Majalah Sunday

Cara Menjadi Teman yang Baik
Saat Temanmu Sedang Bermasalah

Penulis: Siti Hutami Mahmudah, Universitas Negeri Jakarta

Pernah gak sih di situasi temanmu tiba-tiba dateng, nangis karena lagi punya masalah? Sebagai teman yang baik, tentu kita gak cuma ada di saat happy-happy doang, tapi juga di saat yang lagi sedih dan gak happy.

Emang susah kok jadi teman yang bisa hadir dan menolong di berbagai situasi, tapi kamu bisa membantu temanmu yang sedang bermasalah. Kita cek tipsnya berikut ini!

Emang susah lho jadi teman yang baik, tapi kamu bisa kok membantu temanmu yang sedang bermasalah. Cek artikel ini selengkapnya!

Bagaimana kamu menanggapi temanmu yang sedang bersedih? Pict by canva.com

Cara Menjadi Teman yang Baik #1: Jangan Memaksa Temanmu Untuk Bercerita

Nggak semua orang bisa membagikan masalahnya lho, Sunners! ada beberapa yang lebih memilih untuk memendamnya sendiri dan apapun alasannya kita harus bisa menghargai. Apabila teman kita adalah tipe yang seperti ini ada baiknya untuk tidak memaksanya bercerita tentang masalah mereka. Cukup temani mereka sampai merasa lebih baik karena yang terpenting adalah kehadiran kita.

Cara Menjadi Teman yang Baik #2: Ajak Berpergian

Ketika sedang dalam fase sulit, mungkin lingkungan luar bisa membantu mereka untuk melupakan masalahnya. Jika mereka menolak pun tidak apa-apa, mungkin teman kita sedang membutuhkan waktunya untuk sendiri. Tapi sebisa mungkin kalian tetap menawarkan untuk mengajak bermain ya, karena sebuah ajakan itu dapat memberi kesan bahwa kalian tidak pernah meninggalkan dan selalu mengingat mereka.

Cara Menjadi Teman yang Baik #3: Sampaikan ke Temanmu, Betapa Istimewanya Dia

Memang kata-kata bisa seperti angin lalu. Tapi di saat-saat sulit mungkin dapat sedikit menyadarkan teman kita bahwa mereka ini berharga dan bahwa ada seseorang yang bersyukur telah mengenal mereka. Di saat temanmu sedang sedih, sangat mungkin mereka merasa dirinya tidak berharga. Oleh sebab itu, ucapan yang menguatkan dan memotivasi sangat dibutuhkan di situasi ini.

Cara Menjadi Teman yang Baik #4: Tanyakan Dia, Apa yang Ingin Dia Lakukan

Selain mengunjungi lingkungan luar, sesuatu yang mungkin dapat membantu mereka melupakan masalahnya adalah melakukan apa yang sangat ingin dilakukan. Melakukan aktivitas yang ingin dilakukan juga mungkin dapat membantu mereka untuk membuka diri kepada kita, lho! Jika dia tidak menjawab ingin melakukan apa, ingatlah makanan apa yang dia suka, atau tempat yang bisa membuat dia meluapkan emosinya. Sangat mungkin mereka akan 

Cara Menjadi Teman yang Baik #5: Peluk Mereka

Bagi sebagian orang indonesia mungkin melakukan skinship bukanlah sesuatu yang biasa dilakukan. Tapi bila teman kita sedang dalam keadaan yang tidak baik-baik saja, kita harus bisa mengesampingkan ego kita dan memeluk mereka atau merangkul punggung mereka. Karena berdasarkan laman healthline.com, berpelukan dapat membantu menenangkan seseorang. Berikan sentuhan yang menenangkan dan empati sembari temanmu meluapkan cerita dan emosinya.

Emang susah lho jadi teman yang baik, tapi kamu bisa kok membantu temanmu yang sedang bermasalah. Cek artikel ini selengkapnya!

Yuk lakukan tips tadi, pict by canva.com

Sebagai pengingat, jangan pernah menyepelekan masalah teman kita ya, Sunners! karena nggak ada yang bisa lebih mengerti perasaan kita selain diri kita sendiri. Sedihnya kita, capeknya kita, marahnya kita, sampai senangnya kita, yang benar benar bisa merasakannya ya cuma diri kita sendiri, ‘kan?

Jadi yuk belajar untuk memvalidasi perasaan setiap orang terlebih lagi kepada teman kita. Semoga tips di atas dapat membantu kalian menghadapi teman yang sedang tidak baik-baik saja, ya!

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 2,329
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?