Majalah Sunday

Cara Mengembalikan Mood,
Simak Hal Berikut!

Penulis: M.W.Rosetta – UKI

Apa yang kamu lakukan kalo mood tiba-tiba turun dan jadi malas beraktivitas? Suasana hati setiap orang memang bisa berubah-ubah setiap hari, kadang senang, marah, hingga sedih tanpa alasan. Jika merasakan seperti itu, hal yang pertama dilakukan pasti mencari cara mengembalikan mood. Meski terkesan ringan, perubahan mood emang sulit dikontrol dan kalo dibiarkan tanpa penanganan, dapat memicu stres bahkan depresi.

Bad mood dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari tekanan pekerjaan, patah hati, atau bahkan hal-hal kecil yang membuat kita kesal. Paling gampang buat perbaiki ya dengan memeluk orang tersayang. Eh tapi kalau buat yang lagi single atau LDR, gimana dong? Cek yuk tips di bawah!

Moodmu jelek dan butuh mengembalikan mood?

Gak mood ngapa-ngapain, alias bad mood? Pict by canva.com

Dampak Jika Kita Gak Bisa Kontrol Mood dan Gak Tau Cara Mengembalikan Mood

Mood yang buruk bisa menyebabkan stres. Stres adalah tekanan yang dirasakan oleh seseorang, baik secara emosi maupun mental. Stres bisa membuat kita gelisah, sulit konsentrasi, dan kurang motivasi. Stres juga bisa memicu depresi, yaitu gangguan suasana hati yang membuat kita terus menerus merasa sedih dan tidak dapat menikmati hidup.

Mood yang buruk bisa mempengaruhi perilaku kita. Kita bisa menjadi penyendiri dan enggan berinteraksi dengan orang lain. Kita juga bisa menjadi mudah marah dan tidak bisa mengendalikan emosi. Mood yang buruk juga bisa membuat kita melakukan hal-hal yang tidak sehat, seperti merokok, minum alkohol, atau bahkan menggunakan narkoba.

Mood yang buruk bisa menyebabkan kecemasan. Kecemasan adalah rasa takut atau khawatir yang berlebihan dan sulit dikendalikan. Kecemasan bisa membuat kita merasa tidak percaya diri, mudah tersinggung, dan stres. Kecemasan juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti belajar, bekerja, atau bersosialisasi2.

Cara Mengembalikan Mood

Jangan biarkan mood yang buruk menguasai diri kita, ya. Cobalah untuk mengatasi mood yang buruk dengan cara-cara yang positif berikut ini!

Mendengarkan Musik

Musik selalu jadi obat di saat galau atau sedang sedih. Jadi, coba mulai membuat playlist di aplikasi pemutar musik. Pilih musik favorit yang ceria, semangat, dan mungkin bisa membuat kamu berjoget. Sebuah studi menemukan bahwa musik yang up beat merupakan mood booster buat seseorang.

Workout Dikit

Olahraga merupakan cara terbaik untuk mengubah mood menjadi lebih baik. Banyak orang yang melakukan olahraga untuk memperbaiki suasana hati dan melepas beban pikiran. Olahraga akan membuat kamu lebih segar.

Tidur Aja

Mengantuk dan pekerjaan yang menumpuk bisa menjadi salah satu penyebab bad mood. Untuk mengatasinya, cobalah tidur siang selama beberapa saat. Tidur siang diketahui dapat memperbaiki mood, meningkatkan produktivitas, serta mengurangi kantuk saat bekerja.

Ngobrol Sama Orang yang Tepat

Saat sedang bad mood, luangkan waktu untuk curhat dengan teman atau keluargamu. Mengungkapkan perasaan biar lebih tenang. cara ini bisa membuat kamu merasa lebih baik. selain ini kamu juga bisa membersihkan rumah, merubah dekorasi rumah dan memberi nuansa baru.

Main Sama Anabul

Kamu bisa bermain dengan hewan peliharaan untuk memperbaiki suasana hati. Bermain dengan hewan peliharaan, seperti kucing dan anjing, bisa membuat kamu lebih tenang dan rileks.

main sama anabul bikin kita bisa mengembalikan mood

Main sama anabul yuk pict by canva.com

Coba Paksain Diri Buat Senyum

Senyum bisa membuat mood kita lebih baik dan dapat menurunkan tingkat stress daripada yang memasang ekspresi datar. Coba deh paksain diri senyum, liat dirimu di depan cermin dan kasih ucapan positif ke dirimu.

Makan yang Enak!

Makan saat bad mood sebenarnya boleh-boleh saja, intinya porsi yang masih terbilang wajar. makan makanan kesukaan bisa menimbulkan rasa puas dan bahagia, sehingga mood bisa balik lagi.

Berbuat Kebaikan

Jika kamu merasa sangat kacau, cobalah pergi ke beberapa tempat, lakukanlah kebaikan yang sangat sederhana. Seperti, membantu orang tua menyeberang, memberikan duduk kepada orang tua/ibu hamil dan memberikan makanan untuk anak-anak jalanan. Tanpa disadari hal ini bisa membuat kamu merasa nyaman dan bahagia.

Berdiam Diri

Jika kamu orang yang cukup ekspresif sampai-sampai kalau sedang bad mood menjadi bad temper atau menjadi sangat sensitif, maka salah satu cara  bikin good mood, yaitu dengan berdiam diri. Diam lebih baik daripada meluapkan emosi tanpa kendali.

menyendiri juga jadi cara mengembalikan mod lho

Saat menyendiri, kamu bisa merenungkan apa yang terjadi dalam hidup, pict by canva.com

Nah, inilah cara untuk mengembalikan mood. Ingat, jangan biarkan suasana hati yang buruk sampai mempengaruhi produktivitas sehari-hari. Coba untuk mempraktikkan deretan mood booster di atas dan mulailah harimu dengan berpikir positif.

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 572
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?