Majalah Sunday

Cara Ekstrovert Recharge Energi,
Caranya Sederhana!

Penulis: Afifah Putri Utami – Universitas Negeri Jakarta

Tahu nggak, sih, Sunners? Tidak hanya menurut kaum introvert, bersosialisasi dengan banyak orang juga membuat kaum ekstrovert mudah lelah karena merasa energinya terkuras. Meski dikenal sebagai social butterfly, anak ekstrovert juga akan merasakan kelelahan sosial atau social exhaustion. Lalu, bagaimana sih cara ekstrovert recharge energi agar kembali bersemangat?

Cara Ekstrovert Recharge Energi, Perlu Dilakukan?

Kaum ekstrovert cenderung mengabaikan tanda awal dari kelelahan bersosialisasi. Hal ini terjadi karena adanya dorongan untuk terus berinteraksi, yang membuat mereka khawatir jika ditinggalkan atau kehilangan suatu momen dengan beberapa orang. Adanya interaksi itulah yang membuat mereka merasa mendapat energi. Tetapi, semakin sering kaum ekstrovert berkomunikasi dan berinteraksi, semakin besar juga energi yang dikeluarkan. Maka dari itu, mereka perlu me-recharge energi agar bisa menjalankan hidup seperti biasanya.

Bagaimana Cara Ekstrovert Recharge Energi?

Yuk, cari tahu caranya si ekstrovert me-recharge energinya di bawah ini!

1. Memanjakan Diri

Cara dasar yang umum dilakukan adalah dengan memanjakan diri atau membutuhkan waktu sendiri. Dengan melakukan ini, Sunners bisa me time dengan cara sederhana di tempat tinggalmu. Tanpa harus keluar rumah, kamu bisa recharge energi dengan menonton film yang disukai, berolahraga ringan, masak makanan yang disukai, sampai memanjakan diri dengan menghabiskan waktu untuk tidur. 

Jika tetap ingin beraktivitas di luar ruangan, Sunners bisa pergi ke taman, museum, berbelanja, sampai berkeliling kota dengan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum yang tersedia. Sunners tetap bisa berinteraksi kecil dengan orang-orang di sekitar untuk memanjakan diri dengan cara menghabiskan waktu sendirian.

istirahat menjadi cara ekstrovert recharge energi

Habiskan waktu sendirianmu dengan melakukan kegiatan yang kamu suka. Salah satunya dengan cara beristirahat, pict by canva.com

2. Istirahat dari Media Sosial

Alasan orang ekstrovert membutuhkan recharge energi bisa saja dari lingkungan pertemanannya di media sosial. Banyaknya orang yang dikenal membuat ia mendapat banyak acara atau kegiatan yang harus didatangi olehnya. Maka dari itu, perlu mengistirahatkan diri dari sosial media. Melalui cara ini, menandakan kalau kamu harus memberi batasan dalam menggunakan ponsel dan aktif dalam media sosial.

Mungkin akan terasa sulit, bagaimanapun juga, orang ekstrovert mendapatkan energi dari media sosial. Terlebih, di zaman yang serba modern seperti ini. Banyak informasi-informasi yang didapat dan bersumber dari media sosial. Cobalah untuk memulainya dengan memberi batasan sampai sepekan atau dalam sehari hanya beberapa jam saja memainkannya. Kalau berhasil, Sunners juga yang merasakan dampak baiknya, yaitu tidak bergantungan pada ponsel dan media sosial.

social media detox sebagai cara ekstrovert recharge energi

Beri batasan pada penggunaan ponsel dan media sosialmu, pict by canva.com

3. Mendengarkan Musik

Saat seseorang mendengarkan musik, terlebih dari lagu yang disukainya, dirinya pasti merasa rileks. Mendengarkan musik dipercaya dapat menyembuhkan dan memulihkan energi yang melemah, lho. Kegiatan tersebut memicu gelombang penyembuhan dan energi, karena dapat membantu kesehatan secara emosional, mental, dan sosial.

dengarkan lagu menjadi cara ekstrovert recharge energi

Dengarkanlah lagu dari artis kesayanganmu agar kamu merasa rileks, pict by canva.com

Nah, Sunners, itulah tiga cara mudah yang dapat dilakukan oleh kaum ekstrovert untuk me-recharge energinya. Setiap orang tentunya memiliki cara yang berbeda untuk mengekspresikan dan mengistirahatkan dirinya. Pada dasarnya, baik seseorang yang berkepribadian introvert atau ekstrovert, perlu melakukan recharge energi agar siap melakukan komunikasi dan interaksi dengan orang lain lagi.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 215
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?