Majalah Sunday

Daily Dose of Sunshine: Saat Perawat Jadi Pasien

Penulis: Afindi Ranika Dewi – UNJ

Sunners, kamu pernah nggak sih penasaran gimana isi bangsal psikiatri dan cara perawat serta dokter-dokter spesialis kejiwaan menangani pasiennya? Gimana sih perasaan yang dialami orang dengan gangguan mental? Apa benar pasiennya nggak terkendali? Apa mental perawat dan dokternya sendiri bisa aman setiap menghadapi pasien dengan masalah kejiwaan yang berbeda-beda? Nah, semua itu bisa kamu temuin jawabannya di serial baru Netflix, Daily Dose of Sunshine!

Warning! Artikel ini kemungkinan besar akan memuat beberapa spoiler. Kalau kamu lanjut baca, berarti kamu setuju sama risikonya ya!

Kenalan dulu sama Daily Dose of Sunshine!

Daily Dose of Sunshine: Saat Perawat Jadi Pasien

Poster Daily Dose of Sunshine, pict by asianwiki.com

Serial baru andalan Netflix, nih! Rilis tanggal 3 November lalu, drama Korea berjumlah 12 episode ini sempat menduduki peringkat keempat di chart TV teratas non-Inggris dan masuk dalam daftar 10 besar di 28 negara, menurut Netflix. Keren abis!

Disutradarai oleh Lee Jae-Kyu yang juga menyutradarai All of Us Are Dead (2022), drama ini menjadi tanda comeback-nya Park Bo-Young setelah dua tahun, lho! Selain Park Bo-Young, Daily Dose of Sunshine juga dibintangi oleh banyak aktor dan aktris yang dijamin aktingnya nggak kaleng-kaleng, seperti Yeon Woo-Jin, Jang Dong-Yoon, Lee Jung-Eun, dan masih banyak lagi.

Wih, penasaran! Ceritanya tentang apa, ya?

Daily Dose of Sunshine: Saat Perawat Jadi Pasien

Perawat bangsal psikiatri nih, senggol dong! pict by imdb.com

Diangkat dari webcomic berjudul Jungshinbyungdongedo Achimeun Wayo (judul literal: Morning Comes to Psychiatric Wards Too) karya Lee Ra-Ha, Daily Dose of Sunshine mengangkat tema mental health dengan menceritakan kehidupan perawat bangsal psikiatri. Jung Da-Eun (Park Bo-Young) adalah seorang perawat berdedikasi yang baru pindah ke poli kejiwaan. Di sana, ia harus beradaptasi lagi dari awal karena lingkungan kerja dan pasiennya benar-benar memerlukan perhatian yang berbeda.

Setiap episode punya bahasan khusus gangguan mental tertentu. Ada pasien dengan gangguan bipolar, social phobia, gangguan kecemasan, serangan panik, delusi, gangguan stres pascatrauma, depresi, dan masih banyak lagi. Dengan masalah mental yang berbeda-beda dan latar belakang pasien yang beragam pula, drama ini nggak akan bikin kamu bosen sama sekali.

Kalau kamu berpikir Daily Dose of Sunshine jalannya bakal berat dan butuh banyak mikir, kamu setengah salah dan setengah benar. Karena di episode-episode awal, masih banyak komedi yang jadi bumbu seru di tengah beratnya menghadapi pasien-pasien dengan gangguan mentalnya. Ada juga tambahan love-line dari ketiga karakter utama, Jung Da-Eun (Park Bo-Young), Dong Go-Yun (Yeon Woo-Jin), dan Song Yu-Chan (Jang Dong-Yoon). Walaupun romance-nya diselipin tipis-tipis, gumushnya tetep ada banget dan pasti bikin kamu galau mau naik kapal yang mana.

Tapi nggak salah juga kalau drama ini dibilang berat, karena...

Daily Dose of Sunshine: Saat Perawat Jadi Pasien

Jung Da-Eun dan salah satu pasiennya, pict by imdb.com

Penggambaran gangguan mentalnya detail, banget! Drama ini ngasih banyak ilustrasi ke kita tentang apa yang dirasakan oleh penderita bipolar, social phobia, hingga gangguan kecemasan setiap mereka ke-trigger dan lagi kambuh. Tapi bukan berarti kondisi itu berlaku setiap saat, karena ada juga masa-masa di mana mereka tenang dan bisa diajak berkomunikasi.

Bagian paling beratnya justru ada di pertengahan episode, di mana Jung Da-Eun terkena ‘efek samping’ dari menjadi perawat kejiwaan. Ia menderita depresi yang luar biasa parah sampai harus dirawat di bangsal psikiatri juga. Dari perawat jadi pasien, kamu bakal ngelihat hari-hari Da-Eun yang berubah drastis.

Detailnya penggambaran gangguan mental ini jadi letak kekuatan Daily Dose of Sunshine. Kamu bisa dengan jelas melihat dan ikut merasakan gimana gangguan mental benar-benar memengaruhi keseharian hingga sifat seseorang, nggak peduli siapa kamu, sesempurna apa pun hidupmu. Semua orang punya potensi yang sama untuk terkena gangguan mental. Tapi, sama seperti besar potensi terkenanya, semua orang juga punya peluang untuk sembuh, selama kamu berani mencari penanganan yang tepat.

Seru kan, drama Korea yang satu ini? Kalau kamu tertarik buat nonton Daily Dose of Sunshine, lebih bagus pastiin keadaan mentalmu lagi baik-baik aja ya. Karena kalau nggak, kamu bakal jauh lebih gampang ke-trigger dengan kasus gangguan mental di dalamnya. Selamat nonton, Sunners!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 130
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?