Majalah Sunday

Cara Menghadapi Kakak Kelas yang Suka Marah

Penulis: Shella Mapuji Rellang – UNJ
Editor: Afifah Putri Utami – UNJ

Lagi-lagi, Sunners kena marah kakak kelas karena alasan yang tidak Sunners lakukan. Sudah berusaha untuk menjelaskan, tapi si kakak kelas tidak mau mendengarkan. Duh, kalau sudah berada di situasi seperti ini, rasa-rasanya lebih baik menghilang saja dari muka bumi. Lantas, bagaimana cara menghadapi kakak kelas yang suka marah-marah seperti itu, ya?

Yup, kakak kelas yang super menyebalkan dan suka marah-marah memang buat kita jadi tidak nyaman berada di sekolah. Akibatnya, kita harus banyak kehilangan energi saat berada di situasi menyebalkan tersebut. Belum lagi kegiatan produktif di sekolah pun jadi terganggu. Tak jarang juga kita ikut terbawa emosi hingga sakit hati. Walau sangat ingin, kita tentu tak bisa menghilangkan orang-orang seperti ini dari kehidupan sehari-sehari.

Bagaimana Cara Menghadapi Kakak Kelas yang Suka Marah?

Jadi, jika Sunners bertemu dengan kakak kelas yang suka marah-marah, ya, diterima saja. Namun, jangan buru-buru frustrasi dan pasrah begitu saja, ya, Sunners. Justru Sunners harus menghadapinya dengan cara yang elegan. Sunners harus bersikap tenang agar si kakak kelas tidak semakin emosi dan malah merugikan diri Sunners sendiri.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara elegan menghadapi kakak kelas yang suka marah. Yuk, simak bareng!

1. Dengar Baik-Baik dan Biarkan Amarahnya Mengalir

Saat menghadapi kakak kelas yang sedang marah, Sunners jangan sekali-kali menyela perkataan si kakak kelas, ya. Apalagi ikut terpancing emosi dan membalas dengan marah juga. Wah, kalau itu sampai terjadi, bisa-bisa perang dunia ketiga akan terjadi di sekolahmu.

Kalau Sunners bingung harus melakukan apa, cobalah untuk mendengarkan baik-baik perkataan si kakak kelas. Bisa saja sumber dari kemarahan itu karena adanya salah paham atau Sunners yang kurang mendengarkan. Mendengar permasalahan dengan baik akan membuatmu lebih bisa mengontrol emosi dan pikiran, lho.

Jangan juga terburu-buru merasa kesal dengan si kakak kelas. Biarkan ia mengalirkan segala emosinya sampai selesai. Tahan diri untuk mendebat atau membela diri, jika emosinya sudah stabil dan Sunners sudah mengerti titik permasalahannya, maka Sunners bisa langsung mengutarakan pendapat Sunners kepada si kakak kelas. Pertanggungjawabkan pendapat Sunners itu, ya!

cara menghadapi kakak kelas dengan biarkan amarahnya keluar

Biarkan si kakak kelas mengeluarkan emosinya agar tidak ada salah paham, pict by canva.com

2. Keep Calm and Stay Cool

Kondisi terburuknya, mungkin akan terjadi perselisihan antara Sunners dengan si kakak kelas yang menyebalkan itu. Andai hal ini sampai terjadi, berusahalah untuk rileks dan tidak kehilangan kontrol emosi. Bersikaplah tenang dan tak peduli apapun yang dia katakan tentang Sunners. Terkadang seseorang akan merasa bodoh ketika dirinya marah, tetapi tidak dipedulikan oleh orang yang dia marahi.

3. Jaga Jarak dengan Si Kakak Kelas

Tidak hanya pandemi yang membuat kita harus jaga jarak, orang-orang yang menyebalkan, khususnya kakak kelas yang suka marah-marah juga perlu kita beri jarak, lho.

Setiap orang tentu memiliki sifat yang berbeda-beda, bisa saja si kakak kelas memang memiliki sifat yang kontras dengan Sunners. Mungkin dia memang orang yang mudah terbawa emosi. Usahakan untuk selalu jaga jarak dengan si kakak kelas, ya, Sunners. Siapa tahu dengan begitu dia akan sadar dengan sendirinya dan tidak suka marah-marah lagi.

Berjaraklah dengan si kakak kelas agar tidak menimbulkan amarah yang memicu pertengkaran pict by canva.com

4. Berikan Batasan dan Bersikaplah Tegas

Apabila Sunners sudah berusaha untuk memberi jarak dan tak memedulikan, tetapi si kakak kelas masih saja suka marah-marah dan bahkan cenderung memonjokkan, maka sudah saatnya Sunners bersikap tegas. Hindari gelagat Sunners yang membuat terintimidasi hingga terkesan lemah di hadapan si kakak kelas. Tetapkan batasan agar dia tidak lagi bersikap seenaknya.

5. Minta Bantuan Orang Ketiga

Di dunia ini Sunners tidak sendirian, lho. Nggak ada salahnya kok menceritakan permasalahan yang Sunners hadapi kepada teman, sahabat, orang tua, atau guru sekalipun. Mintalah bantuan kepada orang-orang tersebut untuk menjadi penengah antara Sunners dengan si kakak kelas. Semoga dengan begitu Sunners bisa menghentikan tindakan kakak kelas yang seenaknya dan suka marah-marah.

Mintalah bantuan kepada orang yang Sunners percaya, pict by canva.com

6. Mendoakan

Setelah segala usaha telah Sunners lakukan, tetapi si kakak kelas tetap suka marah-marah dan bertindak seenaknya, maka Sunners bisa mencoba langkah terakhir ini, yaitu dengan mendoakan si kakak kelas. Doakan agar kakak kelas tersebut menjadi orang yang lebih sabar. Siapa tahu si kakak kelas akan menjadi orang yang lebih lembut, penyayang, dan tidak suka marah-marah lagi.

Itulah beberapa cara elegan yang bisa Sunners lakukan untuk menghadapi kakak kelas yang suka marah. Mimin harap, setelah Sunners melakukan cara-cara di atas, tidak akan ada lagi kakak kelas pemarah dan menyebalkan yang buat Sunners merasa tidak nyaman selama berada di sekolah.

Tetap semangat untuk menjalani hari di sekolah, ya, Sunners!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 2,698
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?