Majalah Sunday

Cara Healing Ala Anak Introvert, Bagaimana Sih?

Penulis: Afifah Putri Utami – Universitas Negeri Jakarta

Healing diartikan sebagai proses penyembuhan. Setiap orang tentu memiliki cara masing-masing untuk memulihkan ketenangan batinnya. Cara melakukannya juga beragam, bisa melakukannya sendiri, bersama pasangan, teman, keluarga, atau bahkan saudara. Begitu juga dengan kaum introvert. Sebagai orang yang kurang nyaman jika berinteraksi dengan banyak orang, kaum introvert membutuhkan healing untuk recharge energi. Cara healing kaum introvert ternyata ga hanya baca buku, lho.

Cara Healing Anak Introvert Harus di Dalam Rumah?

Tidak ada aturan spesifik mengenai cara untuk healing. Sering dianggap sebagai orang yang tertutup dan cenderung menghabiskan waktu sendirian, bukan berarti kaum introvert selalu menghabiskan waktu sendirian. Bisa saja ketika mereka bertemu teman dan berkumpul di taman atau tempat-tempat dengan jumlah manusia yang banyak menjadi cara mereka untuk healing, why not?

Bagaimana Cara Healing Anak Introvert?

Di bawah ini, Mimin akan spill beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh anak introvert, bisa dilakukan di rumah atau di luar rumah. Disimak, ya, Sunners!

1. Merawat Diri (Self-care)

Dengan cara ini, kaum introvert akan menemukan ketenangan di waktu kesendiriannya. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan, seperti menghabiskan waktu untuk beristirahat, relaksasi, atau meditasi. Kegiatan tersebut dapat memberi ketenangan dan meredakan stres karena tubuh dan pikirannya akan terasa lebih rileks.

Pada kesempatan ini, mereka juga dapat menikmati waktu untuk merawat tubuh, rambut, hingga wajah. Jika sudah merawat diri dengan baik, kaum introvert seakan sudah mengumpulkan energi untuk bertemu dengan orang-orang dan bersiap berhadapan dengan segala sesuatu yang berpotensi membuat stres.

meditasi sebagai cara healing ala introvert

Melakukan meditasi meskipun di rumah sebagai bentuk self-care dapat memberikan ketenangan bagi anak introvert, pict by canva.com

2. Melakukan Kegiatan yang Disukai

Setelah melakukan aktivitas yang melelahkan dan butuh recharge energi, kegiatan yang bisa dilakukan adalah melakukan kegiatan yang disukai. Kamu bisa masak makanan yang kamu sukai, mendengarkan lagu beberapa artis atau band favoritmu dari playlist andalanmu, menonton series atau film yang sempat tertunda ditemani oleh camilan kesukaanmu dan kegiatan menyenangkan lainnya.

Meski dilakukan sendirian, kegiatan-kegiatan tersebut tetap terasa menyenangkan dan tentu memberikan kenyamanan. Bahkan kamu bisa melakukannya berjam-jam tanpa rasa bosan dan bisa melakukannya di rumah tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak.

memasak sebagai cara healing bagi anak introvert

Memasak makanan yang disukai sebagai ide kegiatan yang bisa dilakukan oleh anak introvert, pict by canva.com

3. Olahraga Agar Kesehatan Tetap Terjaga

Menjadi seorang introvert bukan berarti kamu ga harus olahraga, ya! Sunners bisa lakukan olahraga ringan di rumah dengan melihat tutorial di kanal Youtube. Bosan di rumah tapi mau olahraga di suasana yang terbuka? Lari atau sebatas jalan kaki di sekitaran rumah bisa dijadikan sebagai alternatif.

Berolahraga di tempat gym juga bukan masalah besar. Tempat dengan alat-alat olahraga yang lebih lengkap, Sunners juga bisa sesekali berinteraksi dengan orang-orang yang berada di sana. Karena, jika bertemu dengan orang-orang, tentu kamu juga akan mendapat banyak informasi seputar tips berolahraga atau mengenai kesehatan.

cara healing anak introvert dengan olahraga

Berolahraga sendirian tetap menyenangkan meski dilakukan di rumah, pict by canva.com

4. Merapikan atau Menata Ruangan

Anggap saja kegiatan ini untuk membangun suasana yang baru. Ketika kamu merapikan dan menata kembali suatu ruangan, tentu akan memudahkan untuk membuang segala benda atau berkas yang tidak dibutuhkan lagi. Alhasil, ruanganmu tidak akan banyak barang lagi dan bisa saja terasa lebih luas. Barang-barang yang sudah tidak terpakai atau jarang digunakan bisa kamu sumbangkan kepada orang-orang yang membutuhkan atau dijual dan akan menghasilkan uang untukmu.

menata ruangan sebagai cara healing

Salah satu ruangan yang biasa dilakukan penataan ulang adalah kamar tidur agar mendapat suasana dan ketenangan baru, pict by canva.com

Nah, Sunners, di atas sudah Mimin sampaikan tips-tips mudah yang bisa dilakukan oleh kaum introvert untuk healing. Bagaimanapun caramu menikmati waktu healing, lakukanlah senyamanmu. Tidak harus dengan cara merepotkan diri dan di luar kemampuanmu. Selamat menikmati masa healingmu, Sunners!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 117
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?