Majalah Sunday

Festival Air Indonesia: The Blue Carbon Student Conference

Penulis: Festival Air Indonesia
Editor: Nur Amalina Husna

Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan (Himasper) dari Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP) FPIK IPB University telah selesai melaksanakan mega proker tahun ini yaitu “Festival Air Indonesia 2023” dengan rangkaian terakhirnya yang berupa “The Blue Carbon Student Conference 2023” dengan mengusung tema “The Promise of Blue Carbon: Beyond Sustainable Development Inventories”. Student conference dilaksanakan pada Sabtu, 25 November 2023 di Auditorium SKHB IPB University.

Apa itu Festival Air Indonesia

“Festival Air Indonesia: The Blue Carbon Student Conference 2023” merupakan wadah bagi para generasi muda khususnya mahasiswa untuk berdiskusi dan bertukar pikiran terkait isu blue carbon dan perubahan iklim. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung terwujudnya visi SDGs (Sustainable Development Goals) 14 (Life Below Water), SDGs 15 (Life on Land), dan visi Indonesia EMAS 2045. Kegiatan ini juga dibahas dengan pemberian pandangan dari banyak ahli seperti Virni Budi Arifanti selaku Peneliti Ahli Utama di Pusat Riset Ekologi dan Etnobiologi, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN); Agus Rusly, S.Pi., M.Si selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim; dan Dr. M. Arsyad Al Amin, SP, MSi dengan Bidang Keahlian: Integrated Coastal Management Specialist.

Hasil diskusi dari “Festival Air Indonesia: The Blue Carbon Student Conference 2023” menjelaskan bahwa perubahan iklim yang ekstrim bisa menyebabkan berbagai dampak kepada lingkungan tidak terkecuali lingkungan perairan. Dampak tersebut dapat bersifat langsung seperti penurunan muka tanah dan meningkatnya sea water level. Selain itu perubahan iklim yang terjadi sebagian besar akibat emisi karbon. Adanya konsep blue carbon membantu menyimpan karbon dalam ekosistem laut di seluruh dunia sehingga perubahan iklim ekstrim bisa diminimalisir. Lamun dan mangrove di perairan bisa menyerap karbon dan berperan sebagai agent blue carbon.

Festival Air Indonesia, Suasana Diskusi

Suasana diskusi Festival Air Indonesia 2023, pict by Panitia Festival Air Indonesia 2023

Kegiatan “Festival Air Indonesia: The Blue Carbon Student Conference 2023” berlangsung dengan lancar. Kegiatan yang menjadi rangkaian terakhir Festival Air Indonesia 2023 ini juga memaparkan rekapitulasi kegiatan mulai dari Awal yaitu perlombaan, Talkshow, Youth Aquatic Camp, sampai akhirnya tiba di Student Conference dan dihadiri oleh banyak pihak baik dari dalam IPB University dan luar IPB University.  Delegasi yang ikut menghadiri kegiatan Student Conference ini diantaranya yaitu Universitas Diponegoro, Universitas Mulawarman, dan Universitas Jenderal Soedirman yang mengirimkan tiga delegasi mahasiswa, Universitas Teknologi Muhammadiyah Jakarta yang  mengirimkan sebelas delegasi mahasiswa, Universitas Nusa Cendana mengirimkan satu delegasi, Universitas Gajah Mada sebanyak enam delegasi mahasiswa , Universitas Borneo Tarakan mengirimkan tiga delegasi mahasiswa, dan Universitas Padjajaran serta Universitas Kristen Artha Wacana Kupang yang mengirimkan sebanyak satu delegasi mahasiswa.

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 149
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?