WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Coba Puasa Medsos, yuk!

Halo, Sunners! Kita pasti punya akun media sosial setidaknya satu, atau bahkan bisa lebih dari satu? Sekarang, coba cek berapa screen time ponsel kamu hari ini? Screen time adalah jumlah waktu yang kamu habiskan dalam menggunakan perangkat seperti ponsel, komputer, dan perangkat lainnya. Kamu bisa cek screen time di pengaturan ponsel kamu. Semakin besarnya jumlah screentime ponsel kita akan semakin memperburuk kondisi kesehatan kita, loh. 

Media sosial sudah menjadi bagian dari hidup kita di era digital ini. Apalagi disaat pandemi, kita menggunakan gawai lebih banyak dari biasanya. Sampai tidak sadar dengan screen time ponsel kita yang sudah gak karuan, bahkan sampai menyerang kesehatan mental.

Kalau kamu mulai merasa jenuh, stress, takut, dan cemas karena media sosial, jangan khawatir, Sunners. Kamu bisa melakukan Social Media Detox untuk memperbaiki kesehatan mental kamu.

 

Social Media Detox itu apa, sih?

 

Social media detox atau istirahat dari media sosial adalah situasi dimana kamu mengurangi atau tidak menggunakan media sosialmu sama sekali. Tujuannya adalah agar kamu merasa lebih sehat, rileks, dan lebih produktif. Ketika kita terpapar media sosial dengan berlebihan, kita bisa saja untuk rebahan seharian cuma untuk menggulir beranda media sosial kita. Akhirnya, kita sering merasa takut ketinggalan zaman atau FOMO (Fear of Missing Out), kemudian kita mulai menunda pekerjaan kita untuk mengikuti berita terbaru. Menunda pekerjaan tentu menimbulkan efek merasa malas, yang paling buruknya lagi dari media sosial adalah membandingkan diri dengan orang lain.

Nah, oleh karena itu, perlunya untuk melakukan social media detox diharapkan dapat mencegah kamu dari efek-efek negatif tersebut.

 

Cara mulainya gimana, ya?

 

Pertama-tama, yang harus Sunners lakukan adalah niat! Kalau niatmu sudah terbentuk, kamu bisa mulai mencopot pemasangan semua aplikasi media sosial kamu dari ponsel. Utamakan untuk mencopot aplikasi yang sering kamu gunakan ya, Sunners. Misalnya Instagram, Twitter, TikTok, atau Youtube.

 

“Yah, kalau gitu bisa gabut seharian, dong!”

 

Tunggu dulu, Sunners. Kamu gak perlu takut buat merasa gabut sepanjang hari karena sudah tidak punya media sosial di ponsel kamu. Alih-alih merasa gabut, coba kamu ganti dengan aktivitas lain. Yang biasanya bangun tidur kamu cek ponsel, ganti dengan aktivitas yang berbeda seperti peregangan di pagi hari, atau olahraga ringan.

 

Kamu biasa menulis status di media sosial? Saat detoks inilah kamu mulai menulis “status” kamu di atas kertas. Setiap hari, kamu bisa menulis jurnal harian tentang kegiatan kamu dan perasaan yang kamu rasakan selama satu hari. Tenang, gak makan banyak waktu, kok. Cukup 15 sampai 30 menit aja.

 

Masih banyak kegiatan lainnya yang bisa kamu lakukan. Misalnya menonton acara kesukaan kamu, menekuni hobi kamu, bermain dengan hewan peliharaan, atau belajar memasak. Gimana, Sunners? Seru, kan? Yuk, coba puasa medsos!

 

Penulis: Melania Seventina, Universitas Kristen Indonesia

Leave A Comment