Majalah Sunday

Dikhianati Sahabat? Inilah tips menghadapinya!​

Penulis: Floristika Apraluya Flagracia- Universitas Kristen Indonesia 

 

Dikhianati oleh sahabat memang sangat menyakitkan. Banyak faktor yang menyebabkan sahabat berkhianat. Pertemanan yang  toxic merupakan salah satu faktor yang mendorong teman untuk berkhianat. Adanya hubungan pertemanan yang membuat salah seorang pihak merasa tidak didukung, selalu disalahkan, diremehkan atau bahkan diserang, dan segala macam hal buruk lainnya. Rasa sakit karena dikhianati teman harus dievakuasi dan jangan dipendam. Pasalnya, memendam emosi tersebut hanya akan memperburuk keadaan.

Dikhianati sahabat

Teks terkait gambar, pict by canva.com

Cara Mengatasi Sakit Hati karena Dikhianati

• Berikan teguran

Segala bentuk pengkhianatan tentu merupakan hal yang sangat dihindari bagi siapa pun. Hal ini karena memang rasanya tidak enak apabila sampai dikhianati oleh sahabat sendiri. Masalah seperti ini akan semakin serius apabila pengkhianatan mencangkup hal-hal yang terkesan serius dan sangat penting. Itulah mengapa sunners perlu memberikan teguran keras jika memang pengkhianatan yang dilakukan oleh sahabatmu sudah dirasa keterlaluan. Hal ini bukan hanya dilihat sebagai bentuk peringatan, melainkan sebagai bentuk pelajaran agar tidak sampai terulang di lain waktu.

• Jangan memaksakan pengakuan

Memaksa pelaku untuk mengaku hanya membuang-buang waktu. Ingatlah bahwa pencuri tidak akan mengaku jika tidak ada bukti. Jadi jika  ingin memaksakan pengakuan dari  pelaku, usahakan mencari bukti  kuat untuk mendesaknya kembali. Jika mempunyai bukti yang kuat,  tegur dan tanyakan alasan pelaku melakukan hal tersebut.

• Kelola Stres

Hal ini jelas membuat stres, sedih dan marah. Meski rasanya sulit mengendalikan amarah dan kesedihan, cobalah melakukan hal-hal yang bisa menenangkan. Misalnya saja  dengan mencari kesibukan yang lain dengan memasak, mendengarkan lagu, bermain dengan hewan peliharaan, atau  sekadar menonton film.

• Menjalin relasi yang lebih luas dengan orang lain

Perlu dipahami bahwa dalam berteman jangan hanya berpaku satu orang saja. Manusia semestinya memiliki hubungan relasi yang luas dengan sesamanya, sehingga memperoleh banyak kenalan dan bantuan apabila dilanda masalah. Sama hal nya untuk persoalan seperti ini yang mungkin bisa dialami oleh siapa pun. Ketika kamu merasa dikhianati oleh sahabat sendiri, maka tentu kamu membutuhkan orang lain untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut. Tidak mengherankan apabila memang setiap orang perlu menjalin relasi yang lebih luas dengan orang lain, sehingga akan ada yang membantu ketika dilanda masalah.

• Jangan menyimpan rasa dendam dan jadikan sebagai pelajaran

Siapa pun akan  marah jika sahabatnya sendiri mengkhianatinya. Namun, hidup dengan perasaan seperti itu  tentu tidak  menyelesaikan masalah. Sunners  tetap harus berpikir  bijak dan jernih saat menyelesaikannya. Buanglah kekesalan dan jangan  marah dalam situasi seperti itu. Bahkan, hal tersebut bisa dijadikan sebagai pembelajaran agar hal serupa tidak menimpa sunners di kemudian hari. Masalah pengkhianatan yang seperti di atas memang menjadi salah satu hal yang dihindari oleh banyak orang. Meski demikian, tidak sedikit contoh pengkhianatan yang dapat terjadi dengan sahabatnya sendiri. Semoga kamu tidak sampai mengalami hal seperti itu, ya.

Dikhianati sahabat

Teks terkait gambar, pict by canva.com

Itulah beberapa tips mengatasi rasa sedih ketika dikhianati teman atau sahabat. Ingat, apa yang sudah terjadi mungkin tidak bisa diulang lagi. Tapi ada cara lain untuk memperbaikinya di masa depan. Lebih bijaklah mengunggah apa pun di media sosial. Tidak ada satu rahasia apa pun yang aman di sana, termasuk dari sahabat. Perhatikan juga kualitas pertemanan sunners, dan lebih selektiflah. Tinggalkan toxic friendship dengan segera agar kejadian ini tidak terulang lagi.

Sunners, kamu juga bisa dengerin pengalaman seru dari Trio Sun-Sun tentang toxic friendship hanya di spotify majalah sunday, lho. Tertarik? Dengerin sekarang disini ya

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Hati-hati, kisah yang kamu baca mungkin benar, berwaspadalah! Dapatkan cerita misteri lainnya dari Majalah Sunday.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 146
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?