WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

EVOLUSIA: Acara Unggulan Mahasiswa Fashion Design Berakhir dengan Meriah!

EVOLUSIA X 2020, sebuah peragaan busana yang dibuat oleh Program Diploma Seni Rupa dan Desain konsentrasi Fashion Design, Universitas Kristen Maranatha berakhir dengan meriah pada 4 Desember 2020. Kegiatan ini menjadi acara unggulan mahasiswa Fashion Design untuk menunjukkan karya mereka secara profesional. Acara yang identik membutuhkan stage khusus dan penonton secara langsung, pada tahun ini berhasil terlaksana dengan nuansa berbeda. Perebakan pandemi Covid-19 yang sangat cepat telah menuntut daya kreativitas para mahasiswa untuk memutar konsep peragaan busana secara virtual.

Berkat kerja sama dari berbagai pihak, seperti tim produksi (videografer, koreografer, music director, art director), tim multimedia (editing), serta pihak sponsor, rangkaian acara ini berlangsung luar biasa sukses. Dalam proses persiapannya, EVOLUSIA X 2020 melibatkan mahasiswa dari program studi lain, seperti Desain Komunikasi Visual, Desain Interior, dan program studi lainnya dalam Fakultas Seni Rupa dan Desain. Dengan keterlibatan berbagai pihak tersebut, maka dibutuhkan manajemen yang baik, dalam hal ini tim dosen Program Diploma Seni Rupa dan Desain didukung penuh oleh Fakultas dan Universitas untuk dapat menyelanggarakan acara tersebut secara optimal.

Tahun ini EVOLUSIA hadir dengan nama EVOLUSIA X “Resilience”, yang terangkum dalam tiga rangkaian kegiatan, yaitu webinar, workshop make up, dan fashion show. Dipandu oleh Ricky Abraham selaku pembawa acara, telah terlaksana juga Press Conference Evolusia X “Risilience” 2020 pada satu jam sebelum peragaan busana.

Acara puncak rangkaian kegiatan EVOLUSIA X 2020 menampilkan koleksi dari 25 mahasiswi lulusan tahun ajaran 2018/2019 dan 2019/2020. Sebagian besar karya dibuat selama berlangsungnya proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) sehingga semua arahan dalam perkuliahan hanya dapat dilakukan secara daring. Namun, jarak tidak membatasi para desainer dalam berkarya. EVOLUSIA X 2020 juga telah menampilkan koleksi karya 12 mahasiswa Keimyung University, Korea, sebagai universitas mitra Maranatha.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Prof. Ir. Sri Widiyantoro, M.Sc., Ph.D., IPU selaku Rektor Universitas Kristen Maranatha, Irena Vanessa Gunawan, S.T., M.Com. selaku Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain, dan Yosepin Sri Ningsih, S.Ds., M.Ds. selaku Ketua Program Diploma III Seni Rupa dan Desain. Tak lupa juga pada dua maskot Evolusia, yakni Evo dan Lusi, yang telah menemani dari awal sampai akhir acara.

Hafizhotun Nisa,

Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment