WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Dampak serta cara mengatasi Trust Issue

Hello Sunners!!

Istilah trust issue bagi kita kayaknya udah gak asing di telinga, deh. Kita bahkan sering membacanya di sosial media dan portal bacaan daring lainnya. Tetapi, bagi kamu yang belum tahu apa itu trust issue, akan kami jelaskan secara singkat mengenai trust issue, ya!

Trust issue atau yang dalam bahasa Indonesianya masalah kepercayaan ialah suatu bentuk kesulitan kita untuk percaya pada seseorang. Biasanya hal tersebut terjadi karena adanya trauma masa lalu penderitanya. Misal, pernah diselingkuhi pacar, dibohongi teman, korban manipulasi orang terdekat, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, bahkan trust issue pertama kali terjadi di masa kanak-kanak. Seperti dilansir dari kumparan.com, bahwa anak-anak bisa memiliki masalah kepercayaan jika mereka pernah dibohongi dan diragukan oleh orang dewasa di sekitarnya. Selain itu, kurangnya perhatian serta kasih sayang yang diberikan pun dapat memicu seorang anak memiliki trust issue, loh.

Cakupan masalah kepercayaan ini tidak hanya terjadi pada suatu hubungan percintaan saja, nih ternyata Sunners. Tetapi juga bisa terjadi di pertemanan, keluarga, bahkan sampai hubungan formal di dunia sekolah atau pekerjaan. Misalnya antara murid dengan guru, mahasiswa dengan dosen, atau karyawan dengan atasan mereka.

Dampak dari trust issue tidak main-main, loh. Bisa mengganggu kehidupan kamu dan orang sekitar yang menyebabkan hubungan bisa saja renggang bahkan retak. Ada beberapa dampak lain dari trust issue yang akan kita rangkum untuk kamu ketahui. Berikut dampaknya: 

 

  1. Mudah Overthinking

    Saat kamu tidak mudah mempercayai orang lain, kamu akan overthinking pada mereka. Berpikir terus-menerus tentang seseorang, apakah orang tersebut dapat kamu percayai atau tidak. Overthinking pada tindakan kamu terhadap mereka ataupun sebaliknya, perasaanmu, dan keresahanmu yang bersangkutan dengan orang sekitar. Jika diteruskan malah membuat kamu stress bahkan depresi! Bahaya banget kan?

    2. Hubungan antar Sesama jadi Renggang

    Kalau kamu enggak mudah percaya sama orang di sekitarmu, mereka jadi merasa tidak dihargai dan berakhir hubungan kalian merenggang. Sebab, suatu hubungan dapat terjalin didasari atas kepercayaan dan komunikasi. Sehingga, jika tidak ada kepercayaan satu sama lain, suatu hubungan dapat renggang. Semakin lama satu persatu orang-orang di sekitarmu akan perlahan pergi.
  1. Merasa Sendiri dan Kesepian

    Memang benar kamu dikelilingi banyak orang, tapi nyatanya kamu masih merasa sendiri dan kesepian. Itu disebabkan kamu yang tidak terbuka pada orang sekitar, kamu takut kalau bercerita masalahmu pada mereka dan berakhir memendam semuanya sendiri. Semua beban kamu tanggung tanpa meminta bantuan orang lain, lama kelamaan kamu akan berpikir kalau kamu sendirian dan gak ada seorang pun yang bisa bantu kamu.

Setelah Sunner tahu dampak dari trust issue yang buruk dan tidak bisa dianggap remeh, ada baiknya Sunner segera mengatasi hal tersebut sebelum terlambat dan makin parah! Berikut beberapa cara mengatasi trust issue yang telah kami rangkum khusus untuk Sunners!

 

  1. Meminta Bantuan pada Ahli.

 

Meminta bantuan pada psikolog atau psikiater merupakan hal yang paling penting untuk kamu lakukan. Mereka lebih berpengalaman dan lebih mengerti selain dirimu tentang apa yang kamu rasakan, keresahanmu, dan kekhawatiranmu, loh. Selain mendapat penanganan yang tepat, kamu juga terhindar dari self diagnosed yang berakibat makin memperburuk keadaanmu. 

 

  1. Mulai Tegas akan Batasan Diri.

 

Kamu harus tegas akan batasan-batasan yang dapat kamu ceritakan pada orang lain. Tidak semua hal harus kamu ceritakan, Kok. Boundaries itu juga penting agar kamu tidak selalu was-was cerita kamu disebarkan oleh orang sekitarmu. Sekiranya kamu dapat menceritakan beberapa kekhawatiranmu, keresahanmu pada teman ataupun pasangan agar mereka juga paham dirimu, begitu juga sebaliknya. Mereka setidaknya memberitahu kamu beberapa hal kepadamu agar kamu mengerti dan memahami mereka. 

 

  1. Mencoba Berdamai dengan Diri Sendiri

 

Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa trust issue dapat terjadi akibat trauma masa lalu, menjadikan kamu sulit percaya dengan orang lain. Maka dari itu, coba perlahan berdamai dengan trauma tersebut. Dimulai dengan mencintai diri sendiri, bahkan hal terkecil sekalipun pada dirimu saat ini. Hal yang perlu Sunner ingat ialah kalian berharga, kalian indah, dan kalian ada untuk dicintai dan mencintai. Konsultasikan permasalahanmu dengan ahli, minta pendapatnya dan orang sekitar.

Nah, sekarang Sunner udah tahu kan dampak dari trust issue, maka dari itu, jika kamu mempunyai trust issue ada baiknya minta pertolongan pada yang ahli. Jangan ragu dan sungkan, ya! Sebab itu semua untuk kebaikan kamu juga, Sunners!!

Ingat! Untuk tetap semangat serta cintai diri sendiri dan sekitar.

 

Penulis: Siti Nurhikmatullaela

 

Leave A Comment