Majalah Sunday

Festival UMKM Nusantara 2022

Reporter: Salman & Sofyan
Editor: Husna Raharjo – Universitas Kristen Indonesia

Festival UMKM Nusantara adalah festival yang berisikan berbagai macam produk UMKM seperti makanan dan minuman. Tidak hanya itu saja dalam festival tersebut juga ada kompetisi musik akustik Nusantara. 

Festival ini diadakan 3 hari pada tanggal 16 Desember 2022 sampai dengan 18 Desember 2022 yang bertempat di Selasar Taman Ismail Marzuki dengan mengusung tema acara yaitu “Restore The Economy Bring Back The Activity“. 

Nah sebelum itu apakah kalian tahu apa sih itu UMKM? Jika belum tahu mimin kasih tahu ya… UMKM sendiri merupakan singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah, pada dasarnya UMKM adalah usaha atau bisnis yang dilakukan oleh baik individu, kelompok, badan usaha kecil, maupun rumah tangga. 

Festival UMKM Nusantara 2022

Festival UMKM 2022, Majalah Sunday

Festival UMKM Nusantara 2022

UMKM pun Menurut UU No. 20 Tahun 2008 mengartikan UMKM sebagai Usaha perdagangan yang dikelola oleh perorangan atau badan usaha yang merujuk pada usaha ekonomi produktif dengan kriteria yang ditetapkan Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2008. 

Karena UMKM memiliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian suatu daerah maupun negara dan UMKM sudah terbukti memiliki peran penting dalam mengatasi dampak krisis ekonomi yang telah terjadi pada tahun 1997.

Lalu sejak pandemi Covid-19 di Indonesia, terjadi peningkatan jumlah transaksi secara daring sebesar 26 persen atau 3,1 Juta transaksi per hari serta kenaikan 35 persen pengiriman barang. Hal ini menjadi peluang besar bagi UMKM untuk bisa memenuhi pasar daging yang terbuka sangat lebar. 

Maka dari itu penyelenggara Festival UMKM Nusantara 2022 berinisiatif untuk memberikan wadah kepada para pelaku usaha UMKM agar mengembalikan perekonomian di negara ini kembali pulih dengan sesuai tema acara, karena UMKM sebagai penggerak roda  perekonomian, maka dari itu pada acara ini mengusung “Restore The Economy Bring Back The Activity” . 

Festival UMKM 2022, Majalah Sunday

Festival UMKM Nusantara 2022

Hari Pertama Festival Berlangsung

Pada hari pertama festival, hadirin disajikan dengan opening Festival UMKM Nusantara lalu dilanjutkan dengan Press Conference Asean Festival Gurindam dan Open Registrasi Lomba Akustik. 

Pada Festival UMKM Nusantara banyak UMKM yang berpartisipasi dengan berbagai macam makanan seperti sate padang, fried chicken, semur daging, baso, chicken union, nasi sei sapi, nasi bento aneka pempek, baby crab, makaroni ngehe, rice bowl, pentol mercon, seblak, nasi bakar, nasi kucing, tahu gejrot, mie ayam, burger bangos. 

Tidak hanya makanan saja tetapi ada minuman yang tersedia di sana seperti es jeruk, es tebu, teh poci, sweet care, es cendol, kopi mama, es coklat. Dan masih banyak makanan dan minuman lainnya yang tidak bisa disebutkan semua. 

Pada acara ini tidak sedikit juga pengunjung  yang ikut berpartisipasi, selagi mendengarkan lomba musik akustik, pengunjung juga bisa membeli banyak makanan dan minuman sembari mendengarkan musik akustik pada lomba di Festival UMKM Nusantara. 

Apakah kalian datang ke acara ini juga? Bagaimana kesanmu, seru bukan?

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 526
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?