miniset sampai sport bra. Lalu bagaimana sebaiknya kita memilih bra yang pas sesuai kebutuhan? 

Sebenarnya perbedaanya berbagai jenis bra terletak di bentuknya saja, untuk fungsinya sama. Fungsi bra yang sesungguhnya adalah mengangkat payudara dan memperbaiki postur tubuh. tidak, jika ternyata salah memilih bra justru akan mengakibatkan dampak buruk loh.

Kebanyakan wanita memakai sport bra karena lebih nyaman dan desainnya yang simple dan tidak nyeplak di baju. Sport bra jadi opsi yang nyaman buat aktivitas sehari-hari, meskipun kita jarang berolahraga sekalipun. So, baca artikel ini sampai selesai ya!

Dampak Buruk Salah Memilih Bra

Salah memilih bra dapat menyebabkan sakit kepala

Bra yang kurang pas dapat menyebabkan kurangnya dukungan pada belahan dada, akibatnya, otot leher dan punggung atas harus bekerja lebih keras untuk menopang payudara.

Salah memilih bra dapat menyebabkan rasa nyeri

Bra yang yerlalu ketat akan menekan otot-otot tubuh. Misalkan otot yang menghubungkan bahu dan leher. Menyebabkan masalah pada peredaran darah, sehingga bisa memicu nyeri pada dada. 

Salah memilih bra dapat membuat payudara kendur

Karena menggunakan bra yang terlalu ketat atau terlalu longgar akan membuat jaringan pengikat sendi tertarik. Akibatnya, payudara akan semakin kendur karena engga mendapatkan perlindungan yang pas.

Salah memilih bra dapat menyebabkan ruam pada payudara

Penggunaan bra yang terlalu ketat dapat melukai kulit sekitar payudara, salah satunya menimbulkan penebalan dan pengelupasan kulit yang disertai rasa gatal dan kemerahan.

Pengukuran yang baik dapat membantu kamu dalam memilih bra yang tepat

Jangan sampai kamu salah pilih bra ya. Gambar, pict by canva.com

Kesalahan Umum Dalam Memilih Bra

  • Tali bra yang tidak sesuai 
  • Memakai bra yang sama selama dua hari berturut-turut
  • Salah memilih ukuran 
  • Bra bergeser saat tubuh bergerak

Bagaimana Cara Memilih Bra Yang Tepat?

Lakukan pengukuran untuk mendapatkan ukuran yang pas

Pertama, kamu wajib mempersiapkan meteran untuk mengukur lingkar bawah payudara (under bust). Anyway, ukurannya dalam satuan inchi yakni dari ukuran 32-40. Jangan lupa untuk bulatkan hasil ukuran, misalnya 33,8 inchi langsung kamu bulatkan menjadi 34 atau kamu juga bisa menyamakan hasil ukuran di bagian atas dan bawah meteran. Jika ukuran lingkar bawah payudaramu 73 cm berarti dapat memilih bra dengan lingkar bawah payudara 34.

Setelah mengukur lingkar dada, selanjutnya kamu wajib mengukur cup bra. Kembali gunakan meteran lalu ukur sejajar dengan putting. Yup, ini merupakan cara untuk mengukur top bust. Lalu, kamu wajib mengurangi ukuran top bust dengan under bust (Top bust – under bust = cup size). Misalnya, ukuran top bust 34 – ukuran under bust 32 = 2 (Jika menggunakan satuan inchi.

Pilih bra yang nyaman sesuai dengan kebutuhanmu

Ada banyak jenis bra yang cocok buat kebutuhan yang beda. Misalnya, bra t-shirt yang cup-nya halus banget dan bikin payudara terlihat rata pas dipake di bawah baju. Atau bra olahraga yang bisa kasih dukungan ekstra pas lagi beraktivitas. Pilih bra yang sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan kamu.

Pastiin bra yang kamu pilih terbuat dari bahan yang enak dipakai dan bisa ngeresapin keringet, kayak katun atau bahan yang menyerap keringet gitu. Jangan pilih bra yang tali-nya kecil banget, biar enggak bikin iritasi kulit atau ninggalin bekas merah.

Dengan membaca tips di atas, kamu makin paham cara memilih bra yang tepat

Dengan membaca tips di atas, kamu makin paham cara pilih bra yang tepat, pict by canva.com

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Nama Penulis Artikel dan Editor (jika ada)

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 241
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?