WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Frenemy, Musuh Berkedok Teman yang Perlu Diwaspadai

Sunners tau nggak sih apa itu Frenemy? Atau justru kalian baru mendengar istilah ini?

Ada ungkapan yang menyebut bahwa teman dekat bisa berpeluang besar menjadi musuh kita dan hal ini sudah sering terjadi di hubungan pertemanan. Fenomena tersebut terjadi ketika teman atau sahabat kamu terlihat sangat baik di depan tetapi sebenarnya menusuk dari belakang. Perilaku ini bisa menjadi tanda bahwa teman kamu merupakan seorang Frenemy.

Jika diteruskan, menjalin hubungan dengan seorang frenemy bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental korbannya. Tanpa disadari mereka akan menguras energi kalian, baik secara fisik maupun emosional.

  • Apa Itu Frenemy?

Frenemy adalah istilah untuk seseorang yang kita anggap sebagai teman namun sebenarnya mereka adalah musuh kita. Istilah ini berasal dari 2 kata, yaitu friend (teman) dan enemy (musuh). Mereka sedih ketika kita menang dan senang ketika kita kalah. Frenemy ini umumnya terjadi di lingkungan kerja, kampus, dan sekolah. Karena sifat manipulatifnya, seorang frenemy akan memperlakukan kalian dengan sangat baik dan ramah di awal. Mereka juga akan memberikan dukungan saat kamu mengalami kesusahan. Namun, di balik itu semua, mereka sebenarnya menyimpan kebencian, atau bahkan dendam padamu. Perlahan tapi pasti, frenemy akan “menusuk” dari belakang dengan membicarakan keburukan kamu ke orang lain secara diam-diam.

Sebagaimana yang ditulis dalam Very Well Family, ada beberapa perbedaan antara frenemy dan teman baik, di antaranya yaitu:

Frenemy cenderung manipulatif secara emosional, sedangkan teman baik selalu mengatakan kebenaran, menghormati batasan dan selalu mendukungmu.

– Seorang frenemy ingin merasa “lebih” daripada kamu dan sedikit egois, sementara teman baik tidak akan terlalu menonjol dan akan bekerja sama dengan baik.

Frenemy biasanya sering bergosip dan membicarakan keburukanmu secara diam-diam ke orang lain, sementara teman yang baik pasti akan menjaga privasimu.

Berdasarkan dari situs Michaelnichols.org menyebutkan bahwa seorang frenemy sering mengeluarkan kata-kata yang sarkas. Dengan bahasa sarkasmenya itu, mereka sangat suka berkomentar tajam tentang kamu di depan orang lain bahkan cenderung melukai hatimu.

  • Tanda-Tanda Seorang yang Frenemy 
  1. Menunjukkan Kecemburuan

Seorang frenemy sering menunjukkan kecemburuan. Coba pahami tanda-tanda sahabatmu diam-diam cemburu padamu demi kebaikan kamu sendiri. Ia mungkin mencoba menyembunyikan sifat cemburu mereka, tetapi kamu akan merasakan firasat negatif ketika berada di sekitar mereka.

Ketika diberi kabar baik, mereka akan menebarkan senyum terbesar mereka. Namun, senyum itu akan segera memudar dan kamu akan menyadari bahwa mereka murung sepanjang hari. Selain itu, mereka bahkan mungkin mulai mengeluh tentang semua hal buruk dalam hidup mereka untuk membuat kamu merasa buruk. Jangan sampai lengah, Sunners!

  1. Pujian Backhanded

Pujian backhanded adalah pujian yang sebenarnya bukan pujian sama sekali. Pujian backhanded  bisa kejam tapi begitulah kesukaan teman kamu. Mereka ingin membuat kamu merasa kecil dan tidak kompeten. Ada baiknya kamu tidak berharap bahwa temanmu memberikan pujian yang murah hati.

  1. Menumpahkan Rahasia kamu

Jadi apa ciri-ciri frenemy lainnya? Nah, salah satu yang paling menyebalkan adalah ketika mereka membocorkan rahasia kamu. Tidak peduli seberapa besar atau kecil rahasianya, temanmu akan memberitahu semua orang tentang hal itu. Ini seperti gatal yang mau tak mau mereka garuk.

Dan ketika kamu sedih atas rahasia kamu yang terbongkar, musuh kamu diam-diam menertawakanmu. Bagaimana menghadapinya? Cukup, berhentilah membagikan rahasia terdalam kamu kepada orang-orang yang tidak sepenuhnya kamu percayai. Kamu juga dapat mengambil jalan tinggi dengan cara membuat mereka bergeming akan kebaikanmu dan peningkatan kualitas dirimu.

  1. Terlalu Dramatis

Jika kamu memperhatikan bahwa salah satu teman kamu terlalu dramatis, maka ada kemungkinan besar bahwa mereka adalah musuh kamu. Masalahnya, perilaku dramatis mereka sama sekali tidak lucu, bahkan bisa jadi itu malah menguras tenagamu. Ada bukti bahwa ketika seseorang dramatis, mereka sebenarnya berusaha untuk mendapatkan perhatian sehingga mereka dapat mengacaukan emosi kamu.

  1. Memalsukan Dukungan Mereka

Yang ini juga merupakan karakteristik musuh yang umum, yaitu memberimu dukungan ketika mereka sebenarnya tidak mau. Mungkin sulit untuk menemukan yang satu ini, terutama jika mereka benar-benar ahli dalam hal itu. Lalu bagaimana cara menghadapinya? Dengarkan hatimu, kamu akan selalu mengetahui ketika ada sesuatu yang terasa tidak benar.

  1. Mempermalukan Kamu di Depan Umum

Hati-hati dengan yang satu ini karena musuh bebuyutan tidak akan segan-segan melakukannya padamu. Mereka akan mempermalukan kamu dengan cara apa pun yang memungkinkan. Misalnya, mereka mungkin mulai membicarakan kesalahan yang kamu lakukan tempo hari. Kamu tahu bahwa mereka tahu betapa malunya perasaan kamu, tapi musuhmu malah mengungkitnya lagi dengan cara yang lebih umum. 

  1. Tidak Peduli dengan Perasaanmu

Temanmu tidak peduli dengan perasaanmu dan mereka tidak akan pernah peduli. Kedengarannya menyedihkan, tapi itulah faktanya. Ketika sesuatu yang buruk terjadi pada kamu, mereka tidak dapat bersimpati. Apa yang akan mereka lakukan adalah membuatnya lebih buruk. Musuh kamu akan menyalahkan kamu atau mencari cara untuk membuat kamu merasa bahwa itu semua salah kamu. Alih-alih mengangkat semangat kamu, mereka akan menghancurkan kamu berkeping-keping, Sunners.

  1. Mengambil Apa yang Kamu Inginkan

Ingat poin pertama bahwa mereka sering cemburu padamu? Nah, kecemburuan itu akan mendorong mereka untuk menyabot kamu. Itu benar, mereka tidak takut menghancurkan hidup kamu. Mereka ingin mengambil apapun yang mereka inginkan dari kamu. Di dalam pikiran mereka, kamu tidak diizinkan untuk memiliki semua hal yang baik, mereka ingin merebut kebahagiaan kamu bagaimanapun caranya.

  1. Bossy

Seorang frenemy bisa sangat suka memerintah kepadamu, mereka akan bertindak seolah-olah mereka lebih unggul. Mereka ingin memberitahu kamu apa yang benar dan apa yang salah sehingga membuatmu menganggap bahwa apapun yang kamu lakukan harus dilakukan dengan cara mereka.

Hati-hati ya, Sunners! Lebih baik cepat sadari tanda-tanda di atas, jangan menunda lama untuk memutuskan hubungan dengan teman yang ternyata adalah seorang musuh. Yuk simak cara-caranya!

  • Cara Memutus Hubungan Dengan Seorang Frenemy

Frenemy merupakan energi vampir. Berhubungan dengan mereka bisa menguras energi kamu, baik secara fisik maupun emosional. Oleh karena itu, kamu harus segera mengakhirinya. Lakukanlah hal-hal berikut ini. Yang pertama, Cobalah berbicara langsung dengan frenemy, katakan padanya bahwa kamu tahu yang sebenarnya. Jujurlah dan jangan takut akan merusak hubungan pertemanan kalian. Kedua, rahasiakan pencapaianmu dari mereka karena frenemy sangat cemburu dengan apa yang kamu capai. Yang terakhir, sembunyikan mereka dari postingan terbaru kalian atau blokir seluruh sosial medianya jika diperlukan. Hal ini penting dilakukan demi kesehatan mentalmu dan membuat hidupmu menjadi lebih tenang.

Nah itulah beberapa penjelasan tentang seorang frenemy yang mungkin belum Sunners ketahui. Kenali tanda-tandanya dan jika kalian mempunyai seorang teman dengan ciri-ciri seperti yang sudah disebutkan diatas. Secara perlahan tapi pasti, cobalah untuk menjauh darinya dan lebih berhati-hati dalam berteman. Semoga kita semua dijauhkan dari tipe teman yang frenemy yaa Sunners. Have a nice day!

 

Penulis : Niken dan Nasya, SMKN 67 JAKARTA

Editor : Beninda Dhiyaa, PoliMedia Jakarta

Leave A Comment