Majalah Sunday

Cerita Urban Legend
Yang Belum Banyak Orang Ketahui

Penulis: Jemima Chloe – SMK Santa Maria

Cerita urban legend itu cerita yang tersebar luas di masyarakat dan seringkali dianggap sebagai kisah nyata, meskipun sebenarnya tidak dapat dibuktikan kebenarannya. Cerita-cerita ini sering kali berkembang dan mengalami variasi dalam retelling-nya. Urban legend dapat berkisar dari cerita horor, misteri, hingga kejadian aneh atau supernatural.

Yang kalian sering dengar cerita urban legend itu pasti:

  • Kuchisake-onna
  • Kokkuri-san
  • Suster Ngesot
  • Wewe Gombel

Nah Mimin pengen kasih tau loh ternyata ada juga Cerita Urban Legend yang tidak kalah seram, pasti kalian belum tau tentang Urban Legend ini

Cerita Urban Legend Futakuchi-Onna, Jepang

Futakuchi Onna adalah salah satu makhluk legendaris atau yokai dalam mitologi Jepang. Secara harfiah, “Futakuchi Onna” dapat diterjemahkan sebagai “wanita dengan mulut di belakang kepalanya.”

Cerita tentang Futakuchi Onna bervariasi, tetapi umumnya melibatkan seorang suami yang memiliki istri yang tampaknya biasa-biasa saja, namun kemudian terungkap memiliki mulut di belakang kepalanya. Kadang-kadang, mulut ini muncul sebagai kutukan atau sebagai hasil dari perilaku buruk atau kejam terhadap wanita tersebut.

Futakuchi Onna sering diinterpretasikan sebagai kiasan dari ketidakpuasan dan ketidakadilan dalam hubungan perkawinan, atau sebagai bentuk hukuman atas perilaku buruk terhadap wanita. Legenda ini juga bisa mencerminkan ketakutan terhadap sisi gelap atau misterius dari diri seseorang yang mungkin tidak terlihat pada pandangan pertama.

Kamu suka cerita misteri dari berbagai negara? Berikut mimin mau share cerita urban legend yang belum banyak orang ketahui

Futakuchi-Onna, Jepang, pict by canva.com

Cerita Urban Legend La Llorona, Meksiko

La Llorona adalah urban legend yang sangat terkenal di berbagai budaya di Amerika Latin, termasuk di Meksiko. Cerita ini bercerita tentang seorang wanita yang menangis di malam hari sambil mencari anak-anaknya yang hilang. Legenda La Llorona memiliki berbagai versi, tetapi intinya hampir selalu sama.

La Llorona, atau “wanita menangis,” dikatakan menghantui sungai-sungai dan danau-danau di Meksiko pada malam hari. Orang-orang yang mendengar tangisannya dipercaya bahwa mereka akan mendapat sial atau bahwa La Llorona mencoba mencuri anak-anak mereka sebagai gantinya.

Kamu suka cerita misteri dari berbagai negara? Berikut mimin mau share cerita urban legend yang belum banyak orang ketahui

La Llorona, Meksiko

Cerita Urban Legend Gjenganger, Skandinavia

Gjenganger adalah istilah yang digunakan dalam mitologi dan folklor Skandinavia, khususnya dalam budaya Norwegia dan Swedia, untuk menggambarkan hantu atau roh orang mati yang kembali ke dunia orang hidup. Gjenganger memiliki banyak kesamaan dengan konsep hantu dalam berbagai budaya, namun ada elemen-elemen khusus yang mencirikan kepercayaan ini di wilayah Skandinavia.

Gjenganger umumnya dianggap sebagai roh yang tidak bisa beristirahat karena berbagai alasan tertentu. Mereka kembali ke dunia orang hidup dengan tujuan tertentu, seperti menyelesaikan urusan yang belum terselesaikan, membalas dendam, atau memperingatkan keluarga mereka tentang sesuatu.

Banyak cerita Gjenganger melibatkan kematian yang tragis atau kekerasan, seperti pembunuhan atau kecelakaan yang tidak adil. Kadang-kadang, Gjenganger muncul karena rasa penyesalan atau amarah yang tidak dapat dipenuhi selama hidup mereka.

Kamu suka cerita misteri dari berbagai negara? Berikut mimin mau share cerita urban legend yang belum banyak orang ketahui

Gjenganger, Skandinavia, pict by canva.com

*****

Gimana guys? Seru dan Menyeramkan bukan?? Tapi ingat ya, ini tergantu kepercayaan sendiri, mau percaya atau tidak tetap percaya sama Yang Maha Kuasa. Mimin ijin pamit yaa, adios~

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Hati-hati, kisah yang kamu baca mungkin benar, berwaspadalah! Dapatkan cerita misteri lainnya dari Majalah Sunday.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 173
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?