Majalah Sunday

Do & Don’t: Menjaga Kesehatan Alat Reproduksi

trik menjaga kesehatan organ reproduksi baik wanita maupun pria
Hai Sunners! Tahukah kalian bahwa menjaga kesehatan alat reproduksi merupakan salah satu hal yang penting bagi pria maupun wanita loh. Oleh karena itu, sangat penting bagi kalian untuk merawat alat reproduksi kalian agar tetap sehat. Namun sayangnya, beberapa orang masih belum tepat dalam menjaga kesehatan alat reproduksi mereka, tanpa disadari perawatan yang tidak tepat justru dapat menimbulkan permasalahan yang lebih serius.

Bagaimana Cara Merawat Alat Reproduksi dengan Benar?

Do :

 1. Membersihkan alat reproduksi dengan tepat

Bagi Sunners yang berjenis kelamin wanita, kalian dianjurkan untuk membersihkannya setelah buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB) dari arah depan ke belakang agar bakteri dari bagian belakang (anus) tidak terbawa masuk ke dalam alat reproduksi kalian.

Untuk Sunners yang berjenis kelamin pria, disarankan untuk melakukan sunat, selain karena anjuran pada agama Islam ternyata sunat juga memiliki manfaat kesehatan yaitu agar terhindar dari pertumbuhan bakteri. Namun bagi kalian yang belum melakukan sunat, kalian harus memperhatikan kebersihan alat reproduksi kalian khususnya pada bagian kulup agar tetap bersih dan mencegah pertumbuhan bakteri.

2. Gunakan alat kontrasepsi saat berhubungan seks

Menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom saat berhubungan seks dapat mengurangi resiko Sunners terkena penyakit menular seksual seperti infeksi gonore, klamidia dan HIV/AIDS. Namun perlu diingat bahwa walaupun menggunakan kondom bukan berarti dapat melindungi 100% dari penyakit tersebut.

3. Menggunakan celana dalam berbahan menyerap keringat.

Pada poin ketiga ini, Sunners diharapkan untuk memilih celana dalam yang dapat menyerap keringat agar alat reproduksi kalian tetap kering dan terhindar dari infeksi jamur. Salah satu bahan yang direkomendasikan adalah bahan katun, selain menyerap keringat, bahan katun juga aman untuk Sunners yang memiliki kulit sensitif sehingga terhindar dari iritasi.

4. Menggunakan handuk yang kering dan tidak berbau

Setelah membersihkan alat reproduksi sehabis buang air kecil (BAK) maupun buang air besar (BAB), Kalian dapat mengeringkannya dengan handuk kering serta tidak berbau. Jangan lupa untuk lap dengan lembut agar tidak membuat gesekan yang dapat melukai alat reproduksi kalian.

5. Mengganti pakaian dalam

Kalian dianjurkan untuk mengganti pakaian dalam minimal dua kali dalam sehari atau setiap kali mandi agar terhindar dari bakteri yang disebabkan dari keringat yang membuat pakaian dalam menjadi lembab, pakaian dalam yang lembab dapat menyebabkan infeksi jamur.

6. Bila haid, disarankan mengganti pembalut setiap 4 jam

Bagi wanita yang sedang haid, disarankan untuk mengganti pembalut setiap 4 jam sekali agar tidak terjadinya “kebocoran”. Mengganti pembalut dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat menyerang saluran kemih. Namun hal ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan kalian ya.

Don’t :

 1. Menggunakan sabun pembersih kewanitaan secara berlebihan

Hindari penggunaan pembersih kewanitaan seperti sabun secara berlebihan. Hal itu dapat membuat alat reproduksi infeksi, penggunaan pembersih yang berlebihan juga dapat membunuh bakteri baik  yang dapat berfungsi untuk menjaga kadar keasaman dan mencegah masuknya bakteri lain.

2. Mencukur rambut kemaluan sampai habis

Hindari mencukur rambut kemaluan sampai habis. Mencukur rambut kemaluan sampai habis dapat membuat bakteri masuk lebih mudah sehingga meningkatkan resiko terkena penyakit menular seksual karena rambut kemaluan memiliki fungsi untuk melindungi kulit.

3. Menggunakan celana dalam yang ketat

Hindari menggunakan celana dalam yang ketat. Hal ini berlaku untuk  pria dan wanita karena penggunaan celana dalam yang ketat dapat mengganggu sirkulasi darah dan udara, meningkatkan pertumbuhan bakteri serta dapat mengganggu kesuburan pada pria.

Gimana sekarang sudah tahukan bagaimana cara merawatnya kalian dengan benar? Kalau sudah, kalian tim benar atau masih kurang tepat nih Sunners? Yuk share artikel ini ke orang-orang terdekat Sunners agar sama-sama dapat menjaga kesehatan alat reproduksi dengan tepat.

Penulis : Nita Margaretta, Universitas Bunda Mulia

Leave A Comment

Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?