WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Fear dan Anxiety, Sama atau Beda?

Haloo Sunners, kali ini kita bakal bahas nih tentang fear dan anxiety. Nah dalam Bahasa Indonesia fear itu adalah takut sedangkan anxiety itu adalah cemas. Sebenarnya kalian tau ga apa bedanya atau jangan-jangan selama ini kalian taunya mereka itu sama? Yuk simak lebih lanjut biar tau bedanya apa!

 

Kebanyakan orang menganggap kedua hal tersebut sama, tetapi ternyata beda loh teman-teman. Memang sih banyak orang bingung karena fear dan anxiety sering banget nih berhubungan dan muncul bersamaan. Jadi apa bedanya ya? Oke kita bahas dulu satu-satu, mulai dari fear. Fear itu adalah perasaan takut. Perasaan takut ini muncul karena sesuatu hal atau ancaman yang sudah diketahui, dipahami, serta tetap. Contohnya seperti ibu kamu sudah berteriak marah di depan kamu karena mengetahui nilai kamu jelek. Nah saat itu perasaan kamu adalah fear (takut) bukan anxiety (cemas) lagi karena hal tersebut sudah terjadi dan ada di depan mata kamu. 

 

Berbeda halnya dengan anxiety. Anxiety itu adalah perasaan cemas. Perasaan cemas ini muncul karena sesuatu hal atau ancaman yang tidak diketahui, tidak terduga, dan tidak jelas. Contohnya seperti kamu mendapatkan nilai jelek di sekolah dan kamu merasa cemas ketika sesampainya di rumah akan terjadi sesuatu. Nah rasa anxiety ini muncul di situasi tersebut karena adanya kemungkinan sesuatu buruk dapat terjadi ketika sampai di rumah seperti akan dimarahi, dipukul, diusir, dan sebagainya. Anxiety ini muncul dari dalam pikiran sendiri terhadap kemungkinan-kemungkinan suatu yang buruk akan terjadi. Padahal belum pasti kemungkinan yang muncul di pikiran karena rasa cemas itu akan terjadi. 

text

Itu dia teman-teman perbedaan beserta contohnya agar kalian lebih mudah memahami. Meskipun perasaan emosional dan pikiran yang dirasakan berbeda, tetapi banyak orang mengalami reaksi fisik yang sama dengan kedua hal tersebut seperti tubuh bergetar, keringat dingin, dan masih banyak lagi. Karena memang fear dan anxiety saling berhubungan. Perlu diketahui rasa cemas menyebabkan rasa takut begitupun juga sebaliknya ya Sunners!

Penulis : Silvia Alverina Angelica – Universitas Tarumanagara

Leave A Comment