Majalah Sunday

Di saat Kalian Merasa Tidak Mempunyai Kemampuan Apa-Apa

Editor: Fidya Damayanti – Universitas Negeri Jakarta

Hi Sunners! Melihat orang lain memiliki kemampuan dan keterampilan yang hebat pasti membuat kalian insecure atau tidak percaya dengan diri sendiri. Kalian termenung dan galau sampai merasa kalau dunia kalian hancur. Ets! Jangan merasa seperti itu dulu ya, Sunners! Mungkin kalian belum tau kelebihan diri kalian itu di mana karena belum mengenalnya. Coba deh baca artikel ini dulu!

Tidak Punya Kemampuan, Haruskah Menyerah?

Hidup tanpa bakat memungkinkan kalian menjalani kehidupan yang hampa. Semua yang kalian lakukan terpaksa, mungkin sedikit sulit, meski hasil akhirnya bagus. Oleh karena itu, kalian selalu iri karena teman kalian memiliki bakat tertentu. Di mata kalian, mereka sangat beruntung karena mereka bisa memutuskan langkah ini dari awal. Kalau sudah punya bakat, gampang, poles saja, dan hasilnya bakal spektakuler.

Mereka yang merasa tidak memiliki bakat kemudian akan merasa bahwa hidup mereka kurang terarah. Kalian biasanya ingin tahu “apa yang harus saya lakukan”? Karena di mata kalian, semua yang kalian lakukan tidak sempurna. Ketika kalian ingin mencoba sesuatu, biasanya kalian mundur selangkah karena menurut kalian pesaing kalian lebih bertalenta. Jangan seperti itu, ketika kalian merasa tidak berbakat, kalian mungkin bingung karena telah melupakan beberapa hal tersebut.

  1. Cara kalian mengenal diri sendiri mungkin mengacu pada orang lain, sehingga kalian terpacu pada kesuksesan orang lain padahal kemampuan tiap orang itu berbeda-beda loh, Sunners!
  2. Mungkin Sunners tipe serba bisa, tetapi kalian kurang mengasahnya. Coba belajar untuk fokus mempelajari keterampilan kalian dan perdalam ilmunya dengan praktik. Jangan lupa untuk terus mencoba dan mencoba!
  3. Bakat bukan satu-satunya kesuksesan. Percuma kalau kalian memiliki bakat tapi tidak punya prinsip berikut: Ambisi, Semangat, dan Tekat.
  4. Merasa tidak mempunyai kemampuan, mungkin kalian bisa menjadikan itu dorongan agar belajar lebih keras lagi. Jadi, jangan terus menerus insecure dan menjauhi dunia ya! Kalian harus bergerak mengejar impian kalian dengan memahami diri sendiri.
kemampuan

Belajar Mengenal Bakat Diri Sendiri, pict by canva.com

Nah, itu dia Sunners cara agar kita tidak merasa kurang percaya diri karena talenta orang lain. Manusia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tapi yang membedakannya adalah apakah kita cuek dan malas atau berjuang mengasahnya? Yuk belajar memahami diri sendiri!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 1,639
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?