WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Cara Memilih Jurusan SMK yang Tepat

Saat memilih jurusan yang ingin kita mau, tentu saja banyak rintangan dan rasa dilema yang akan kita rasakan nanti. Terlintas ada rasa gelisah kalau nanti kita salah memilih jurusan yang tepat. Namun untuk membuang rasa gelisah dan menyesal di akhir nanti, perlu untuk melakukan cara-cara supaya kita tidak salah memilih jurusan. Berikut ada beberapa cara untuk memilih jurusan yang tepat.

Sesuaikan dengan Minat Kita Sendiri

Tentu saja ini sangat perlu untuk kita lakukan. Kita harus tahu minat yang akan kita pilih apakah sesuai dengan kemampuan diri sendiri atau tidak. Karena itu, perlu untuk menyesuaikan minat kita terlebih dahulu sebelum memilih jurusan.

Mencari Informasi Sebanyak-banyaknya

Setelah menentukan minat kita di jurusan tersebut, langkah selanjutnya adalah mencari informasi tentang jurusan tersebut. Setelah itu kita bisa tahu mata pelajaran apa saja yang akan dipelajari saat sekolah nanti.

Diskusi dengan Orang Terdekat

Berbicara mengenai kegelisahanmu dengan orang terdekat tentu saja sangat diperlukan. Hal itu dikarenakan masukan dan saran dari mereka bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memilih jurusan yang akan kita pilih.

Pertimbangkan Jurusan yang Akan Dipilih

Jangan sampai jurusan yang sudah dipilih akan membuat kita menyesal di keesokan hari nanti. Karena itu perlu dipertimbangkan kembali ketika akan memilih jurusan tersebut.

Perlu diingat bahwa jurusan yang kita pilih akan sangat berpengaruh dalam dunia kerja nanti. Karena itu jangan sampai salah memilih jurusan kalau tidak sesuai dengan minat dan bakat kita sendiri.

 

Fiska Rahma Rianda – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment