WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Event KOMPeK 23: Kompetisi Ekonomi dari BEM FEB UI

Walaupun pandemi COVID19 membatasi ruang gerak kita, KOMPeK selalu berusaha hadir dalam rangka mewujudkan generasi muda yang unggul dan berkualitas melalui kompetisi kompetisi ekonomi se-Indonesia yang mengasah kemampuan secara akademis dan kompetisi kompetitif di bidang ekonomi, dengan tema Redefine: Redefining indonesia’s Crucial Sectors To Excel This Unprecedented Era.  “Diharapkan event ini mampu memantik semangat para calon ekonomi bangsa untuk senantiasa siap tanggap dalam mempertahankan sektor krusial indonesia pada era yang tidak pernah kita bayangkan dan kita tunggu sebelumnya,” ucap Muhammad Akbar Putra selaku project officer KOMPeK 23. KOMPeK dilaksanakan mulai 7 Februari 2021 sampai 11 Februari 2021. 

Event ini menjadi KOMPek 23 pertama yang dilakukan secara daring, dan ini merupakan program unggulan dari BEM FEB UI yang dinaungi oleh Departemen Keilmuan.

Rangkaian Acara KOMPeK 23:

Senin 8 Februari 2021.
Kompetisi ekonomi ke 23 atau KOMPeK berusaha untuk selalu hadir dalam rangka mewujudkan generasi muda yang unggul dan berkualitas melalui pelaksanaan 4 cabang kompetisi ekonomi tingkat nasional yaitu Economic quiz, Economic debate competition, economic research paper dan business challenge yang mengasah kemampuan secara akademis. Acara ini dimulai dengan talkshow dengan narasumber:
Bapak Bahlil Lahadalia  – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia.
Bapak Faisal Basri Batubara – Ekonom Indonesia.
Bapak Riskiana Putra – Direktur Kesehatan Kerja Dan Olahraga Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Bapak Hamam Riza – Kepala Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi
Bapak Adi Lukman – Ketua Gabungan Pengusaha Makanan Dan Minuman Indonesia
Ibu Irfani – Kepala PKM Feb Ui
Bapak Yusuf King –  Ketua  BEM Feb UI tahun 2019

 

 

 

 

 

 

 

Selasa, 9 Februari 2021
Pada hari ini moderator mengizinkan pesertanya untuk berkonsultasi bisnis lomba yang diusulkan oleh peserta lomba.  Kemudian sesi berikut nya itu berargumentasi dari peserta yang dibagi menjadi beberapa tim. Sesi selanjutnya ialah babak accounting cycle yang dimana moderator menjelaskan beberapa peraturan atau ketentuan teknisnya. Sesi berikutnya moderator menjelaskan ketentuan dan peraturan yang ada di Eco-Cross. Semua peserta mengerjakan soalnya dengan bersama tim nya. Dan diakhiri oleh presentasi fakultas Universitas Indonesia dan penyerahan sertifikat.

 

 

 

 

 

 

 

Rabu, 10 Februari 2021
Persiapan device dan absen lomba dilakukan pada tanggal 10 Februari 2021. Panitia menjelaskan kembali rules pada lomba/games tersebut dan dari pihak panitia telah mengkonfirmasi bahwa sistem penilaiannya dilakukan secara manual. Lalu setelah melakukan games, lomba dilanjutkan dengan presentasi “Business Ideas Presentation” Business Challenge KOMPeK 23 dari tim panitia dan menginformasikan mekanisme presentasi untuk para peserta/kelompok. Lalu diakhiri dengan Break Out Chambers yaitu pengumuman yang lolos dan tidak lolos dari setiap lomba.

 

 

 

 

 

 

 

 

Kamis, 11 Februari 2021 Grand Final
Economic Quiz dibagi menjadi beberapa room, yaitu room A, B, dan C. Di dalam room juga terdapat beberapa babak, seperti babak awal, babak dua, dan babak tiga. Babak tersebut akan menentukan peserta yang akan lolos ke babak semifinal Economic Quiz KOMPeK 23. Setelah panitia melakukan penilaian maka masuklah ke  babak semifinal, para peserta diarahkan ke breakout room untuk mendapatkan penjelasan tentang aturan-aturan di semifinal. Di semi final dibuka dengan babak ‘Soal Wajib’ yang berjumlah lima soal untuk masing-masing tim. Tim dibentuk secara acak dan dibagi menjadi tiga tim yaitu tim A, B, dan tim C.

Setelah melewati semifinal, sampailah kita di babak semifinal yang dimana peserta yang lolos ke babak grand final diumumkan pada hari itu juga, dengan total tiga peserta yaitu:
SMAK 8 Penabur
-SMAN 1 Maos
-SMA Kristen Petra 1.


 

 

 

 

 

 

Grand Final dibuka dengan lagu KOMPeK 23, lalu dilanjutkan oleh panitia dan ucapan selamat untuk tiga sekolah yang berhasil lolos ke  babak grand final. Grand final dibuka dengan babak yang bernama ‘Soal Wajib’ yang berjumlah lima soal untuk masing-masing sekolah. Lalu dilanjut dengan babak ‘Battle of Champions’, di dalam babak ini terdapat 25 kotak yang masing-masing berisi topik. Selain itu kotak-kotak tertentu memiliki kekuatan seperti Bonus Shot, Rule the Enemy, dan Critical Strike. Disambung dengan babak ‘Soal Rebutan’ yang berjumlah 15 soal. Dan sampailah kepada babak terakhir Grand Final Economic Quiz KOMPeK 23 yang bernama ‘High Risk High Return’, untuk mendapatkan poin di babak ini yaitu dengan cara menulis di kertas lalu menunjukkannya di depan kamera. Sebelum menjawab, peserta harus membuat bet pada poin. Untuk mendapatkan poin yang telah di-bet, peserta harus menjawab soal dengan benar.

 

Sampailah kita di ujung pengacara dengan ditentukannya juara dari masing masing lomba dan setelah itu disambung dengan penyerahan sertifikat kepada Pak Abdhul Ghany Kusumah dan Andreas Alfonsus Saragih selaku juri. Selamat atas acaranya!

Leave A Comment