Majalah Sunday

Cara Merapikan Alis Nyambung Supaya Lebih Percaya Diri

Penulis: Pelangi Adelia Primadiani – Universitas Kristen Indonesia

Dalam dunia kecantikan, penampilan yang rapi dan terawat itu seringkali jadi prioritas, loh! Tapi ada nih, salah satu masalah yang dialami sama banyak orang dan sering bikin mereka jadi jengkel, yaitu unibrow atau “alis nyambung”. Gimana sih cara merapikannya?

Kalian punya alis nyambung yang bikin kalian gak pede dan gak nyaman? Yuk sini simak beberapa cara buat merapikannya!

Punya alis yang menyambung bikin kamu gak pede? Pict by canva.com

Mengenal Unibrow alias Alis Nyambung

Unibrow adalah pertumbuhan rambut yang menghubungkan alis seseorang di bagian atas hidung, sehingga seseorang itu terlihat seperti memiliki satu alis yang panjang, bukan dua alis yang biasanya terpisah. 

Biasanya, seseorang memiliki unibrow karena dipengaruhi oleh adanya faktor genetik, yang menentukan kecenderungan pertumbuhan rambut di antara alis, hormon seperti dihydrotestosterone (DHT) yang dapat merangsang pertumbuhan rambut yang lebih tebal di bagian tersebut, serta keturunan, di mana kecenderungan ini dapat diturunkan dari generasi ke generasi dalam keluarga.

Setiap orang memiliki bentuk unibrow yang berbeda-beda. Ada yang pertumbuhan rambutnya sedikit, ada yang mencolok. Ada yang suka banget dengan unibrow mereka, karena dianggap sebagai ciri khas mereka yang unik, tapi ada juga yang merasa tidak nyaman dan rasanya ingin sekali menghilangkan unibrow mereka agar tidak terlihat secara negatif oleh orang lain. Tapi jangan khawatir, karena ternyata ada banyak cara loh buat merapikan unibrow kalian!

Cara Merapikan Alis Nyambung

Merapikan unibrow itu bisa dilakukan dengan berbagai cara, tergantung dari preferensi dan kenyamanan seseorang.

Mencukur

Untuk mencukur unibrow, kamu bisa gunakan pisau cukur alis yang tajam. Tapi pastikan dulu ya, kalo pisau cukur yang kalian gunakan itu dalam kondisi yang bersih dan baik supaya hasilnya memuaskan. Sebelum dicukur, kalian bisa tentuin dulu bentuk alis yang kalian inginkan, lalu mulai mencukur mengikuti bentuk yang tadi sudah kalian tentukan. Usahakan gerakan pisau cukur tetap searah dengan pertumbuhan rambut kalian supaya tidak terkena iritasi. 

Waxing

Biasanya cara ini dilakukan oleh profesional di salon kecantikan, dimana mereka memakai lilin panas atau dingin dan mengoleskannya di bagian alis unibrow kalian. Setelah lilinnya mengeras, kemudian mereka akan menarik lilin itu dengan cepat. Meskipun prosesnya terasa sakit, tapi ada banyak orang yang lebih memilih cara ini, loh! Karena hasil dari cara ini bisa tahan lama, dan yang pasti mengurangi risiko rambut kasar tumbuh lagi.

Threading

Cara ini adalah salah satu teknik tradisional dari India, dimana mereka akan memelintir benang katun, lalu benang katun itu akan diletakkan dan digulung di atas bagian alis yang ingin kalian hilangkan. Benang katun itu nantinya akan mencabut rambut dari akar-akarnya, sehingga membuat alis kalian kelihatan bersih dan rapih.

Krim Penghilang Rambut

Krim penghilang rambut ini bisa digunakan dengan mudah di bagian alis yang ingin dirapikan tanpa kalian perlu merasakan sakit. Cukup dengan mengoleskan krim ini, lalu dibiarkan selama beberapa menit sesuai petunjuk, setelah itu menghapusnya dengan kain atau alat yang disediakan. 

Laser Penghilang Rambut

Cara ini merupakan cara yang canggih, dimana prosesnya menggunakan laser untuk menghancurkan folikel rambut secara permanen, sehingga rambut tidak akan tumbuh lagi. Tapi perlu diingat, untuk melakukannya bersama dengan profesional yang berpengalaman dalam penggunaan laser, supaya prosesnya berjalan dengan aman dan sesuai dengan kebutuhan kulit kalian masing-masing.

alis nyambung

Dari beberapa cara di atas, mana yang mau kalian coba? Pict by canva.com

Merapikan unibrow itu emang gampang, tapi bisa bikin perbedaan yang sangat besar buat penampilan kalian. Ada banyak cara buat merapikan unibrow, dari mencukur, waxing sampai memakai laser, itu semua tergantung dari selera kalian. Tapi jangan lupa buat melakukannya dengan hati-hati, ya! Oh iya, perlu diingat juga kalo kecantikan itu datang dari dalam diri kalian, loh. Jadi apapun yang kalian pilih, yang paling utama adalah nyaman sama diri kalian sendiri.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 378
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?