Majalah Sunday

Fenomena sikap Bucin di Kalangan Remaja

Penulis: Dewo Pandoyo – Universitas Nasional

Temen temen pasti sudah gak asing lagi nih sama istilah bucin, tapi diantara kalian apa masih ada yang belum tau apa itu bucin? Berawalan dari kata budak yang diartikan sebagai seseorang yang dapat diperintah atau dituntut selalu bisa ngejalanin kemauan majikannya,  Budak cinta atau bucin ini adalah istilah yang biasa digunakan ke seseorang yang ngasih pengorbanan cinta tanpa logika ke pasanganannya, umunya seorang bucin ini tuh pasti rela berkorban dalam bentuk apapun buat pasangannya baik soal harta, jiwa dan raga semua muanya dikasih kepasangannya.

Temen temen pasti gak asing lagi nih sama istilah bucin, tapi ada gak sih yang belum apa itu bucin? Cek artikelnya di sini yuk

Sikap bucin dikalangan remaja pict by canva.com

Kalo gitu salah gak sih kita bucin ke pasangan?​

Mungkin untuk sebagian orang punya pendapat kalo kita bucin ke pasangan itu adalah sikap yang wajar karena didasari dengan rasa cinta kita yang tulus ke pasangan, bucin itu sendiri dianggap sebagai bentuk pembuktian perasaan cinta tulus kita ke pasangan, tujuan ngebucin itu untuk menyenangkan dan membahagiakan pasangan dengan harapan punya hubungan yang langgeng. Tapi sebenernya sikap bucin ini punya dampak yang kurang baik loh untuk diri kita sendiri sekaligus ke hubungan yang lagi kita jalanin, orang orang yang ngebucin itu biasanya kurang sadar kalo mereka itu selalu memprioritaskan pasangannya jadi nomor satu dan lupa sama prioritasnya sendiri.

Contohnya, orang yang ngebucin itu bersedia kapan pun ngebantu tugas tugas pasangannya sampe lupa kalo dia sendiri punya tugas yang juga harus diselesaiin, tanpa sadar sikap bucin itu jadi ngesampingin tujuan dalam hidup kalian, nah kalau kaya gini jadinya bisa ngerugiin diri sendiri kan, selain itu juga sikap bucin ini bisa aja justru malah disalah gunain sama pasangan kalian sendiri, karena terlalu memprioritasin pasangan bisa bikin mereka jadi seenaknya aja sama kalian, kalo udah kaya gini hubungan kalian malah jadi toxic juga kan. Temen-temen ada yang masih suka ngebucin ke pasangannya gak nih? Hehe.

Pandangan dari sisi psikologis​

“Bucin bukanlah hal yang baik, dan juga tidak bisa menjamin kelanggengan suatu hubungan. Dalam jangka panjang, ini bisa berdampak negatif pada diri sendiri dan juga pasangan.”

Istilah bucin dalam psikologi adalah codependent relationship, yaitu suatu hubungan yang disfungsional, dimana satu orang menjadi penjaga dan orang lain mengambil keuntungan. Orang yang jadi penjaga ini memiliki keterganutngan yang tinggi terhadap pasangannya baik secara  mental, emosional, fisik atau bahkan spiritual. Budak cinta atau bucin dianggap sebagai orang orang yang tidap dapat melihat sisi logis dari sebuah tindakan yang dilakukan pasangannya, mereka juga melihat bahwa pasanggannya adalah sosok yang sempurna dan yang terbaik.

Tips agar tidak bucin​

Sunners masih ada yang suka ngebucin gak nih sama pasangannya? Ngaku aja hayo hehe, Gimana ya caranya biar kita gak bucin? Ada beberapa tips nih biar temen temen bisa sadar dan gak ngebucin lagi :

Pertama temen temen harus bisa bahagiain diri sendiri, karena biasanya orang yang bucin itu punya self esteem yang rendah. Suka ngerasa gak pantes dapet kebahagiaan dan ahirnya dapat kepuasan dengan bahagiain orang lain meski harus menderita. Jangan seperti ini ya teman teman, ingat harus bisa bahagiain diri sendiri!

Yang kedua fokus pada pengembangan diri kalian, temen temen harus terus berkembang fokus pada tujuan yang jadi impian kalian, hal ini bisa meningkatkan kualitas hidup kalian. Pasangan kamu juga pasti ikut seneng dan bangga kan kalo bisa ngeliat kamu terus berkembang menggapai tujuan dan Impian.

Yang ketiga punya kehidupan pribadi yang seimbang, gak harus terus terusan sama pacar kalian ya, tetep harus bergaul sama temen temen dan punya waktu bersama keluarga, tetaplah jadi individu yang mandiri dan jangan bergantung pada pasangan.

Yang keempat dan yang terahir nih, jangan jadikan pasangan kamu sebagai pusat dari segalanya, harus menjaga keseimbangan antara hubungan keluarga, pekerjaan/Pendidikan dan hubungan social, kamu harus bisa sadar ya kalo pasangan itu bukan pusat segalanya dalam hidup kalian.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 158
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?