Majalah Sunday

Buang Kebiasaan Sistem Kebut Semalam,
Cek Dampak Buruknya!

Dewo Pandoyo – Universitas Nasional

Sistem kebut semalam, atau juga dikenal dengan istilah “burnout” akademis, SKS atau sistem kebut semalam pasti sudah sangat familiar dikalangan pelajar ataupun mahasiswa, SKS ini adalah metode belajar atau proses untuk mengejar sesuatu yang dilakukan pada malam sebelum Ujian, pengumpulan Tugas, atau hari terakhir sebelum kegiatan dilaksanakan. Pada kalangan pelajar dan mahasiswa cenderung memiliki alasan tidak ada inspirasi ataupun dorongan sebelum H-1 sebuah deadline tugas atau kegiatan akademis lainnya. Maka dari itu banyak sekali pelajar atau mahasiswa yang menganut sistem kebut semalam, yuk kita cek dampak Buruknya!

Buang Kebiasaan Sistem Kebut Semalam, pict by canva.com

Dampak Buruk SKS

Sulit Berkonsentrasi

Kurangnya waktu istirahat dan tidur yang cukup akibat SKS dapat menyebabkan stres, kelelahan, dan bahkan masalah kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi. Stamina kerja otak yang dipaksa terus menerus semalaman akan memberikan pengaruh pada focus kinerja otak yang membuat kita jadi sulit dalam berkonsentrasi pada pagi hari Ketika beraktivitas.

SKS dapat Mengganggu Kesehatan

Kebiasaan mengerjakan sesuatu dengan sistem kebut semalam membuat pola tidur jadi tidak teratur dan kurangnya waktu untuk beristirahat, hal tersebut dapat mempengaruhi Kesehatan fisik kalian, karena tubuh yang kelelahan dapat rentan terhadap penyakit dan menurunnya daya tahan tubuh.

Performa Akademis Menurun Akibat SKS

Meskipun SKS mungkin memberikan hasil sementara dalam prestasi akademis, namun jangka panjangnya dapat menurunkan kualitas pembelajaran, dengan sistem kebut semalam tentunya kalian memaksa kerja otak untuk bisa memahami sebuah materi atau menyelesaikan tugas dalam waktu yang singkat, hal ini mengakibatkan konsentrasi kita jadi menurun dan kelelahan dapat menghambat kemampuan daya ingat kita, sehingga proses belajar kita ketika di sekolah maupun di kampus menjadi kurang maksimal.

Gangguan Gungsi Otak

Kebiasaan mengerjakan sesuatu yang dikebut semalaman tentunya memaksa otak kita bekerja singkat dan keras, jika otak dipaksa terus untuk melakukan hal yang berat dan tidak pada waktu yang tepat tentunya bisa membuat otak jadi cepat lelah, hal ini sangat berdampak pada gangguan memori dan menyebabkan kalian jadi lebih sering lupa.

Tidak Maksimal

Kebiasaan dengan sistem kebut semalam itu memaksa kita untuk bisa menyelesaikan tugas atau memahami materi ujian dengan waktu yang singkat, hal ini bisa mengakibatkan suatu hal yang kita kerjakan jadi kurang maksimal. Lain halnya jika kita mengerjakan sesuatu dari jauh jauh hari sebelumnya, kita masih punya banyak waktu untuk mengoreksi ulang dari apa yang kita kerjakan ataupun sharing tentang materi yang sedang kita pelajari bersama teman ataupun keluarga. Jika kurang maksimal sangat berdampak nantinya pada nilai akademis yang kita dapat.

Nah, itulah tentang bahaya dari SKS. Tidak hanya berdampak pada sisi akademik kalian, tapi berdampak buruk juga terhadap kesehatan tubuh dan otak.

SKS di kalangan pelajar dan mahasiswa memang dapat memberikan hasil cepat, namun dampak jangka panjangnya dapat merugikan kesehatan fisik dan mental juga loh. Untuk mengatasi kebiasaan SKS itu sebenernya gak sulit kok sunners, asalkan kita memiliki niat untuk mengubah pola belajar kita. Memilih durasi belajar yang efektif sesuai kemampuan kita, mampu membagi waktu antara belajar, bermain dan beristirahat. Selain itu, sebaiknya kita mengerjakan tugas dengan cara dicicil supaya tuganya tidak menumpuk dan malah menjadi beban, karena sebaiknya mempelajari sesuatu itu akan lebih maksimal jika sedikit demi sedikit. Buat para sunners, yuk kita mulai perbaiki waktu belajar kita, mulai sekarang tinggalin kebiasaan sistem kebut semalam ya, Selamat mencoba!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 100
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?